Memilih Warna Logo Bumdes Yang Tepat

Memilih Warna Logo BUMDes Yang Tepat

Membuat logo memang menjadi salah satu hal yang tidak semua orang bisa melakukannya. Mungkin kamu punya gambaran logo BUMDes yang sesuai, tapi untuk menjadikannya terwujud dalam sebuah desain logo, bisa jadi kamu akan kesulitan. Karena ada berbagai hal yang harus menjadi perhatian, seperti misalnya bagaimana memilih warna logo BUMDes yang tepat.

Urusan memilih warna logo ini mungkin terbilang sepele, tapi akan menjadi sulit jika kamu tidak paham bagaimana arti yang terkandung dari warna dan kemudian memadukan dengan desain logo BUM Desa kamu. Maka, sebelum memulai mendesain, kamu perlu untuk membuat rencana desain kamu, mulai dari membuat sketsa sampai pada pemilihan warna.

Mengapa Warna Logo BUMDes Menjadi Penting

Mengapa Warna Logo BUMDes Menjadi Penting

Jika kamu perhatikan selama ini berbagai logo BUMDes yang ada hampir memiliki corak warna yang serupa, yaitu biru atau hijau. Kedua warna ini seolah menjadi warna yang identik dengan desa dan Badan Usaha Milik Desa. Walau saya juga menemukan penggunaan warna lain untuk logo BUMDes.

Mengapa hijau? Ketika aku bertanya kepada salah satu direktur BUMDes tentang bagaimana proses pembuatan logo mereka, ternyata memilih hijau karena mengikuti contoh dari BUM Desa lain yang memiliki logo hijau. Artinya pilihan  warna dalam logo ini ‘mengikuti’ bukan dari hasil olah pencarian kebutuhan untuk logo BUM Desa mereka.

Apa salah mengikuti corak warna dari logo BUMDes lain? Tentu saja tidak salah, akan sah-sah saja, selama kita paham mengapa kita memilih corak warna yang sama. Namun patut menjadi perhatian, ketika kita ‘meniru’ maka satu kerugian yang kita hadapi adalah, kita menjadi tidak memiliki ciri tersendiri.

Memilih warna logo BUMDes ini juga penting dalam upaya membangun sebuah merek atau entitas bisnis. Maka, sebaiknya kita melakukan riset terlebih dahulu sebelum memutuskan memilih warna untuk desain logo BUMDes kita.

Logo bisa menjadi sebuah identitas bisnis yang bahkan memiliki nilai sendiri, baik itu nilai filosofis atau pun nilai ekonomi. Coba perhatikan logo-logo merek terkenal, mereka hanya mencetak logo mereka dalam berbagai media seperti gelas misalnya, kemudian nilai ekonomi gelas tersebut menjadi meningkat.

Nah bayangkan jika kelak logo dari BUMDes kita memiliki nilai seperti halnya logo Nike atau Apple misalnya. Maka dari logo BUMDes saja kita bisa menciptakan berbagai produk, dan bisa meningkatkan nilai ekonomi untuk berbagai barang produksi desa. Karenanya, jangan anggap sepele pembuatan logo BUM Desa.

Tips Memilih Warna Logo BUMDes

Tips Memilih Warna Desain Logo

Bagaimana cara memilih warna logo BUMDes yang tepat? Sebenarnya tidak ada rumus baku dalam pemilihan warna logo, karena semua kembali pada bagaimana kita memaknai, memberi nilai pada logo BUMDes yang kita buat. Namun penting bagi kita untuk membuat logo BUMDes yang terbaik.

Nah, salah satu yang akan terlihat dari sebuah logo adalah warna. Urusan warna ini menjadi penting karena untuk tujuan jangka panjang dari sebuah logo. Berikut adalah tips memilih warna logo BUMDes yang baik dan benar:

1. Perhatikan Kebutuhan Aplikasi

Dalam memilih warna untuk logo, coba untuk melihat bagaimana aplikasinya dalam berbagai media. Misalnya ketika logo akan diaplikasikan untuk kop surat, prangko, atau kuitansi. Bagaimana ketika warna logo tersebut diaplikasikan dengan latar yang terang atau yang gelap.

