Cara Jitu Dongkrak Penjualan
cara meningkatkan omset toko online dengan ulasan

Cara Jitu Dongkrak Penjualan dengan ulasan

Sedesa.id Bagaimana Cara Jitu Dongkrak Penjualan ? Online Shop saat ini menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari dunia usaha, sebagian besar usaha baru yang hadir telah memanfaatkan internet sebagai media untuk menjual produk atau jasa mereka. Berbagai layanan berbasis online pun muncul.

Saat ini di Indonesia, tingkat pembelian konsumen terhadap suatu produk baik itu barang atau jasa yang dilakukan secara online terus meningkat, semua kemudahan yang ditawarkan dalam model transaksi online ini menjadi gaya baru masyarakat dalam memenuhi kebutuhan atau berbelanja.

Bagi sahabat sekalian, para pelaku usaha, calon pengusaha sukses apakah sudah memiliki dan melakukan penjualan berbasis online? Tentu saja sudah, jika belum maka segera untuk membuat sebab tidak ada kata terlambat. Ketika Anda sampai pada artikel ini, maka satu langkah kebaikan telah Anda kerjakan, yaitu menuju menjadi pengusaha sukses. Oleh karena itu, kami redaksi sedesa.id tidak hentinya memberikan artikel yang semoga dapat membantu meningkatkan kemampuan dalam menjalankan usaha.

Dalam kesempatan kali ini, redaksi sedesa.id akan mengulas mengenai cara jitu dongkrak penjualan dengan ulasan online. Apa itu ulasan online? Tentu pelaku usaha, sahabat online shop sudah tidak asing dengan apa itu ulasan online, yaitu ulasan yang diberikan oleh pelanggan atau konsumen, yang telah memakai atau membeli produk kita, ulasan online ini diberikan sebagai respons tingkat kepuasan pelanggan.

Ulasan positif dari pembeli akan memberikan pengaruh atas keputusan pembeli baru untuk membeli produk kita. Ulasan negatif akan menghentikan langkah pembeli baru order/pesan produk kita.

Tingkat kepuasan pelanggan tentu bermacam-macam ada yang positif dan ada yang negatif, dan hal  ini akan menjadi reputasi bagi usaha kita. Banyak studi yang menyebutkan jika ulasan memiliki pengaruh besar terhadap keputusan pembelian konsumen, selanjutnya.

Dalam sebuah survei pelanggan, hampir 90 persen pelanggan yang di survei mengatakan bahwa mereka percaya dengan ulasan online sama seperti mereka percaya akan adanya rekomendasi dari keluarga dan teman-teman atas suatu produk atau jasa.

Ketika ada ulasan positif akan membuat pelanggan lebih cenderung untuk percaya pada pihak yang menjual berbagai produk kepada mereka. Dan akan menjadikan calon pembeli kian yakin untuk melakukan pembelian. Sebaliknya, ketika yang ada adalah ulasan negatif maka calon pembeli akan berpikir kembali sebelum melakukan pembelian, dan tidak jarang untuk membatalkan pembelian.

Ulasan online, dalam bisnis di era media sosial saat ini seperti menjadi bagian yang sangat penting dan tidak dapat dipisahkan dari berjalannya usaha atau online shop kita. Karena itu, kita sebagai pelaku usaha hendaknya, bisa memberikan servis yang memuaskan, dan dapat mengelola ulasan online dari pelanggan sebagai salah satu bukti bahwa usaha kita banyak direkomendasikan oleh pembeli online.

Info Sedesa: Marketplace adalah website atau aplikasi online yang memfasilitasi terjadinya proses jual beli berbasis online atau dalam jaringan memanfaatkan jaringan internet. Contohnya Market Place yang dimiliki oleh Facebook.

Nah, berikut adalah cara bagaimana memanfaatkan ulasan online dari pelanggan yang ada di media sosial, market place dan website online shop kita untuk mendongkrak penjualan online shop kita.

1.Peringkat Kualitas

Cara Jitu Dongkrak Penjualan dengan peringkat kualitas. Dongkrak pendapatan online shop dengan memanfaatkan peringkat kualitas ulasan. Ulasan online dari pembeli online biasanya dalam bentuk bintang, seperti di market place tokopedia, bukalapak, shopee, lazada dan lain sebagainya, bintang yang diberikan oleh pembeli sebagai ukuran reputasi dari online shop yang kita miliki.

Oleh karena itu, agar ulasan menjadi benar-benar efektif membantu reputasi dan memberikan dampak pada penjualan kita, maka ulasan harus melampaui peringkat bintang, jika bintang sampai Lima maka, usahakan pembeli kita memberikan bintang lima.

Bagaimana caranya? Kita dapat melakukan chat personal ketika status orderan telah sampai, dengan mengingatkan pembeli untuk memberikan ulasan yang baik dan bintang yang maksimal. Untuk itu, menjadi penting komunikasi dan pelayanan yang prima kepada pelanggan. Layani pembeli seperti tatap muka secara langsung.

2. Cara Jitu Dongkrak Penjualan  dengan Menekankan kuantitas

Semakin banyak bukti orang membeli dan kredibilitas dapat memajukan bisnis online kita, pada dasarnya pelanggan akan percaya bahwa produk dengan jumlah ulasan yang tinggi menjamin lebih banyak kepercayaan karena telah banyak orang melakukan pembelian.

