Membuat Desain Konten Promosi Iklan untuk media sosial Instagram dan Facebook

Membuat Desain Konten Promosi Iklan untuk media sosial Instagram dan Facebook

Sedesa.id Bagaimana membuat desain  konten promosi iklan untuk media sosial yang tepat. Instagram memiliki kekuatan luar biasa di dalam menjalankan strategi pemasaran. Banyak fitur yang kemudian begitu kuat untuk dijadikan media di dalam mempromosikan atau menjual produk.

Kekuatan dari fitur yang ada di Instagram, juga telah hadir di Facebook. Bagi pengguna Facebook baik itu Facebook akun pribadi atau pun Facebook akun bisnis atau halaman Facebook. Facebook kini telah memiliki kesempatan yang sama untuk menggunakan fitur yang powerfull seperti halnya yang ada di Instagram.

Fitur yang ada di Instagram dan Facebook ini harus bisa kita manfaatkan di dalam membuat atau melakukan strategi digital marketing. Bagaimana audiens atau pasar bisa tertarik dari konten atau promosi yang kita lakukan.

1. Menarik Interaksi Dari Konten Story

Salah satu fitur yang memiliki kekuatan luar biasa di dalam menjalankan strategi digital marketing adalah fitur story atau cerita. Fitur ini ditawarkan oleh Instagram dan Facebook.

Di dalam membuat story tentu ada berbagai hal yang perlu diperhatikan, misalnya orang akan lebih tertarik dengan konten yang bergerak dari pada konten diam. Sehingga di dalam fitur story terdapat berbagai macam tambahan fitur yang dapat digunakan. Tambahan fitur ini seperti filter, stiker dan beragam tambahan lainnya. Fitur tersebut dimaksudkan agar konten story jauh lebih hidup atau bergerak.

Ketika kita berbicara tentang kinerja dari sebuah iklan berbasis seluler seperti halnya yang dilakukan menggunakan Instagram dan Facebook, maka gerakan adalah rajanya, orang akan lebih tertarik ketika berupa gerakan atau video dibanding foto yang diam.

Sehingga di dalam membuat konten untuk iklan yang menggunakan story sebagai pilihan saluran. Diperlukan kepekaan dan kemampuan untuk berkreasi dan menggunakan imajinasi untuk membuat berbagai gerakan atau animasi tambahan. Animana tambahan ini dapat menjadikan foto atau desain promosi jauh lebih hidup.

Selain gerakan, tentu untuk menarik interaksi yang jauh lebih besar, diperlukan ajakan tindakan, seperti misalnya tindakan untuk swift up atau usap ke atas, ajakan mengunjungi profil, ajakan membeli, ajakan berkomentar dan model tanya jawab.

2. Membuat Konten Stoy dan feed yang tepat

Di dalam membuat konten story yang tepat  perlu memperhatikan tiga hal di bawah ini, yang mana dengan memperhatikan tiga hal di bawah maka konten yang dibuat untuk story atau pun feed dari Instagram dan Facebook akan benar-benar bisa mempengaruhi audiens untuk berinteraksi. Adanya interaksi pada akhirnya akan memberikan kemungkinan atau peluang yang jauh lebih besar untuk terjadinya penjualan.

Dasar-dasar
– Tambahkan logo Anda
– Buat pesan lugas
– Inspirasi tindakan dengan CTA yang menarik

Menambahkan gerakan

– Animasikan teks
– Membuat animasi sederhana

Mengoptimalkan video untuk perangkat seluler

– Tarik perhatian dalam 3 detik pertama
– Jaga durasi video kurang dari 15 detik
– Rancang untuk dapat dinikmati tanpa suara
– Ambil gambar secara vertikal atau untuk format persegi

3. Cobalah Desain yang mudah digunakan secara berulang

Saat ini banyak aplikasi android atau pun ios yang dirancang untuk membantu kemudahan dalam membuat konten, berbagai aplikasi ini bisa di dapatkan di playstore, misalnya Canva yang memudahkan dalam membuat desain baik desain diam atau pun video.

Namun tentu kita perlu mencari aplikasi yang paling nyaman dan dapat kita gunakan dengan baik, sehingga konsistensi di dalam membuat konten akan tetap terjaga. Mengapa? Karena kunci dari menjalankan strategi digital marketing adalah konsistensi dan kehadiran di ranah dunia digital.

Untuk kebutuhan desain feed dan story sahabat bisa menggunakan desain yang telah saya buat. Desain ini saya bagikan secara gratis, dalam penggunaannya pun sangat mudah, hanya perlu melakukan edit dan save. Selain itu aplikasi yang digunakan adalah PowerPoint yang mana tidak asing lagi dalam penggunaannya.

Silakan coba desain PowerPoint untuk feed dan story berikut ini: Untuk Desain Feed Foto silakan Download Desain Foto Jualan Online; Instagram, Facebook , Whatsapp tinggal edit , untuk kebutuhan story silakan Download Cara Membuat Video Promosi dengan powerpoint animasi (download desain)

Untuk Tutorial dapat di cek melalui Youtube Cara Ari!

Kesimpulan

Demikian pembahan mengenai Membuat Desain Konten Promosi Iklan untuk media sosial Instagram dan Facebook pada dasarnya dalam upaya membuat konten promosi media sosial tetap harus mempertimbangkan banyak poin seperti yang telah dibahas di atas. Tentu menjadi penting agar tidak hanya sekedar membombardir akun media sosial kita dengan produk jualan, namun juga membuat konten yang memberikan informasi dan melakukan komunikasi dengan baik kepada konsumen.

Semoga pembahasan kali ini mengenai Membuat Desain Konten Promosi Iklan untuk media sosial Instagram dan Facebookdapat dijadikan rujukan bagi sahabat sekalian untuk memulai membuat konten promosi media sosial di sesuaikan dengan produk dan jasa yang sahabat sekalian sediakan. Terima kasih. Salam. Ari Sedesa.id

Artikel Menarik
Belajar dari Krisis Melihat Masa Depan Pertanian
Belajar dari Krisis Melihat Masa Depan Pertanian