Peluang Usaha Untuk Penulis Pemula dan Profesional
Peluang Usaha Untuk Penulis Pemula dan Profesional

Peluang Usaha Untuk Penulis Pemula dan Profesional

Sedesa.id Apakah Anda memiliki kemampuan menulis? Memiliki hobi menulis? Atau Anda memang berprofesi sebagai penulis?  Ada peluang usaha untuk penulis yang naik daun tahun 2020 ini, dan kemungkinan akan tetap ramai di tahun 2021 mendatang.

Bagi Anda yang memiliki kemampuan menulis, Anda bisa memulai usaha dari kegiatan atau hobi Anda menulis. Di era yang serba terhubung ini, kebutuhan akan konten tulisan sangat besar. Hal ini membuka banyak peluang usaha bagi Anda yang memiliki hobi menulis.

Nah, apa saja peluang usaha bagi penulis yang dalam beberapa tahun ini cukup naik daun? Apakah peluang usaha ini akan tetap gemilang di tahun mendatang? Berikut adalah peluang usaha untuk penulis yang patut Anda coba:

1. Review Produk Dengan Blog

Ilustrasi review produk
Photo by Markus Winkler on Pexels.com

Bagi Anda yang memiliki blog, dan selama ini sudah rajin menulis di  blog, Anda bisa membuka usaha review produk  di blog Anda.  Kebutuhan review dari sebuah produk di era digital ini  sangat  besar.

Mengapa sebagai penulis Anda perlu menawarkan atau membuka usaha  review produk? Karena ketika ulasan sebuah produk di dalam blog, diulas dengan baik, dapat memberikan dampak luar biasa dari produk atau brand.

Anda bisa melihat banyak penulis blog yang mendapatkan penghasilan besar dari sebuah review produk yang mereka lakukan. terlebih bagi penulis di blog yang mengangkat sebuah tema khusus.

Tema khusus yang berkaitan dengan sebuah brand sering kali menarik minat bagi brand untuk melakukan kerja sama ulasan atau review sebuah produk.

Nah, jika Anda selama ini sudah menulis secara rajin di blog. Sebaiknya Anda mulai membuka satu halaman khusus untuk memberi  tahu pada pengunjung Anda bahwa Anda membuka jasa review produk.

Saya melalui website ini pun membuka jasa review produk baik dalam bentuk konten tulisan atau pun video. Nah jika pembaca menginginkan jasa review produk, bisa menghubungi saya melalui halaman kontak.

2. Mengelola Blog Nice Adsen

Peluang Usaha Untuk Penulis Dengan Membuat Blog dan Dapatkan Pendapatan Dari Adsen
Photo by Canva Studio on Pexels.com

Keberadaan Youtube menjadikan orang ramai mengenal yang namanya adsen. Jauh sebelum ada Youtube adsen ramai di kalangan blogger. Namun kemudian lebih banyak yang mengenal adsen adalah ‘sumber pendapatan bagi youtuber’.

Nah bagi Anda yang hobi nulis, Anda bisa mengelola atau membuat blog nice adnse. Adsen bagi penulis blog masih menjadi peluang usaha yang patut Anda coba.

Jika Anda memiliki sebuah wesbite atau blog dan sudah ramai pengunjung, tidak ada salahnya Anda memasang adsen di blog Anda. terlebih ketika Anda menggunakan blog Anda dengan nice khusus.

Pendapatan dari  adsen mungkin di awal belum seberapa. Akan tetapi jika Anda sudah memiliki banyak artikel, web  atau blog Anda sudah ramai dan stabil. Maka peluang usaha dari  mengelola blog nice adsen ini akan memberikan pasif income bagi Anda nantinya.

Tentu saya juga telah memasang adsen dan iklan untuk website saya ini.  Ini saya lakukan sebagai bagian dari menjaring pasif income. Karena memang  biaya kebutuhan website tidak murah, dan dari adsen setidaknya dapat membiayai kebutuhan website.

Lebih jauh, seperti telah saya sebutkan ketika sudah ramai, adsen blog bagi penulis akan menjadi pendapatan tambahan yang  tidak bisa disepelekan. Tidak sedikit penulis blog yang saya kenal, sudah menjadikan adsen blog sebagai pendapatan atau usaha utama mereka.

3. Peluang Usaha Untuk Penulis; Menyediakan Jasa Menulis Artikel Lepas

Ilustrasi Menyediakan Jasa Menulis Artikel Lepas
Photo by Vlada Karpovich on Pexels.com

Jika sebelumnya menulis dijadikan aset jangka panjang, karena akan menghasilkan pendapatan melalui iklan atau pun adanya advertorial dari review sebuah produk. Maka bagi Anda penulis yang ingin merasakan pendapatan secara langsung, Anda bisa membuka jasa menulis artikel lepas.

Jasa  menulis artikel lepas menjadi peluang usaha yang selama ini masih laris manis. Dalam catatan saya di tahun 2020 ini saya banyak mendapat order untuk menulis artikel lepas dengan berbagai tema. Kebutuhan tema baik untuk kebutuhan SEO atau website,  atau pun untuk kebutuhan tugas dan pembuatan buku.

Ini menjadi menarik bagi Anda yang memiliki kemampuan menulis. karena Anda bisa membuka jasa menulis lepas sesuai tema yang Anda inginkan. Saya selama ini hanya melayani penulisan dengan tema-tema yang memang saya kuasai.