Bagaimana cara mendapatkan banyak ulasan pelanggan? Ulasan pelanggan saat ini bisa didapatkan melalui berbagai platform penjualan. Secara otomatis dalam syarat pengiriman menyertakan nomor telepon, tidak merupakan nomor whatsapp, maka coba hubungi nomor tersebut, perkenalkan bahwa kita adalah pemilik online shop di mana dia memesan barang, konfirmasi bahwa barang sudah di kirim, dan beri informasi tambahan, seperti cara penggunaan dan lain sebagainya.

Komunikasi ini, kemudian dapat dilanjutkan ketika barang sudah sampai, kita dapat meminta pelanggan untuk memfoto barang yang sudah sampai dan memberikan komentar atau ulasan dari barang kita, kemudian meminta pelanggan untuk mengulas di platform di mana dia membeli.

Bukti ulasan, bukti foto barang telah diterima, dapat kita kelola sebagai bukti ulasan untuk produk kita, yang dapat kita tampilkan di platform penjualan online shop kita.  Dari kuantitas  ulasan yang ada jika kita pandai mengelola dan mengemas sebagai bentuk promosi pada akhirnya dapat menjadikan toko online kita dipercaya masyarakat luas, dan hal tersebut dapat mendongkrak pendapatan usaha kita.

3. Menanggapi ulasan negatif dengan baik

Kita tidak dapat membendung datangnya ulasan negatif, terutama ketika kita menggunakan platform pihak ketiga seperti market place, karena secara otomatis akan terpampang dan dapat dibaca oleh pelanggan lain, ini karena ulasan atau komentar adalah bagian penting dari hak suara konsumen.

Bagi kita yang memiliki website sendiri dalam menjalankan usaha online, mungkin tergoda untuk menyensor ulasan negatif yang muncul di website online kita. Sebaiknya jangan dilakukan. Karena selain mencerminkan bahwa kita tidak jujur, itu juga buruk untuk bisnis.

Kenapa? Karena pelanggan menjadi skeptis ketika mereka tidak melihat apa pun kecuali peringkat bintang 5 untuk suatu produk, karena Anda semua tahu bahwa tidak ada produk yang akan memuaskan 100 persen pelanggannya. Justru akan mencurigakan jika semua ulasan berbintang lima.

Karenanya, ketika ada ulasan negatif, maka tanggapi sebaik mungkin, ubah kritik menjadi peluang dengan menanggapi dengan cara yang konstruktif, membantu, dan efisien. Dengan dapat memberikan jalan keluar (tanggapan yang memuaskan konsumen) maka akan meningkatkan kesetiaan dan kepuasan pelanggan.

Jangan sampai ulasan negatif menjadikan toko online kita tidak lagi dipercaya, dan menjadikan konsumen kita lari atau beralih ke toko online lain. Jika demikian maka kita bisa bangkrut.

4. Cara Jitu Dongkrak Penjualan yaitu Gunakan kembali ulasan di seluruh platform

Tentu kita tidak hanya menggunakan satu platform dalam menjalankan usaha online. Dan di setiap platform yang kita gunakan kita tentu mendapatkan ulasan yang beragam dari pelanggan. Ulasan ini, bisa dikumpulkan dalam bentuk skcrenshoot misalnya, untuk dijadikan arsip yang nantinya dipublikasikan sebagai bukti rekomendasi atas toko online kita.

Kenapa  perlu mengumpulkan ulasan karena semakin banyak memperoleh ulasan, semakin besar kemungkinan  untuk membangun kredibilitas dan membangkitkan minat pada produk Anda. Untuk itu, jangan malu menggunakan ulasan di berbagai platform dan di berbagai media, unggah hasil arsip rekomendasi atau ulasan pelanggan dalam bentuk video dan foto di media sosial hingga posting blog dan promosi email atau Whatsapp.

Nah, empat langkah di atas adalah cara bagaimana kita sebagai pelaku usaha online dapat memanfaatkan ulasan dari pembeli untuk dijadikan peluang di masa mendatang, jika kita bisa mengelola ulasan dengan baik, maka usaha kita pun akan melejit seiring waktu.

Kesimpulan

Demikian pembahasan kali ini mengenai Cara Jitu Dongkrak Penjualan Dengan Ulasan Online. Pada dasarnya ulasan pelanggan sangat penting dalam usaha berbasis internet atau online, apa pun platform yang kita pilih, kita tidak dapat lepas dari ulasan yang diberikan pelanggan kita, baik itu kolom komentar jika kita menggunakan media sosial, atau kolom penilaian seperti yang ada di market place.

Oleh sebab itu, penting bagi kita sebagai pengusaha yang memanfaatkan jalur pemasaran online, untuk dapat memperhatikan ulasan yang masuk dari konsumen kita, ulasan negatif agar dapat dikelola sehingga tidak menimbulkan citra buruk, karena di era serba keterbukaan ini, sering kali satu ulasan buruk akan menjadikan hilang kepercayaan calon pembeli lainnya.

Jika Anda membutuhkan jasa review / ulasan produk, dalam bentuk artikel untuk ditayangkan di website Anda pribadi atau di website Sedesa.id Anda dapat menghubungi kami untuk kerja sama ulasan produk Anda, kami siap membantu. Semoga ulasan kali ini bermanfaat untuk kita dapat cara meningkatkan penjualan online, cara menjalankan bisnis online, digital marketing . Salam pengusaha sukses. Ari Sedesa.id

Artikel Menarik
Pengelolaan BUMDes Yang Tepat Akan Memberikan Banyak Keuntungan
Pengelolaan BUMDes Yang Tepat Akan Memberikan Banyak Keuntungan