• Call: +6285643190105
  • E-mail: sapasedesa@gmail.com
  • Login
  • Register
Education Blog
  • Desa
    • Koperasi
    • BUMDes
    • Peluang Usaha
    • Materi dan Publikasi
  • Digital Marketing
  • Nalara Kopi
  • Sedesa TV
  • Layanan
    • Pelatihan Wisata Berkelanjutan
    • Pelatihan Pasar Rakyat
No Result
View All Result
sedesa.id
No Result
View All Result
Home PUSTAKA Materi Digital Marketing Lengkap

Pelaku Usaha Hindari Perang Iklan Agar Produk Tidak Kehilangan Pasar

Ryan Ariyanto by Ryan Ariyanto
September 23, 2020
in Materi Digital Marketing Lengkap
5
Share on FacebookShare on TwitterShare on WhatsappShare on TekegranShare on Tekegran
umkm, usaha desa, pemasaran, promosi, iklan usaha

Saat ini persaingan usaha semakin ketat, perebutan pangsa pasar memaksa produsen memasarkan produk dengan berbagai cara. Salah satu cara adalah dengan membuat iklan produk. Memang, ikan sampai saat ini masih menjadi salah satu media yang efektif dalam memperkenalkan dan mempengaruhi para pembeli.

Iklan produk selama ini bersifat komunikasi searah, dan tidak jarang dibuat dengan berlebihan, hal ini sebenarnya memiliki tujuan utama untuk menggambarkan keunggulan dari produk. Namun tidak jarang, keberadaan iklan justru hanya untuk menjawab tantangan dari iklan produk pesaing, bukan untuk menjawab keinginan atau kebutuhan produk dari calon pembeli. Istilahnya; “perang iklan, perang promosi”.

RelatedPosts

Digitalisasi Desa Wisata untuk Meningkatkan Kunjungan!

Strategi Promosi Desa Wisata di Media Sosial IG dan Tiktok

Pemasaran Digital untuk Produk Kerajinan dan Hasil Bumi Desa

Ketika sudah terjebak dalam perang iklan, produsen akan lebih banyak fokus mengamati iklan dan promosi pesaing, dibanding melakukan inovasi produk. Hal ini menjadi berbahaya, mengingat nilai akhir dari sebuah produk adalah diterima atau ditolak oleh pasar. Seharusnya, Anda sebagai produsen, dalam hal ini pengusaha atau pelaku bisnis, menitik beratkan fokus pada keinginan dan kebutuhan pasar “konsumen”, bukan pada pesaing.

Karena, terjebak pada perang iklan, produsen dalam upaya membuat iklan akhirnya melebih-lebihkan, dan menggunakan kalimat atau kata yang dilebih-lebihkan, dibanding menggambarkan keaslian produk, kualitas pada iklan justru lebih banyak memberi informasi kosong. Iklan, tidak lagi menggambarkan isi produk sesungguhnya, “gambar isi dan bungkus berbeda”.

Konsumen saat ini memiliki banyak pilihan dari produk yang mereka butuhkan, sehingga ketika mereka merasa tertipu oleh iklan yang Anda buat secara berlebihan, konsumen dengan mudah akan meninggalkan produk Anda, dan mencari produk lain. Maka, alih-alih mendapat konsumen, Anda justru kehilangan konsumen, dan lebih buruk lagi Anda akan mendapat citra produk yang buruk di mata konsumen.

Ingat, konsumen yang puas akan memberikan rekomendasi kepada rekan atau orang lain untuk membeli produk yang mereka gunakan. Sebaliknya, konsumen yang kecewa juga tidak menutup kemungkinan akan menceritakan pengalaman tidak menyenangkan mereka atas produk Anda kepada orang lain. Dan, pada dasarnya, orang lebih percaya kepada pengalaman seseorang dari pada iklan yang Anda buat.

Karenanya, Anda sebagai pelaku usaha, sebagai produsen sebuah produk, cobalah untuk menghindari perang iklan. Fokuslah, pada inovasi dan pengembangan produk yang Anda miliki. Coba libatkan konsumen Anda, dalam upaya membuat iklan dan promosi. Keterlibatan konsumen dalam promosi. Pada akhirnya, konsumen Anda adalah pemasar produk Anda.

Semoga, pembahasan kali ini bermanfaat, dan dapat menjadikan kita sebagai pengusaha yang lebih baik lagi. Salam.

Bagikan ini:

  • Klik untuk membagikan di Facebook(Membuka di jendela yang baru) Facebook
  • Klik untuk berbagi di X(Membuka di jendela yang baru) X

Terkait

Previous Post

Memahami Kedudukan Desa Bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia

Next Post

Tips Usaha Aksesoris bagi Pelaku Usaha Desa dan UMKM

Ryan Ariyanto

Ryan Ariyanto

Ryan Ariyanto aktif berkegiatan untuk desa, pemberdayaan masyarakat dan dunia digital marketing. Selain aktif mengelola sedesa.id, juga sebagai Peneliti Lepas Pusat Studi Ekonomi Kerakyatan UGM. Saat ini bekerja sebagai Analis Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka - Kampus Merdeka Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Related Posts

Sedesa.id Digitalisasi Desa Wisata
Desa Wisata

Digitalisasi Desa Wisata untuk Meningkatkan Kunjungan!

by Ryan Ariyanto
September 9, 2024
0

Sedesa.id Saat ini media digital menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam sebuah industri atau organisasi. Bahkan personal seseorang pun dicitrakan...

Read moreDetails
sedesa.id Strategi Promosi Desa Wisata di Media Sosial IG dan Tiktok
Desa Wisata

Strategi Promosi Desa Wisata di Media Sosial IG dan Tiktok

by Ryan Ariyanto
September 9, 2024
0

Sedesa.id Anda pengelola desa wisata? Sedang mencari cara dan strategi promosi desa wisata di media sosial? Anda sudah berada dalam...

Read moreDetails
Pemasaran Digital untuk Produk Kerajinan dan Hasil Bumi Desa
Materi Digital Marketing Lengkap

Pemasaran Digital untuk Produk Kerajinan dan Hasil Bumi Desa

by Ryan Ariyanto
Mei 14, 2024
0

Sedesa.id Pemasaran digital menjadi salah satu solusi bagi pelaku usaha desa dalam memasarkan produk mereka. Pada kesempatan ini kita akan...

Read moreDetails

Tinggalkan BalasanBatalkan balasan

Archive

Most commented

Kolaborasi Koperasi Merah Putih, UMKM, dan BUMDes untuk Dorong Ekonomi Desa

Peran Koperasi Desa dalam Ketahanan Pangan dan Kesehatan Masyarakat

Sistem Monitoring dan Evaluasi Koperasi Desa Merah Putih

Pendanaan Koperasi Desa Merah Putih: Dari APBN hingga Dana Desa, Siapa Bayar Apa?

Struktur Organisasi Koperasi Desa Merah Putih: Siapa Mengatur, Siapa Diawasi?

Jenis Usaha Koperasi Desa Merah Putih: Jangan Hanya Simpan Pinjam

Seedbacklink
Banner BlogPartner Backlink.co.id
  • About us
  • Terms of service
  • Privacy Policy
Call us: 085643190105

Sedesa.id © 2025

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In
No Result
View All Result
  • Desa
    • Koperasi
    • BUMDes
    • Peluang Usaha
    • Materi dan Publikasi
  • Digital Marketing
  • Nalara Kopi
  • Sedesa TV
  • Layanan
    • Pelatihan Wisata Berkelanjutan
    • Pelatihan Pasar Rakyat

Sedesa.id © 2025

Eksplorasi konten lain dari sedesa.id

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca