Jualan Online Produk Desa Ayo Belajar Foto Produk

Jualan Online Produk Desa Ayo Belajar Foto Produk

Sedesa.id Jualan Online Produk Desa Ayo Belajar Foto Produk. Kini perkembangan dunia Online tidak terbatas jarak dan waktu. Pelaku usaha di desa pun kini sudah merambah pasar Online. Banyak pelaku usaha Online yang berasal dari desa, dan mereka tentu saja memasarkan produk desa. Apa yang dibutuhkan ketika akan memulai usaha berbasis Online? Salah satunya adalah Belajar Foto Produk.

Ketika kita akan Jualan Online Produk Desa maka Foto Produk menjadi perwakilan yang akan dilihat oleh calon pembeli. Hanya melalui foto inilah calon pembeli akan merasa yakin atau tidak untuk bertransaksi dengan kita sebagai penjual. Oleh sebab itu penting membuat foto produk desa yang profesional.

1. Pentingnya Foto Produk Dalam Jualan Online Produk Desa

Di dalam jualan Online produk desa masih banyak orang yang menyepelekan perihal foto produk. Menganggap bahwa foto ala kadarnya saja juga dapat menghasilkan. Mungkin benar, tapi coba kita pikirkan, jika foto kita bagus, maka pembeli akan semakin mudah memahami, akan tertarik dengan produk kita.

Penting bagi pelaku usaha ketika akan jualan Online produk desa untuk membuat foto produk yang sesuai dengan produk aslinya. Artinya tidak ada editing atau manipulasi yang berlebih. Terutama ketika jualan yang berhubungan dengan warna, bahan, ukuran, dan desain.

Nah ketika kita jualan produk desa, maka kita pun harus benar-benar menyiapkan foto produk semenarik mungkin. Karena dengan foto produk yang menarik, mudah dipahami, jelas, maka calon pembeli atau konsumen akan tertarik melakukan transaksi.

Sebagai contoh ketika desa memiliki potensi wisata. Kita bisa melakukan promosi atau iklan di media sosial, nah untuk melakukan iklan dan promosi desa wisata tersebut tentu di butuhkan foto dan video.

Jika foto dan video yang dihasilkan tidak maksimal, tentu orang yang melihat tidak akan tertarik. Jika sudah demikian maka promosi dan iklan yang dilakukan sia-sia belaka.

2. Manfaat Foto Produk Untuk Jualan Online Produk Desa

Ketika Desa memiliki produk baik produk barang atau jasa, maka desa wajib melakukan promosi. Baik promosi secara langsung atau tradisional, juga promosi melalui saluran media sosial dan internet.

Jualan Online produk desa pasti ada kebutuhan untuk melakukan promosi dan hal tersebut memerlukan yang namanya foto produk dan video produk. Sehingga perlu menggunakan foto yang profesional. Karena foto produk yang profesional ini memiliki banyak manfaat yaitu:

  1. Sebagai Bahan Sosial Media Marketing
  2. Mudah Diingat dan Menarik Pembeli
  3. Menambah Nilai Jual Produk
  4. Meningkatkan Kepercayaan Calon Pembeli
  5. Dapat digunakan sebagai bahan pembuatan katalog produk.

3. Bagaimana Cara Membuat Foto Produk Yang Baik dan Benar?

Pertanyaan selanjutnya ketika akan jualan Online produk desa dan memerlukan foto produk adalah; bagaimana cara membuat foto produk yang baik dan benar? Tentu saja kita harus belajar fotografi, kita harus menguasai bagaimana teknik pengambilan foto produk yang baik.

Berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan ketika akan mengambil foto produk desa:

Gunakan Kamera Dengan Kualitas Baik

Pertama-tama tentu peralatan. Upayakan menggunakan kamera dengan kualitas baik. Saat ini sudah banyak kamera bahkan dari smartphone yang sudah dapat digunakan untuk pengambilan foto produk.

Kuasai fitur yang ada di kamera. Jika menggunakan kamera smartphone dirasa masih kurang. Maka gunakan kamera profesional seperti kamera DSLR. Bisa dengan sewa atau sekalian menggunakan jasa fotografer.

Pastikan Sumber Cahaya Cukup

Hal penting dalam fotografi adalah cahaya yang cukup. Artinya tidak berlebihan cahaya dan tidak kekurangan cahaya. Cahaya yang pas, tepat, pada produk akan menambah kuat fokus pada produk. Hal ini akan menjadikan produk benar-benar terlihat seperti aslinya.

Penting bagi kita untuk belajar perihal pencahayaan ketika akan mengambil foto produk. Dengan cahaya yang baik, cahaya yang cukup, maka hasil foto produk akan tampak nyata sesuai aslinya.