Sangat penting untuk memiliki sebuah logo yang bisa diaplikasikan untuk berbagai latar belakang dan kebutuhan media. Terlebih ketika kita akan menjadikan logo sebagai sebuah identitas utama dari produk. Tidak menutup kemungkinan logo BUMDes kita akan memberi nilai tambah pada berbagai produk desa.

Hindari pemilihan warna yang terlalu sulit dalam pengaplikasian. Misalnya kita memilih warna abu-abu, maka akan sulit dalam pengaplikasian latar kertas putih. Sehingga perlu keahlian memadukan warna abu-abu tersebut agar tetap dapat ter aplikasikan dengan baik.

2. Simpel Dan Elegan

Pemilihan warna yang simpel dan elegan ini tentu berkaitan dengan bagaimana bentuk atau desain dari logo BUMDes kita. Jika bentuk desain logo BUM Desa sudah rumit maka akan sulit kita memadukan dengan warna yang simpel dan elegan, walau tetap bisa kita upayakan.

Seperti apa warna simpel dan elegan? Coba kita mencari warna-warna yang orang akan dengan mudah menebak warna tersebut. Elegan dalam arti pengaplikasiannya tidak menimbulkan gangguan visual. Orang akan nyaman melihat perpaduan dari warna logo BUMDes yang kita buat.

Maka, menjadi catatan penting ketika kita merancang sebuah logo BUMDes, sejak awal untuk mengetahui warna apa saja yang akan kita gunakan. Ini terkait dengan kebutuhan logo kita agar tampil simpel dan elegan. Coba lihat logo Nike, sangat simpel dan elegan, tidak hanya dari sisi warna namun juga bentuk.

3. Jangan Takut Berbeda

Jangan takut berbeda menjadi satu kunci penting dalam pemilihan warna logo BUMDes. Walau sudah banyak orang yang membuat logo BUM Desa dengan warna hijau atau biru, tidak masalah jika kita akan menggunakan pilihan warna yang lain.

Di Indonesia jumlah BUMDes sangat banyak, jika kita hanya mengikuti saja maka kita tidak akan terlihat. BUMDes kita bisa tampil beda misalnya melalui pemilihan warna logonya. Tidak harus selalu mengikuti logo yang selama ini sudah ada dan menjadi pandangan umum tentang logo BUMDes.

Menjadi berbeda ini penting terutama sebagai jalan dalam membangun citra merek. Karena kita bicara BUMDes, sebuah badan usaha yang bergerak dalam urusan bisnis. Maka bicara bisnis kita harus profesional, sampai pada menjadikan logo BUMDes sebagai bagian dari aset penting yang bisa memiliki nilai ekonomi.

4. Mewakili Karakter BUMDes

Dalam memilih warna logo BUMDes kita harus memperhatikan karakter apa yang akan menjadi citra dari BUMDes kita. Karakter ini bisa jadi perwakilan dari tujuan dan landasan berpikir BUMDes, atau karakter yang melekat dan tumbuh dari desa.

Kita dalam memilih warna logo BUM Desa tentu harus menampung terlebih dahulu tentang karakter yang ada dari BUMDes kita. Menuangkan dalam bentuk logo lalu kita pilih pewarnaan yang tepat. Karakter merah misalnya yang selama ini identik dengan berani, akan cocok dengan BUMDes yang memang memiliki karakter ini atau menantang.

5. Manfaatkan Perpaduan Warna

Memilih warna logo BUMDes menjadi sangat menarik ketika kita bisa memadukan berbagai warna yang ada. Jangan takut membuat perpaduan warna baru. Kita bisa memilih dua  atau tiga yang berbeda untuk kebutuhan logo BUM Desa kita, lalu membuat perpaduan yang sesuai.

Nah, menjadi penting banget ketika melakukan perpaduan warna ini untuk bisa melihat kecocokan warna yang kita pilih sebelum kita aplikasikan dalam desain ketiak membuat logo BUMDes. Kamu bisa memanfaatkan website berikut untuk membuat palet dan perpaduan warna: Membuat Palet Warna Onine Untuk Kebutuhan Desain Logo

Menentukan Warna Logo BUMDes Berdasarkan Filosofi Warna

Memahami Filosofi Warna

Warna memiliki filosofi atau karakter tersendiri. Seperti apa warna dalam sebuah logo dipandang oleh konsumen atau calon mitra kita? Berikut adalah bagaimana gambaran sebuah warna logo berdasarkan filosofi warna yang menjadi pilihan:

1. Warna Putih; menggunakan warna putih akan menggambarkan kejujuran, tidak ada sesuatu yang disembunyikan. Putih mengisyaratkan kemurnian dan kebersihan. Memilih warna logo putih paling terkenal adalah Apple.

