Menciptakan Peluang Usaha BUMDes dan Jaringan Pasar

Menciptakan Peluang Usaha BUMDes dan Jaringan Pasar

Sedesa.id Menciptakan Peluang Usaha BUMDes dan Jaringan Pasar. BUMDes memiliki tujuan dan fungsi yang beragam. Namun ada tujuan yang hampir sama, yaitu bagaimana Badan Usaha Milik Desa ini menjadi motor penggerak kegiatan ekonomi di desa, sehingga dapat menjadikan geliat ekonomi di masyarakat, yang pada akhirnya menjadikan kesejahteraan bagi warga dan desa. Oleh sebab itu, penting bagi BUMDes untuk menciptakan peluang dan jaringan pasar BUMDes.

Kehadiran BUMDes di desa memang memiliki tantangan yang berbeda-beda di setiap daerah. Ini tidak lepas dari program yang sebelumnya ada sudah banyak yang mangkrak. Upaya membangkitkan geliat ekonomi desa, dan program yang dimaksudkan untuk menjadikan desa mandiri memang sudah sangat banyak, ada yang berhasil dan ada yang gagal total.

Bagaimana dengan BUMDes? Sama! Kita harus akui bahwa dalam 6 tahun undang-undang desa, berbicara soal BUMDes kita bisa melihat data; ada BUMDes yang sukses dan tidak sedikit BUMDes yang mati suri, atau bahkan BUMDes yang hilang jejak entah jadi apa.

Menciptakan Peluang Usaha Dengan BUMDes

Keberadaan BUMDes memang seharusnya menjadi dan memberi solusi bagi masyarakat. Salah satunya dalam bidang ekonomi. Sehingga BUMDes dituntut mampu menjadi roda penggerak geliat ekonomi di desa.

Bagaimana cara agar BUMDes menjadi roda penggerak ekonomi di desa? Banyak cara yang dapat dilakukan, mulai dari persiapan pendirian BUMDes yang berorientasi pada potensi sumber daya desa, pelibatan masyarakat secara aktif, sebagai bagian dari ‘pemilik’ unit usaha badan usaha milik desa.

Menjalankan roda perekonomian desa dapat dilakukan ketika ada perputaran ekonomi di desa, maka harus ada kegiatan ekonomi yang berjalan. Oleh sebab itu, BUMDes perlu menjadi pemacu, daya pacu yang memunculkan berbagai peluang usaha bagi masyarakat desa untuk berkegiatan produktif dalam ekonomi.

Karenanya keberadaan BUMDes jangan sampai menjadi pesaing bagi usaha yang sudah ada namun BUMDes Sebaiknya Menjadi Mitra Usaha Bukan Pesaing kegiatan ekonomi yang ada di desa. Misalnya, dalam hal pemasaran, lakukan kerja sama, jadikan mitra. Atau dalam hal bahan baku, pasokan dan lain sebagainya.

Penting bagi BUMDes untuk Menjalankan Kegiatan Usaha Yang Berkesinambungan Dengan Kegiatan Masyarakat. Ketika unit usaha yang dijalankan saling mendukung dengan masyarakat, maka BUMDes dapat dukungan, hal ini sangat penting bagi kelangsungan usaha BUMDes dan kegiatan ekonomi yang ada di desa.

Selengkapnya pembahasan ini dapat membaca artikel berikut: Menciptakan Peluang Usaha Dengan BUMDes.

Menciptakan Jaringan Pasar BUMDes

Menciptakan Peluang usaha BUMDes tidak cukup jika tidak dibarengi dengan adanya keseriusan dalam menyediakan jaringan pasar dan pemasaran. kita tahu bahwa persoalan penjualan, persoalan pasar dan pemasaran masih menjadi momok menakutkan bagi pelaku usaha.

Banyak pelaku usaha kecil menengah, atau pelaku usaha desa yang kemudian gulung tikar, karena pasar yang tidak kunjung datang. Oleh sebab itu penting bagi BUMDes untuk hadir dan menjadi mitra penyedia jaringan pasar atau pun tim pemasaran yang handal.

Di era digital seperti saat ini, sangat penting pelaku usaha memiliki tim digital marketing. Yang mana akan menjalankan berbagai Strategi Pemasaran Unit Usaha BUMDes, dan juga bisa menjadi tim pemasar bagi produk desa yang dimiliki masyarakat.

BUMDes Sebagai Pemasar Bagi Produk Desa, tentu akan memberikan manfaat luar biasa. Bagi pelaku usaha desa, memiliki tim pemasar tentu sulit, terkait biaya. Nah, bagaimana jika tim pemasar produk desa dikelola atau dijalankan oleh BUMDes?

Lebih lengkap mengenai pembahasan ini, bagaimana persiapan menciptakan Jaringan Pasar BUMDes, apa yang Anda butuhkan untuk menciptakan Jaringan Pasar BUMDes? telah kita bahas dalam artikel sebelumnya, silakan baca di: Menciptakan Jaringan Pasar BUMDes Ini Yang Perlu Disiapkan.

Kesimpulan

BUMDes memiliki kekuatan menjadi roda penggerak ekonomi desa. Keberadaan BUMDes dapat menciptakan berbagai peluang usaha di desa. Sehingga penting pemilihan jenis usaha BUMDes. Selain tentu saja, pengelola BUMDes yang profesional.

Peluang usaha yang diciptakan oleh BUMDes dari kegiatan BUMDes ini harus berkelanjutan. Bagaimana agar berkelanjutan? Ciptakan jaringan pasar dan pemasaran. Karena produk atau jasa muara akhirnya adalah dibeli oleh konsumen. Tanpa adanya konsumen, maka kegiatan ekonomi tidak berjalan baik.

Demikian pembahasan kita kali ini mengenai; Menciptakan Peluang Usaha BUMDes dan Jaringan Pasar. Semoga bermanfaat. Terima kasih. Salam. Ari Sedesa.id

More Stories
Contoh Integrasi Kawasan Desa
Contoh Integrasi Kawasan Desa