Rekomendasi Desa Wisata Sleman Yogyakarta

Rekomendasi Desa Wisata Sleman Yogyakarta

Libur telah tiba! Ayo ke desa wisata! Begitu kira-kira ubahan lagu versi aku ya! Saat ini memilih liburan penuh dengan pertimbangan, khususnya perihal kesehatan dan keamanan kunjungan. Nah, buat kamu yang sudah punya rencana liburan ke desa wisata Sleman Yogyakarta, kamu harus taat dengan protokol kesehatan ya! Oh iya, kamu bisa banget mengunjungi salah satu rekomendasi desa wisata Sleman untuk liburan kali ini.

Desa wisata menjadi salah satu tujuan wisata yang patut kamu pertimbangkan dalam menghabiskan musim liburan kali ini. Terutama buat kamu yang membutuhkan suasana berbeda dari rutinitas sehari-hari. Tinggal beberapa waktu misalnya, bisa menjadi pilihan menarik liburan ke desa wisata.

Nah, bicara desa wisata tentu tidak ketinggalan nih dengan desa wisata yang ada di Jogja. Sudah sejak dulu Daerah Istimewa Yogyakarta terkenal dengan berbagai destinasi wisatanya, baik itu wisata buatan, wisata budaya, cagar budaya dan sejarah, wisata alam, sampai pada wisata pedesaan.

Salah satu kabupaten yang gencar dalam membangun desa wisata adalah kabupaten Sleman. Tidak heran jika aku memberikan rekomendasi desa wisata Sleman kan? Di kabupaten ini geliat desa wisata tumbuh subur dengan berbagai konsep yang berbeda-beda. Mulai dari konsep alam yang berkelanjutan, konsep wisata edukasi, konsep wisata desa budaya, konsep desa wisata alam pegunungan, sampai bekas tambang pun dapat menjadi destinasi desa wisata, dengan kerja kreatif dari warga dan Badan Usaha Milik Desa.

Nah, Kabupaten Sleman juga sangat serius dalam merespons kondisi wisata saat pandemi seperti sekarang ini. Berbagai upaya telah dan akan dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Sleman untuk mendukung dan menyelamatkan industri pariwisata. Karena memang, Kabupaten Sleman adalah salah satu kabupaten yang pendapatan terbesarnya dari sektor wisata.

Keamanan Wisata Di Tengah Pandemi

Sebelum aku membagikan daftar rekomendasi desa wisata Sleman, ada baiknya kita bersama-sama memahami bagaimana perkembangan keamanan wisata saat pandemi. Karena ini menjadi salah satu hal terpenting, sebelum kita memutuskan berlibur.

Dalam situasi seperti saat ini, keamanan dalam memilih destinasi wisata tentu menjadi salah satu prioritas bagi pengunjung atau wisatawan. Tidak lain karena kita masih dalam situasi pandemi. Walau pemerintah pusat sudah membuka izin untuk kegiatan wisata. Yang mana izin pemerintah pusat ini gayung bersambut dengan izin dari pemerintah daerah, termasuk pemerintah kabupaten Sleman.

Pembukaan kembali destinasi wisata bukan tanpa pertimbangan panjang, dan tidak semua objek wisata langsung bisa buka. Seperti beberapa desa wisata Sleman yang masih belum dapat buka, karena memperhitungkan kondisi ketika kunjungan membeludak. Sikap kehati-hatian ini yang menjadikan aku membuat rekomendasi desa wisata Sleman.

Sering kali, pengelola kewalahan dengan jumlah kunjungan, utamanya saat liburan. Hal ini, jika dalam kondisi normal tentu menyenangkan. Namun saat pandemi, kondisi ini justru mengkhawatirkan. Karena memungkinkan terjadinya konsentrasi penumpukan pengunjung. Nah, banyak desa wisata atau destinasi wisata yang belum buka karena pertimbangan lokasi yang sempit.

Misalnya, ketika aku melakukan survei pengujung wisata di Kabupaten Sleman, salah satu yang menajdi sorotan pengelola dan pengunjung adalah perihal menjaga jarak aman ketika memasuki objek wisata yang sempit. Maka, beberapa pengelola memilih menutup atau memberlakukan buka tutup berdasarkan kapasitas objek wisata.

Kabupaten Sleman, termasuk desa wisata yang ada mengedepankan bagaimana berwisata aman dalam situasi pandemi seperti sekarang ini. Sehingga jika kamu berkunjung ke berbagai destinasi desa wisata Sleman, kamu akan mendapati berbagai papan himbauan, dan fasilitas pendukung wisata kala pandemi seperti banyaknya jumlah tempat cuci tangan.