Di luar tema yang saya mampu, saya akan rekomendasikan  penulis  lain yang saya kenal.  Maka ketika Anda sebagai penulis, tentu Anda memiliki komunitas. Anda bisa tanyakan di komunitas Anda , berapa banyak anggota yang selama ini sudah  atau berkeinginan membuka jasa menulis lepas.

4. Jasa Menulis Caption Atau Materi Deskripsi Produk

Peluang Usaha Untuk Penulis Adalah Jasa Menulis Caption
Photo by cottonbro on Pexels.com

Bagi Anda yang tidak ingin menulis dalam banyak kata, dalam banyak lembar artikel. Anda bisa mencoba usaha yang satu ini, jasa menulis caption atau materi deskripsi produk. Namun untuk membuka jasa ini, Anda harus  memiliki kemampuan khusus di bidang menulis indah dan tentu kemampuan bahasa marketing.

Kebutuhan sebuah caption untuk sosial media sangat besar. Sampai di  tahun ini jasa menulis caption untuk sosial media masih ramai peminat. Baik untuk kebutuhan caption dengan kata-kata indah, atau pun kebutuhan sebuah merek atau pemasaran.

Kemudian juga kebutuhan untuk menulis materi deskripsi produk. Banyak  produk yang membutuhkan materi pemasaran digital yang beragam.  Maka diperlukan tenaga penulis konten berupa deskripsi singkat yang berisi ‘materi promosi’ untuk digunakan sebagai caption di sosial media atau pun marketplcae.

Nah,  jika Anda memiliki kemampuan merangkai kata dan juga kemampuan membuat deskripsi yang menjual dan soft selling, Anda bisa  mencoba usaha yang satu  ini. Dalam amatan saya  usaha bagi penulis ini, masih akan ramai di tahun 2021.

5. Menulis Berbayar Di Platform Digital

Ilustrasi Menulis Berbayar Di Platform Digital
Photo by bongkarn thanyakij on Pexels.com

Mau menulis dibayar? Pasti mau. Jika sebelumnya usaha yang ada untuk penulis berhubungan dengan jasa dan iklan.  Nah  peluang usaha bagi penulis yang terakhir ini adalah dengan memanfaatkan keberadaan platform digital bagi penulis.

Saya tidak akan menyebutkan nama dari platform digital yang mau ‘membayar’ penulis dalam artikel ini. Anda bisa mencari di Google dengan kata kunci menulis dibayar atau platform menulis dibayar. Ada banyak, dan dalam amatan saya Anda bisa memilih menulis sesuai genre yang Anda senangi.

Beberapa platform yang saya sudah coba adalah untuk menulis cerita pendek atau cerita bersambung. Dibayar berdasarkan view, ada juga yang dibayar berdasarkan kontrak cerita. Ini semacam jawaban untuk menulis yang menghasilkan.

Jika dulu untuk mendapatkan uang melalui menulis di media massa, majalah atau koran. Kini banyak platform digital yang memberikan bayaran menaik dengan sistem kerja yang menarik juga. Tentu bisa menjadi usaha sampingan bagi Anda sebagai seorang penulis.

Kiat Sukses Usaha Untuk Penulis

Peluang Usaha Untuk Penulis; Kiat Sukses Usaha Untuk Penulis
Photo by Ketut Subiyanto on Pexels.com

Setiap usaha memerlukan ketekunan dan konsistensi dalam menjalaninya. Peluang usaha bagi penulis ini juga tidak akan berati apa-apa jika Anda setengah hati menjalaninya. Terlebih ketika Anda mengejar peluang usaha ini dari pendapatan iklan,  review atau adsen. Akan sangat panjang perjuangannya.

Begitu juga dengan jasa yang Anda berikan. Anda perlu melakukan berbagai penawaran atau promosi dari produk jasa penulisan yang Anda tawarkan. Anda bisa menjalankan berbagai strategi digital marketing. Selengkapnya silakan membaca di sini Materi Digital Marketing Lengkap

Bukan untuk menggurui, menurut saya pribadi kesempatan  dari peluang usaha bagi penulis masih terbuka lebar. Kemampuan menulis bukan kemampuan yang instan, tidak semua orang bisa  melakukan. Maka di luar sana banyak yang mencari jasa penulis.

Pasar tercipta, era digital banyak peluang usaha penulis yang bisa kita ambil. Tinggal bagaimana kita memanfaatkan dan menjalankannya. Selama kita berusaha pasti bisa.

Kesimpulan Peluang Usaha Untuk Penulis

Peluang usaha untuk penulis ternyata cukup banyak, tinggal bagaimana kita memilih dan serius menjalani salah satu peluang yang ada. Saat ini peluang usaha penulis online menjadi salah satu yang cukup menarik, karena memang dunianya sudah online atau digital.

Nah, dari berbagai peluang usaha untuk penulis yang telah kita bahas di atas, mana yang akan Anda jalankan? Atau Anda sudah memulai salah satu peluang usaha penulis yang ada?

Demikian pembahasan kali ini mengenai Peluang Usaha Untuk Penulis Pemula dan Profesional, semoga dapat menjadi referensi bagi anda untuk memulai usaha. Terima kasih. Ari Sedesa.id

Artikel Menarik
Mengapa perusahaan melakukan diversifikasi produk
Mengapa perusahaan melakukan diversifikasi produk? – Ngobrol Seputar Marketing