Produk Desa Beras Singkong Manfaat Tiwul Untuk Kesehatan

Produk Desa Beras Singkong Manfaat Tiwul Untuk Kesehatan

Sedesa.id Produk Desa Beras Singkong manfaat tiwul untuk kesehatan. Pernah dengar makanan pengganti nasi padi?  Tiwul namanya, salah satu kuliner warisan nusantara yang menjadi makanan khas di berbagai daerah di pulau Jawa. Tiwul atau beras singkong ini kini menjadi primadona bagi mereka yang beralih gaya hidup sehat.

Apa Itu Tiwul?

Tiwul atau Beras Singkong adalah makanan khas pengganti beras padi yang berbahan baku singkong. Masyarakat di Gunung Kidul dan Wonogiri sering mengonsumsi nasi tiwul. Akan tetapi masyarakat di Wonosobo yang mulai berani berinovasi dengan olahan tiwul sejak tahun 2008.

Saat ini dengan beragam perkembangan teknologi, telah dilakukan berbagai inovasi dari olahan pangan lokal tiwul ini. Nasi tiwul atau lebih tepatnya sego tiwul telah diproduksi dan dikemas menjadi tiwul instan. Tidak heran jika manfaat tiwul untuk kesehatan pun menjadi salah satu upaya atau inovasi produk yang terus dikembangkan.

Sebelumnya nasi tiwul hanya dikonsumsi oleh masyarakat pedesaan, akan tetapi setelah adanya tiwul instan dalam bentuk dikemas dan menjadi makanan cepat saji, tiwul kini dikonsumsi oleh berbagai masyarakat. Tidak sedikit yang menjadikan tiwul instan sebagai gaya hidup sehat. Karena memang manfaat tiwul untuk kesehatan sangat besar.

Nasi tiwul terkadang di sebagian wilayah Jawab disebut juga dengan leye, atau oyek. Atau secara luas kini dikenal beras singkong, atau beras tiwul atau tiwul instan, nasi diet sehat.

Apa Komposisi Tiwul Instan?

Inovasi menjadikan makanan tiwul dapat dikemas dan dinikmati dalam bentuk tiwul instan menjadi terobosan luar biasa dalam menjaga keberlangsungan kuliner nusantara. Terlebih ketika inovasi ini dikombinasikan dengan menyajikan manfaat tiwul untuk kesehatan. Pada dasarnya Tiwul Instan tidak berbeda dengan tiwul yang dibuat langsung siap makan di masyarakat seperti Tiwul di Wonosobo.

Tiwul atau Tiwul Instan terbuat dari tepung gaplek, yaitu singkong yang dikeringkan terus ditumbuk. Kemudian diproses menjadi Tiwul Matang atau Diproses menjadi Tiwul Instan, yang mana proses mematangkan tiwul instan nantinya hanya perlu waktu mengukus sekitar 20 menit. Memasak dengan cara dikukus ini juga bagian dari mempertahankan manfaat tiwul untuk kesehatan.

Dengan menjadikan tiwul dalam bentuk kemasan dan menjadi makanan instan. Maka tiwul dapat dikirim dan diproduksi untuk dikonsumsi banyak orang. Berbagai pilihan rasa yang ditawarkan dari tiwul instan, mulai dari manis gula Jawa, rasa stroberi dan rasa buah lainnya.

Akan tetapi, bagi mereka yang ingin menjadikan tiwul atau beras singkong sebagai peralihan hidup sehat, maka sebaiknya mengonsumsi tiwul instan yang original. Tiwul Instan Orginal ini tanpa rasa, benar-benar tanpa disertai bahan tambahan apa pun dalam pembuatannya. Sehingga dapat dimasak atau diolah sesuai selera nantinya.

Melihat Geliat Produk Desa Dari Peminat Manfaat Tiwul Untuk Kesehatan

Sebelumnya makanan Tiwul mungkin tidak banyak yang tahu, namun dengan adanya upaya melakukan inovasi manfaat tiwul untuk kesehatan dan adanya sosial media. Kini Tiwul telah umum diketahui oleh banyak orang, terutama mereka yang memang pecinta kuliner. Tiwul menempati posisi sebagai makanan tradisional yang cukup banyak menarik perhatian peminat kuliner nusantara.