Rekomendasi Desa Wisata Sleman Yogyakarta Berikut Ini

Aku dan keluarga juga sudah pernah mengunjungi secara langsung bagaimana protokol kesehatan diterapkan di salah satu Desa Wisata yang ada di kabupaten Sleman. Kesiapan pengelola wisata dalam menjalankan protokol kesehatan memang menjadi salah satu poin penting ketika aku dan keluarga memutuskan untuk berlibur kala pandemi.

Sehingga, aku bisa memberikan rekomendasi desa wisata Sleman dalam kesempatan kali ini. Nah, desa wisata mana saja sih yang wajib banget untuk kamu kunjungi. Berikut adalah daftar rekomendasi Desa Wisata Sleman yang wajib masuk dalam daftar kunjungan kamu!

Desa Wisata Kelor Sleman Yogyakarta

Desa Wisata Kelor Sleman Yogyakarta
Desa Wisata Kelor

Berkunjung ke Jogja? Ingin menikmati suasana wisata yang berbeda? Jika demikian, maka kamu harus mengunjungi rekomendasi desa wisata Sleman yang satu ini, yaitu Desa Wisata Kelor. Sebuah detinasi wisata yang memadukan berbagai kegiatan luar ruangan dengan kemurnian alam pegunungan yang masih terjaga.

Destinasi pertama ini sangat aku rekomendasikan sebagai tujuan wisata teman-teman. Desa Wisata Kelor Yogyakarta menjadi salah satu Desa Wisata Sejarah yang menawarkan berbagai wahana outbound untuk liburan Anda. Lebih lengkap mengenai desa wisata ini, silakan baca ulasan berikut: Desa Wisata Kelor Sleman Yogyakarta

Desa Wisata Kembang Arum Turi Sleman Yogyakarta

Desa Wisata Kembang Arum Turi Sleman Yogyakarta
Desa Wisata Kembang Arum

Rekomendasi desa wisata Sleman selanjutnya adalah Desa Wisata Kembang Arum Turi. Kecamatan Turi Sleman, memang memiliki berbagai desa wisata yang telah berkembang sejak dulu. Salah satunya adalah detinasi yang menawarkan keseruan kegiatan luar ruangan seperti Desa Wisata Kembang Arumj ini.

Destinasi wisata ini memiliki berbagai paket menarik untuk berbagai kegiatan, berikut ulasan Desa Wisata Kembang Arum Yogyakarta. Lebih lengkap mengenai desa wisata ini, silakan baca ulasan berikut: Desa Wisata Kembang Arum Turi Sleman Yogyakarta

Desa Wisata Tanjung Sleman Yogyakarta

Desa Wisata Tanjung Yogyakarta
Desa Wisata Tanjung

Menjadi tidak menarik jika aku tidak memasukkan destinasi ini dalam rekomendasi desa wisata Sleman. Salah satu destinasi yang memiliki kesejukan alam pedesaan, dan lengkap dengan wisata edukasi budaya. Yaitu Desa Wisata Tanjung.

Ayo berkunjung ke Desa Wisata Tanjung Yogyakarta, rasakan pengalaman berwisata yang berbeda. Nikmati berbagai wisata khas Desa Wisata Tanjung: Lebih lengkap mengenai desa wisata ini, silakan baca ulasan berikut: Desa Wisata Tanjung Sleman Yogyakarta

Desa Wisata Brayut Pandowoharjo; Budaya dan Pertanian Selman Yogyakarta

Desa Wisata Brayut Pandowoharjo
Desa Wisata Brayut, Yogyakarta

Rekomendasi Desa Wisata Sleman selanjunya adalah desa yang mana sebagai tempat penyelenggaraan festival Jazz terbesar di Yogyakarta bahkan Indonesia. Yaitu Desa Wisata Brayut, yang memang mengusung konsep wisata pertaniaan dan edukasi budaya.

Desa Wisata Brayut menjadi salah satu destinasi yang menawarkan kebudayaan dan pertanian, berikut ulasan Desa Wisata Brayut Yogyakarta. Lebih lengkap mengenai desa wisata ini, silakan baca ulasan berikut: Desa Wisata Brayut Pandowoharjo

Nah, dari daftar rekomendasi desa wisata Sleman yang telah kita bahas, mana nih yang sudah kamu kunjungi? Kemudian mana yang akan menjadi destinasi kamu selanjutnya? Kalau kamu ada rekoemndasi tempat wisata, bisa berbagi di kolom komenar ya. Aku juga bakal update lagi rekomendasi wisata Indonesia lainnya melalui website ini.

Demikian pembahasan kita kali ini tentang Rekomendasi Desa Wisata Sleman Yogyakarta. Semoga dapat menambah wawasan, menjadi sumber referensi wisata sahabat sekalian. Semoga bermanfaat, terima kasih. Salam. Ari Sedesa.id

Artikel Menarik
Desa Digital Pertama di Indonesia
Ini Dia Desa Digital Pertama di Indonesia