Peluang Usaha Modal Kecil Produk Makanan dan Minuman
Peluang Usaha Modal Kecil Produk Makanan dan Minuman

4 Peluang Usaha Modal Kecil Produk Makanan dan Minuman

Sedesa.id Peluang Usaha Modal Kecil Produk Makanan dan Minuman. Saat ini dunia seolah bergerak lebih cepat  dan masyarakat juga kian dinamis, kesibukan dari aktivitas sehari-hari yang tak terbendung, konsumen yang juga butuh perhatian, dan segala hal di era digital yang terus berubah seiring dengan perkembangan zaman dan generasi manusia.

Perubahan yang terjadi di era digital ini adalah peluang yang harus ditangkap dengan jeli. Kemampuan kita dalam menangkap peluang usaha untuk kita jadikan sebagai pundi-pundi pendapatan, baik pendapatan utama atau pun pendapatan sampingan, patut untuk kita seriusi. Menjadi persoalan adalah sering kali kita masih bingung di dalam merealisasikan peluang yang ada karena alasan modal.

Modal memang sering kali menjadi kendala banyak orang ketika ditanya tentang kemauan atau mengapa mereka urung menjalankan usaha yang mereka idam-idamkan. Walau pada kenyataannya banyak pengusaha sukses yang memulai usaha mereka bahkan tanpa modal. Keyakinan mereka bisa menjalankan usaha  dan mewujudkan ide usaha jauh lebih mahal dari modal finansial yang selama ini banyak menjadi ketakutan orang dalam menjalankan usaha.

Bagi kita yang memang masih terkendala oleh modal, dan masih ragu, maka kita perlu untuk mencoba usaha dengan modal kecil, agar kita benar-benar bisa merasakan dunia usaha, hal ini nantinya akan melatih jiwa wirausaha kita, seperti belajar dari orang sukses yang memulai dari yang kecil tentu jika kita fokus dan serius kita akan menjadi pengusaha besar dan sukses. Perlu diingat bahwa kemampuan menangkap peluang dan keberadaan modal finansial saja tidak cukup tanpa merealisasikan.

Untuk memulai belajar menjadi wirausaha kita bisa memulai dengan usaha bermodal di bawah 5 Juta. Dengan modal 5 juta banyak usaha yang bisa kita lakukan, baik secara penuh atau sembari mengisi waktu luang dari pekerjaan kita. Misalnya kita bisa membuat usaha yang sehari-hari masih menjadi kebutuhan di lingkungan kita. Apa saja itu? Berikut Peluang Usaha Modal Kecil Produk Makanan dan Minuman

  • 1. Buka Usaha Ala Jogja Angkringan

Buka Usaha  Angkringan Ala Jogja bisa menjadi salah satu pilihan menarik bagi kita yang ingin memulai usaha dengan modal di bawah 5 jutaan. Sedikit berbagi informasi angkringan adalah salah satu bentuk usaha penyedia makanan dan minuman yang selama ini lazim bisa kita temukan di kota Yogyakarta, walau identik dengan kota Jogja namun belakangan ini keberadaan Angkringan telah menjamur di berbagai wilayah Indonesia, keberadaan Angkringan ini pun begitu diminati baik di wilayah perkotaan atau pun pedesaan.

kita bisa banget untuk mencoba usaha angkringan ini, karena usaha angkringan ini sangat identik dengan tempat makan minum dan juga tempat berkumpul, bertemu teman atau janji bertemu. Ketika malam hari tiba maka orang akan memburu angkringan sebagai media berkumpul dan makan minum. Baik di kota atau pun di pedesaan angkringan tentu menjadi tujuan yang menarik untuk melepas lelah selepak aktivitas atau bekerja.

Jika kita memiliki halaman rumah yang cukup luas, dan kita berada di wilayah yang strategis. Bisa kita membuka usaha angkringan di halaman rumah. Maka angkringan kita juga menjadi tempat untuk santai anak-anak remaja di sekitar tempat tinggal kita, selain tentu saja menjadi tujuan mereka yang ingin makan murah.

Jika kita memiliki rencana membuka usaha angkringan, kita tidak perlu merogoh modal terlalu banyak, kita bisa memulai membuka usaha angkringan bahkan dengan modal awal sekitar 3 Jutaan. Modal 3 juta ini untuk keperluan pembelian gerobak, meja kursi dan peralatan. Untuk kebutuhan menu makanan kita bisa mencari pemasok biasanya sistem titip jual, jadi kita hanya perlu menyediakan tempat dan peralatan, serta menyediakan bahan minuman saja.

  • 2. Mencoba Usaha Waralaba makanan dan minuman

Pernah dengar usaha waralaba? Ya kita bisa mencoba usaha waralaba makanan dan minuman, waralaba  adalah sistem usaha yang akan membantu kita dengan cepat untuk memiliki usaha. Akan tetapi usaha yang kita jalankan tidak sepenuhnya milik kita sendiri, alias kita tidak memiliki secara utuh usaha tersebut, karena dalam sistem waralaba kita bekerja sama dengan pihak lain, dan juga kita akan menggunakan merek serta produk dari pihak lain.

Walau terkesan kita tidak memiliki secara penuh dari usaha dengan sistem waralaba ini, karena dari sisi merek dan produk kita hanya mengikuti saja, hanya menjual atau menjalankan sistem yang sudah ada. Akan tetapi tidak ada salahnya kita untuk mencoba usaha waralaba. Mengapa? Karena dari  sistem waralaba ini kita bisa memahami seperti apa menjalankan usaha, bisa belajar banyak cara menjalankan dan membuat manajemen usaha yang baik dan benar.

