Menuju Desa Digital Apa Persiapan Kita

Menuju Desa Digital Apa Persiapan Kita?

Sedesa.id Menuju Desa Digital Apa Persiapan Kita? Sebelum era digital seperti saat ini, website masih dipandang sebagai sesuatu yang tidak penting. Apa yang bisa diperbuat dengan adanya website? Untuk apa website yang ada? Misalnya website desa, tidak atau belum benar-benar dapat dimanfaatkan fungsinya secara penuh. Mengapa? Karena memang belum adanya kesadaran bersama.

Ketika era digital mulai masuk dalam kehidupan masyarakat, yang menjadikan mereka mengenal keberadaan internet, dan familiar atau terbiasa dengan internet. Maka desa memiliki website saat ini adalah suatu keharusan. Tidak hanya desa, bahkan kepemilikan website untuk personal pun mulai diperlukan.

Sebagai contoh saya sendiri, saya membuat website untuk kebutuhan menulis, kebutuhan mendokumentasikan dari apa yang saya pelajari tentang desa. Memulai membuat website sejak tahun lalu karena saya tidak mau ketinggalan perkembangan dunia digital, perkembangan internet yang begitu pesat.

Perubahan Perilaku Manusia Menuju Era Revolusi Digital

Tahun 2020 menjadi tahun yang menarik bagi perkembangan dunia digital atau internet di dunia. Mengapa? Karena adanya pandemi yang ‘memaksa’ kegiatan sosial, kegiatan pemerintahan, pekerjaan, kegiatan ekonomi, sekolah dan ibadah, dan berbagai kegiatan yang biasa dilakukan manusia harus dibatasi sementara waktu.

Pembatasan yang terjadi ini tentu memberi dampak luar biasa, misalnya pada perubahan kebiasaan hidup manusia, dan juga pada berbagai aspek kehidupan yang menyesuaikan dengan keadaan. Salah satunya, kita mulai terbiasa dengan mengerjakan sesuatu melalui saluran internet. Ini sinyal bahwa kita siap menuju Desa Digital!

Maka desa menjadi sangat membutuhkan adanya sentuhan teknologi berbasis digital berbasis internet untuk hadir di tengah masyarakat yang berangsur menjalani hidup menuju Desa Digital dalam era revolusi digital saat ini.

Jika berbagai pekerjaan, berbagai pelayanan mulai menggunakan layanan jarak jauh atau layanan berbasis Online. Maka desa harus dapat menangkap kemungkinan terbesar, bahwa layanan berbasis Online inilah yang nantinya akan memudahkan dalam melakukan pelayanan publik.

Adanya perubahan perilaku masyarakat maka akan ada juga perubahan dalam berbagai aspek. Termasuk dalam bidang pelayanan publik, sehingga desa harus bersiap sejak dini untuk menjadi bagian dan mengambil peran dalam revolusi digital desa.

Menuju Desa Digital BUMDes Digital

Kita sudah tidak asing dengan istilah yang muncul tahun ini yaitu desa digital. Desa yang berbasis pada teknologi dan informasi berbasis digital. Begitu juga kita telah mengaungkan satu istilah BUMDes Digital. Satu istilah yang muncul dari reaksi luar biasa yang dilakukan BUMDes dalam menghadapi krisis akibat pandemi. Lantas bagaimana langkah dan persiapan kita menuju desa digital?

Desa yang telah berbasis digital, memahami pentingnya memanfaatkan teknologi di dalam menjalankan kerja-kerja atau agenda desa terbukti dapat tetap produktif dan aktif dalam kegiatan pelayanan, sosial dan ekonomi desa. Banyak desa yang kemudian menjadikan pandemi sebagai momentum memasarkan produk mereka secara Online atau digital. Baik itu dilakukan melalui pemerintah desa, masyarakat dan BUMDes.

Saya sudah menulis tentang BUMDes Digital, silakan dapat membaca dalam tautan berikut: BUMDes Digital Solusi Desa Di Saat Krisis

Mempromosikan Desa Melalui Website Desa

Perubahan perilaku masyarakat yang serba Online dan digital ini, harus kita lihat lebih dalam lagi. Bagaimana perilaku ini akan terus menjadi kebiasaan baru di masyarakat. Artinya kelak orang akan terbiasa dengan dunia digital, terbiasa dengan berbagai pelayanan berbasis Online. Jika sudah demikian, maka yang konvensional akan ditinggalkan. Ini saatnya menuju Desa Digital!

Bagaimana kita harus bersikap? Kita harus menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari perkembangan yang terjadi. Ikut dan ambil bagian. Tidak bisa tidak. Mulai menyusun berbagai strategi dan infrastruktur yang mendukung. Baik sebagai desa, sebagai individu atau pengurus BUMDes, kita harus Go digital, itu kata kuncinya.

Dunia Online atau internet akan menjadi bagian tidak terpisahkan dari interaksi masyarakat nantinya. Maka kita perlu hadir di sana. Melalui pembuatan website desa kita bisa melakukan promosi dari produk yang desa miliki. Menyebarkan informasi potensi yang ada di desa, apa saja yang bisa menghasilkan kegiatan ekonomi dan dapat dilakukan pemasarannya secara digital.

Semakin banyak informasi yang ada di internet tentang desa kita, baik produk, budaya, sumber daya alam, yang ada maka akan semakin banyak orang mengakses atau terpapar oleh informasi tersebut. Jika sudah demikian, maka promosi desa bisa dinilai dari seberapa banyak orang yang kemudian tertarik mengetahui lebih lanjut.

Ketertarikan lebih lanjut dapat dilihat dari adanya pembelian produk, kunjungan ke desa dan berbagai kerja sama baik sosial dan ekonomi yang timbul kemudian. Ini memerlukan persiapan, memerlukan pekerjaan digital jika memang kita siap menuju Desa Digital!

Menuju Desa Digital Dengan Membuat Website Desa Khusus!

AYO MASUKI ERA DIGITAL! BUAT WEBSITE DESA SEKARANG! Jasa Pembuatan Website Desa Apa itu Website Desa? Website Desa adalah sistem informasi dan pelayanan desa, di dalamnya dapat berupa gambar, video, informasi anggaran desa, sistem pelayanan desa, yang dapat memberikan informasi secara detail dan kemudahan pelayanan serta dapat diakses oleh siapa dan dari mana saja. Desa anda akan mudah ditemukan pengguna internet dan meningkatkan citra positif.

Website Desa adalah Amanat UU Desa. Pengembangan sistem informasi desa yang mewajibkan desa memiliki website desa. Dan secara khusus, pasal 82 dan 86 UU Desa mengisyaratkan untuk pelaporan anggaran desa dapat diakses oleh siapa saja dan dari mana saja. Infrastruktur internet bagi desa juga diamanatkan oleh UU No. 6 tahun 2014 untuk dapat dipenuhi Pemerintah Daerah maupun Pemerintah Pusat.

PAKET WEBSITE DESA UNTUK BERBAGAI KEPERLUAN Kami menyediakan paket website untuk desa, paket website ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan, tidak terbatas untuk desa, misalnya untuk desa dan lembaga desa seperti BPD dan juga dapat untuk diaplikasikan pada website pariwisata atau BUMDes desa. SIlakan hubungi: rekankerja.id Demikian pembahasan kali ini mengenai; Menuju Desa Digital Apa Persiapan Kita? , semoga bermanfaat. Terima kasih. Salam. Ari Sedesa.id

More Stories
Klik Untuk Download Buku Kepemimpinan Desa
Download Buku Kepemimpinan Desa PDF