Memahami Visi Misi Calon Kepala Desa Yang Layak Pilih

Memahami Visi Misi Calon Kepala Desa Yang Layak Pilih

Sedesa.id Jangan sampai beli kucing dalam karung! Kira-kira begitulah yang sering kita dengar ketika akan ada pemilihan umum. Baik di tingkat pusat, daerah atau pun lokal desa. Seperti halnya ketika akan ada pemilihan kepala desa. Itu sebagai tanda agar kita memahami visi misi calon kepala desa.

Mengapa sebagai warga masyarakat kita penting untuk memahami visi misi calon kepala desa? Karena dari sini kita akan menentukan satu periode mendatang desa kita akan dibawa ke arah mana? Seperti apa pembangunan yang akan dilakukan.

Jika kita sebagai masyarakat tidak memperhatikan visi dan misi calon kepala desa, bisa celaka. Kita bisa salah pilih. Walau kita akan sangat sulit memahami visi misi calon kepala desa. Berikut adalah pengalaman saya dalam memahami visi misi kepala desa:

1. Jelas dan Realistis

Hal pertama yang dapat kita lakukan di dalam memahami visi misi kepala desa adalah, jelas dan realistis. Kita sudah sering memilih pemimpin, sudah sering juga ke tipu kan? Visi misinya selangit, eh tidak ada yang terealisasi.

Ya, kita cari calon kepala desa yang memiliki visi dan misi jelas. Selain itu juga realistis untuk bisa diterapkan. Bukan sesuatu yang bagus di ucapkan saja.

Sebagai contoh kalau Visinya: Mewujudkan Desa Agamis. Kita harus kejar dengan pertanyaan, agamis seperti apa yang dimaksud? Sejalan tidak dengan misinya? Juga sejalan tidak dengan kondisi dan kebutuhan masyarakat.

2. Memahami Visi Misi Calon Kepala Desa dengan Masukkan Ke Dalam Diri Calon Kepala Desa

Visi dan Misi menjadi cermin seperti apa calon kepala desa yang akan kita pilih. Kita bisa melihat ciri atau karakter kepala desa kita dari visi misi yang mereka sampaikan.

Ingat, kita tentu sudah mengenal calon kepala desa, karena di lingkup desa tentu kita saling kenal. Maka apa yang menjadi visi dan misi calon kepala desa, coba dimasukkan lagi ke dalam kepribadian dan kehidupan calon kepala desa sehari-hari.

Apakah sesuai? Apakah kepribadian calon kepala desa tercermin dalam visi misi yang dia tawarkan? Atau visi misi hanya dia buat dari hasil menyontek dan mencari kata-kata yang bagus saja? Itu berati dia tidak paham apa yang akan dia lakukan.

Sebagai contoh memiliki visi mewujudkan desa  yang agamis, tapi si calon kepala desa tidak pernah terlibat kegiatan keagamaan di desa kita selama ini. Kan tidak nyambung?

3. Apakah sesuai dengan desa Anda secara keseluruhan?

Memahami Visi Misi Calon Kepala Desa tentu harus sesuai dengan desa secara keseluruhan. Di dalam visi misi harus mencerminkan tujuan yang akan dikerjakan selama menjadi kepala desa. Jika di dalam visi dan misi tidak jelas tujuannya untuk desa, maka patut kita pertanyakan.

Desa kita memiliki potensi sumber daya alam berupa pemandangan, apakah calon kepala desa kita melihat itu sebagai potensi? Apakah dia paham bahwa kondisi alam di desa bisa dijadikan sesuatu yang bernilai. Misalnya dengan adanya wisata desa?

Jika hal-hal detail yang selama ini tumbuh di masyarakat tidak dapat ditangkap oleh calon kepala desa di dalam visi dan misi mereka. Maka kita patut untuk mencari yang paling tepat. Jangan sampai salah pilih.

Ingin mengetahui lebih lengkap tentang visi misi dan contoh program kerja kepala desa? Silakan baca: Contoh visi misi calon kepala desa

Kesimpulan Memahami Visi Misi Calon Kepala Desa

Memang sulit memilih calon kepala desa yang tepat. Kita sering kali hanya disuguhkan dari foto sosok atau baliho program yang mereka tawarkan selama kampanye. Untuk mengetahui secara pasti apakah mereka layak dan memiliki kapasitas dalam memimpin desa ke depan, kita sangat kesulitan.

Tidak jarang, visi misi calon kepala desa pun sama atau mirip. Karena memang demikian adanya yang ingin dicapai, masyarakat yang makmur, desa yang swasembada dan lain sebagainya. Tentu itu baik, namun apakah benar-benar si calon memiliki kemampuan untuk mewujudkannya?

Semua kembali kepada kita sebagai pemilih. Pembahasan kali ini adalah pengalaman saya ketika memilih kepala desa di desa saya. Semoga bermanfaat. Salam. Ari Sedesa.id

Artikel Menarik
Membuat Profil Bisnis di Era Digital
Membuat Profil Bisnis di Era Digital