2. Warna Hitam; akan memberi kesan elegan dan mewah. Lihatlah produk luxurious biasanya menggunakan warna hitam sebagai branding mereka. Sebagai contoh bagaimana logo warna hitam pada produk; Chanel dan Sony.

3. Warna Oranye; menggambarkan keramahan, warna yang dipercaya dapat meningkatkan loyalitas konsumen.  Contoh merek terkenal yang memilih logo dengan warna dominan oranye adalah Hermes dan Nickelodeon.

4. Warna Ungu; bermakna kebijaksanaan atau imajinatif. Memberikan kesan menenangkan, berhubungan dengan nostalgia dan perasaan sentimental. Produk yang memilih warna logo ini antara lain Yahoo dan Bank Muamalat.

5. Warna Merah Mudah; menggambarkan kelembutan dan kasih sayang, feminin, kemudaan dan sesuatu yang menyenangkan. Contoh pemilihan warna logo ini adalah Victoria Secrets dan Wacoal.

6. Warna Merah; memberikan kesan bersemangat, sering dipilih oleh perusahaan manufaktur dan dagang. Pemilihan warna logo ini adalah Coca-Cola dan Youtube.

7. Warna Hijau; identik dengan kesegaran, kesehatan, dan ketulusan. Menurut penelitian, warna hijau juga merupakan warna yang paling mudah dicerna oleh mata. Karena kesan itulah, warna hijau umumnya dipilih oleh perusahaan yang menjual produk berupa makanan segar maupun produk layanan kesehatan. Contoh logo warna hijau; Gojek dan Tokopedia.

8. Warna Kuning; menghadirkan nuansa keceriaan dan rasa optimis, menarik perhatian. Pemilihan warna logo kuning antara lain National Geografik dan Bank Commonwealth.

9. Warna Biru; memberikan citra terpercaya, dapat diandalkan, aman, dan bertanggungjawab. Pemilihan warna logo biru seperti; BCA, BRI, Bank dan Garuda Indonesia.

Kesimpulan Pembuatan dan Pemilihan Warna Logo BUMDes

Penting untuk kita bisa memadukan warna yang sesuai dengan karakter dan filosofi dari BUMDes kita. Maka diperlukan adanya kemampuan dalam memadukan warna dan menyesuaikan desain. Dalam era seperti saat ini, tidak ada salahnya kita meminta jasa pembuatan logo BUMDes jika memang memerlukan pembuatan yang profesional.

Logo ini akan menjadi ciri dan citra merek, jadi memilih jasa pembuatan logo BUMDes juga harus yang profesional dan sudah terpercaya selama ini menjadi tempat atau jasa yang orang gunakan untuk kebutuhan logo mereka.

Bagi kamu yang memiliki kesulitan dalam membuat logo, tidak ada salahnya menggunakan jasa desain logo bagi BUMDes kamu. Sedesa.id memiliki rekanan tim yang dapat membantu BUMDes dalam membuat logo.

Bagi sahabat sedesa yang membutuhkan jasa dalam membuat logo BUMDes silakan menghubungi Jasa pembuatan logo BUMDes, hubungi: WA 085643190105 konsultasi saja terlebih dahulu, jika cocok lanjutkan. Naum bagi kamu yang ingin mencoba membuat sendiri silakan ikuti cara membuat logo BUMDes Online berikut ini: Membuat Logo Bumdes yang Baik Sesuai Filosofi BUMDes

Demikian pembahasan kali ini mengenai Memilih Warna Logo BUMDes Yang Tepat. Semoga pembahsan ini dapat menjadi referensi bagi sahabat sekalian. Terima kasih. Semoga Bermanfaat. Salam Ari Sedesa.id

Artikel Menarik
peluang usaha ternak ayam kampung
Peluang Usaha Ternak Ayam Kampung