Gunakan Latar Belakang Bersih

Jika kita jualan produk berukuran kecil dan sedang, maka gunakan latar belakang bersih. Misalnya jual kerajinan tangan desa, produknya adalah Jam Dinding Kayu misalnya, maka gunakan latar warna putih atau warna lain yang pasti bersih.

Penggunaan latar bersih ini akan menjadikan fokus pada produk. Orang yang melihat akan langsung fokus pada produk, dan tidak ada ornamen di latar belakang yang mengganggu.

Gunakan Model atau Hiasan Tambahan

Bisa memanfaatkan model atau hiasan tambahan untuk foto produk, namun jangan sampai berlebihan. Fungsinya hanya sebagai penambah saja.

Jika kita akan promosi destinasi wisata desa misalnya, maka  gunakan model yang mencerminkan orang sedang berinteraksi dengan objek wisata tersebut.

Perhatikan Sudut Pengambilan Gambar

Sudut pengambilan gambar sangat penting di dalam membuat foto produk. Maka pahami sudut yang pas dari produk yang akan kita jual.

Di dalam jualan Online produk desa perlu mengambil sudut produk dari berbagai sisi, kemudian nanti digabungkan dalam satu frame desain promosi. Hal ini untuk membantu calon pembeli melihat keseluruhan detail dari produk yang dijual.

Ini penting, terlebih ketika kita jualan Online produk desa yang berupa kerajinan tangan. Maka detail dari setiap bagian produk kerajinan desa harus ditonjolkan.

Edit Foto atau Video

Ketika telah berhasil mengambil foto produk atau mengambil video produk. Maka langkah terakhir adalah melakukan editing dari hasil foto dan video.

Proses editing ini jangan sampai berlebihan. Upayakan untuk tetap menonjolkan produk agar sesuai aslinya, jangan sampai over editing.

Dalam editing foto produk bisa menambahkan model desain, agar desain ini sebagai ciri khas dari produk. Di Sedesa.id banyak desain promosi yang dapat dijadikan contoh, silakan Download Desain Promosi Produk.

4. Gunakan Jasa Foto Produk

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, ketika cara-cara mendapatkan foto dan video produk belum juga berhasil, maka ada baiknya menggunakan jasa foto produk. Di era seperti saat ini, jasa foto produk sangat penting. Mengapa? Karena saat ini pasar Online sudah sangat terbuka lebar.

Ketika kita akan jualan Online produk desa secara serius, tidak ada salahnya untuk menggunakan jasa foto produk. Metodenya bisa Anda mengirimkan produk untuk kemudian dilakukan pengambilan gambar dan video, atau mengundang fotografernya ke tempat Anda.

Anda membutuhkan jasa foto produk? Silakan hubungi saya melalui tautan berikut: Whatsapp Ari Sedesa.id saya memiliki tim yang siap untuk menyediakan kebutuhan jasa fotografi dan video grafi produk. Selain itu, Anda yang ingin kursus fotografi pun bisa mengikuti kelas fotografi yang kami jalankan.

Lokasi kami di Yogyakarta, bagi Anda yang jauh dapat menggunakan fasilitas kirim produk untuk pembuatan foto produk. Atau hanya ingin proses editing? Pembuatan desain promosi? Langsung saja hubungi kami. Siap melayani pembuatan video dan foto promosi. Proses editing yang profesional di sesuaikan dengan produk Anda.

Kesimpulan Jualan Online Produk Desa

Memasuki era digital seperti saat ini, tentu optimis kita sebagai pelaku usaha desa untuk mempromosikan apa yang menjadi potensi dan keunggulan desa kita. Mulai dari warisan budaya, objek wisata, sampai produk. Kita jangan sampai tertinggal. Produk desa dapat bersaing di kancah nasional bahkan internasional, selama kita mau melakukan promosi dan memberikan informasi pada seluruh dunia tentang produk yang ada di desa kita.

Masih ingat bagaimana produk kuliner desa kini tersedia di internet? Salah satunya Rasto Beras Singkong, produk olahan pangan berupa nasi singkong atau tiwul yang dibuat menjadi tiwul instan itu, kini diminati banyak orang. Mengapa? Karena Rasto dibutuhkan untuk kesehatan dan pengganti beras padi, sehingga kehadiran Rasto di jualan online langsung ramai pembeli. Baca: Produk Desa Beras Singkong Manfaat Tiwul Untuk Kesehatan

Demikian pembahasan kita kali ini mengenai jualan online produk desa. Ingat kesempatan selalu terbuka, dan bagi sahabat yang kesulitan dalam membuat foto dan video produk dapat menghubungi kami. Kami memiliki tim foto produk, dan editing promosi yang telah melayani pelaku UMKM, Kebutuhan Industri dan tentu saja BUMDes dan Desa. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat. Salam. Ari Sedesa.id

More Stories
Desa Wisata Kandri Semarang Jawa Tengah
Desa Wisata Kandri Menjaga Kelestarian Alam dan Budaya