Tidak hanya mereka yang dari lokal Indonesia saja, pelancong asing pun ketika berwisata di Indonesia misalnya di daerah Jogja atau Wonosobo akan tertarik dengan pangan lokal yang unik. Tiwul menjadi unik karena dibandingkan dengan pangan pengganti nasi lain, Tiwul yang berbahan baku singkong ini yang bisa dibuat menyerupai atau berbentuk butir.

Inovasi yang dilakukan dari produk kuliner desa ini pun sangat beragam. Mulai banyak yang membuat tiwul instan dengan berbagai rasa dan juga yang fokus pada manfaat tiwul untuk kesehatan. Membuat tiwul khusus dengan mengembangkan dalam bentuk original dan perlakuan organik, karena tujuan untuk kesehatan.

Salah satu pegiat kuliner nusantara yang fokus pada pengembangan tiwul organik untuk kesehatan misalnya kelompok usaha Rasto, yang memproduksi tiwul instan asli Wonosobo. Kelompok usaha desa ini mengolah tiwul instan masih dalam jumlah yang terbatas, karena perlakuan organik yang mereka terapkan dalam pembuatan produk tiwul instan.

Manfaat Tiwul Untuk Kesehatan

Menurut tim pemasaran Rasto Beras Singkong, selama ini pelanggan produk Rasto Beras Singkong adalah mereka yang memiliki persoalan dengan nasi padi. Seperti penderita diabetes. Karenanya produk rasto Beras Singkong mengedepankan inovasi pada manfaat tiwul untuk kesehatan.

Penderita diabetes seperti kita ketahui harus menghindari nasi sebagai sumber tenaga, karena nasi padi adalah jenis makanan yang tinggi kalori dan cepat terurai menjadi gula.

Maka, sebagai pengganti dari nasi padi adalah dengan mengonsumsi umbi-umbian. Akan tetapi umbi-umbian tidak memiliki variasi makanan yang sama seperti nasi. Karenanya banyak yang kemudian menggunakan Tiwul utamanya tiwul original dan organik.

Tiwul menjadi jenis makanan dari bahan baku singkong yang dibuat granulasi menyerupai nasi dan dapat menikmati sebagai makanan pokok pengganti nasi. Tiwul ini bisa dimakan dengan lauk layaknya nasi.

Manfaat tiwul untuk kesehatan RASTO Beras Singkong:
1. Sumber energi
2. Pencegah Diabetes
3. Menurunkan risiko kanker
4. Menurunkan kadar kolesterol
5. Menurunkan kadar gula darah, dll.

Beli Produk Rasto Beras Singkong? Silakan Klik Link Berikut: RASTO BERAS SINGKONG (JUAL TIWUL, OYEK, UNTUK KESEHATAN)

Komposisi Tiwul Instan RASTO Beras Singkong:

Dari singkong pilihan, tanpa pewarna dan tanpa pengawet. Kandungan nutrisi setiap 100 gram bahan baku singkong Mengandung: Air 63. 50 gram, Fospor 40 gram, Karbohidrat 35 gram, Kalsium 33 mg, Vitamin C 30 mg, Protein 1. 20 mgZat besi 0. 70 mg, Lemak 0. 30 mg, Vitamin B1 0. 01 mg, kalori (121 kal) lebih rendah dari nasi beras.

Kesimpulan

Kuliner lokal, warisan tradisi dalam bidang pangan ini memang bisa diulik dan dilakukan kajian lebih dalam. Pangan lokal di Indonesia sangat beragam, tentu akan menjadi warisan luar biasa ketika semua dapat dimanfaatkan. Tidak harus semua makan nasi padi, kita tahu banyak daerah dengan kearifan pangan lokal, seperti halnya Beras Singkong atau Tiwul, Sagu, dan lain sebagainya.

Produk Desa menjadi solusi kesehatan, asal kita mau memproduksi dengan standar yang sesuai. Apa yang ada di desa dengan segala kearifan lokal, mulai dari menanam, mengolah menjadi produk pangan, perlu kita dukung. Sudah saatnya produk desa hadir dan dapat dinikmati oleh masyarakat luas.

Demikian pembahasan kita kali ini, kesimpulannya  adalah tetap semangat membangun desa, semangat melakukan inovasi dari produk yang ada di desa. Dari warisan kuliner, warisan budaya, yang ada di desa. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat. Terima kasih. Salam. Ari Sedesa.id

Artikel Menarik
Menjaga Reputasi Usaha dengan Branding untuk Bumdes dan UMKM
Tips Sukses Digital Marketing; Komunikasi Digital Marketing