Di kota-kota besar, keberadaan usaha waralaba makanan dan minuman saat telah  begitu banyak dengan berbagai model dan sistem kerja sama yang berbeda-beda. Tawaran paket yang beragam, bisa menjadikan kita bebas memilih usaha yang benar-benar sesuai dengan keinginan kita.

Selain  itu keberadaan paket yang beragam dari sistem waralaba ini juga bisa menjadikan kita untuk menyesuaikan dengan modal yang kita miliki. Modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha dengan sistem waralaba ini mulai 2 jutaan sampai dengan puluhan juta. Sangat menguntungkan bagi kita yang ingin belajar secara langsung bagaimana dunia usaha, waralaba yang dengan modal kecil ini akan menjadikan kita mendapat banyak fasilitas seperti; pelatihan dari perusahaan yang membuka waralaba, mendapat peralatan dan sarana pendukung untuk usaha.

  • 3. Membuka Usaha Gorengan

Di Indonesia gorengan adalah makanan yang menjadi idola bagi banyak orang, gorengan bisa menjadi teman bersantai, teman minum kopi atau teh, teman  mengobrol, bahkan teman melengkapi lauk pauk saat makan. Di berbagai daerah, di semua kalangan keberadaan gorengan memang sangat digemari oleh banyak orang. Jika kita tinggal di pemukiman yang belum ada penjual gorengan, maka menjadi peluang besar bagi kita untuk membuka usaha gorengan.

Bagi kita yang ingin  membuka usaha gorengan, untuk membuka usaha gorengan kita memerlukan modal awal kurang dari 3 juta, modal ini sudah termasuk dengan gerobak untuk gorengan. Sebelum memutuskan usaha gorengan, tentu kita perlu untuk melakukan analisis pasar terlebih dahulu, bagaimana lingkungan sekitar kita, apakah mereka pembeli gorengan potensial, kemudian mencari tahu di mana penjual gorengan yang sudah diminati warga sekitar sebagai pembanding.

Walau terlihat kecil, usaha gorengan sangat menjanjikan, saat ini harga gorengan di beberapa kota besar berkisar antara 700 – 1000 rupiah per biji untuk gorengan tahu, tempe dan bakwan. Di tempat tinggal saya, ada usaha gorengan yang bahkan orang-orang antre bisa sampai 30 menit untuk mendapatkan gorengan, karena disajikan dalam keadaan panas, jadi goreng langsung habis, sehingga rasanya masih begitu nikmat ketika dinikmati bersama keluarga di rumah.

  • 4. Usaha Jajanan pasar

Apa yang ada di ingatan kita ketika mendengar kata “jajanan pasar” saya sebagai pribadi akan langsung teringat kenangan masa kecil, yaitu jajanan dengan aneka warna dan aneka rasa yang dulu Ibu saya belikan ketika pulang dari pasar. Jajanan pasar adalah salah satu kuliner Indonesia yang selalu menarik perhatian. Jajanan pasar memiliki aneka warna, aneka rasa, aneka bentuk, begitulah jajanan pasar.

Saat ini jajanan pasar masih memiliki tempat sebagai jajanan atau makanan ringan yang diburu pembeli. Jajanan pasar banyak dibeli untuk acara, seperti arisan, pengajian, atau acara kumpul-kumpul, dan juga sebagai pengobat rasa kangen  dari kenikmatan jajanan masa kecil atau jajanan tempo dulu.

Bagi kita yang memiliki keahlian dalam bidang kuliner dalam hal ini membuat jajanan pasar, kita bisa memulai usaha jajanan pasar. Modal awal yang diperlukan untuk memulai usaha ini cukup dengan modal 2 Jutaan untuk pembelian peralatan dan 1 jutaan untuk produksi awal. Jadi total modal awal cukup 3 jutaan, kita sudah dapat memulai usaha jajanan pasar.

Dalam penjualan jajanan pasar, kita bisa menjual secara langsung misal jika rumah kita berada di lokasi yang ramai lalu lalang, kita bisa juga melakukan titip jual di kedai atau toko kue yang ada di sekitar tempat tinggal kita.

Baca Juga Peluang Usaha Lainnya:
1. Peluang Usaha Menjanjikan Menjelang Lebaran
2. Peluang Usaha Menjanjikan Untuk Ibu Rumah Tangga
3. Peluang Usaha Pendukung Desa Wisata
4. Peluang Usaha Rumahan Tahun 2020 Modal Kecil Untung Besar

Kesimpulan

Ternyata untuk memulai sebuah usaha tidak selalu dimulai dengan modal yang besar, dengan modal kecil pun usaha dapat kita jalankan. Selama kita memiliki kemauan maka kita bisa memulai usaha yang kita impikan. Contoh usaha modal kecil di atas dapat dijalankan oleh kita yang bahkan saat ini menjadi karyawan, kita bisa menjalankan usaha tersebut sebagai usaha sampingan, atau kita jadikan usaha dengan membayar tenaga kerja, sehingga kita bisa memulai usaha tanpa harus meninggalkan pekerjaan.

Dari contoh peluang usaha modal kecil di atas bagaimana apakah ada yang membuat kita tertarik untuk mencoba salah satunya? Perlu diingat peluang usaha akan selalu ada dan yang akan berhasil adalah mereka yang memiliki keberanian dan kemauan untuk merealisasikan.  Kunci sukses menjadi pengusaha adalah memulainya. Demikian pembahasan kali ini, semoga ulasan mengenai peluang usaha  modal kecil makanan dan minuman bermanfaat dan selamat mencoba dunia usaha. Salam. Ari Sedesa.id

More Stories
Ilustrai Sedesa.id Inovasi Bumdes
Bumdes Butuh Inovasi Agar Tidak Mati Suri