• Call: +6285643190105
  • E-mail: sapasedesa@gmail.com
  • Login
  • Register
Education Blog
  • BUMDes
  • Peluang Usaha
  • Digital Marketing
  • Materi dan Publikasi
No Result
View All Result
sedesa.id
No Result
View All Result
Home PUSTAKA Materi Digital Marketing Lengkap

Pelaku Usaha Hindari Perang Iklan Agar Produk Tidak Kehilangan Pasar

Ari Sedesa by Ari Sedesa
September 23, 2020
in Materi Digital Marketing Lengkap
5
Share on FacebookShare on TwitterShare on WhatsappShare on TekegranShare on Tekegran
umkm, usaha desa, pemasaran, promosi, iklan usaha

Saat ini persaingan usaha semakin ketat, perebutan pangsa pasar memaksa produsen memasarkan produk dengan berbagai cara. Salah satu cara adalah dengan membuat iklan produk. Memang, ikan sampai saat ini masih menjadi salah satu media yang efektif dalam memperkenalkan dan mempengaruhi para pembeli.

Iklan produk selama ini bersifat komunikasi searah, dan tidak jarang dibuat dengan berlebihan, hal ini sebenarnya memiliki tujuan utama untuk menggambarkan keunggulan dari produk. Namun tidak jarang, keberadaan iklan justru hanya untuk menjawab tantangan dari iklan produk pesaing, bukan untuk menjawab keinginan atau kebutuhan produk dari calon pembeli. Istilahnya; “perang iklan, perang promosi”.

RelatedPosts

Cara membuat PPT Interaktif dan Contoh

Cara Menentukan Harga Jasa

Download Template Video Instagram Story PTT

Ketika sudah terjebak dalam perang iklan, produsen akan lebih banyak fokus mengamati iklan dan promosi pesaing, dibanding melakukan inovasi produk. Hal ini menjadi berbahaya, mengingat nilai akhir dari sebuah produk adalah diterima atau ditolak oleh pasar. Seharusnya, Anda sebagai produsen, dalam hal ini pengusaha atau pelaku bisnis, menitik beratkan fokus pada keinginan dan kebutuhan pasar “konsumen”, bukan pada pesaing.

Karena, terjebak pada perang iklan, produsen dalam upaya membuat iklan akhirnya melebih-lebihkan, dan menggunakan kalimat atau kata yang dilebih-lebihkan, dibanding menggambarkan keaslian produk, kualitas pada iklan justru lebih banyak memberi informasi kosong. Iklan, tidak lagi menggambarkan isi produk sesungguhnya, “gambar isi dan bungkus berbeda”.

Konsumen saat ini memiliki banyak pilihan dari produk yang mereka butuhkan, sehingga ketika mereka merasa tertipu oleh iklan yang Anda buat secara berlebihan, konsumen dengan mudah akan meninggalkan produk Anda, dan mencari produk lain. Maka, alih-alih mendapat konsumen, Anda justru kehilangan konsumen, dan lebih buruk lagi Anda akan mendapat citra produk yang buruk di mata konsumen.

Ingat, konsumen yang puas akan memberikan rekomendasi kepada rekan atau orang lain untuk membeli produk yang mereka gunakan. Sebaliknya, konsumen yang kecewa juga tidak menutup kemungkinan akan menceritakan pengalaman tidak menyenangkan mereka atas produk Anda kepada orang lain. Dan, pada dasarnya, orang lebih percaya kepada pengalaman seseorang dari pada iklan yang Anda buat.

Karenanya, Anda sebagai pelaku usaha, sebagai produsen sebuah produk, cobalah untuk menghindari perang iklan. Fokuslah, pada inovasi dan pengembangan produk yang Anda miliki. Coba libatkan konsumen Anda, dalam upaya membuat iklan dan promosi. Keterlibatan konsumen dalam promosi. Pada akhirnya, konsumen Anda adalah pemasar produk Anda.

Semoga, pembahasan kali ini bermanfaat, dan dapat menjadikan kita sebagai pengusaha yang lebih baik lagi. Salam.

Bagikan ini:

  • Twitter
  • Facebook
Previous Post

Memahami Kedudukan Desa Bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia

Next Post

Tips Usaha Aksesoris bagi Pelaku Usaha Desa dan UMKM

Ari Sedesa

Ari Sedesa

Ari Sedesa aktif berkegiatan untuk desa, pemberdayaan masyarakat dan dunia digital marketing. Saat ini, selain aktif mengelola sedesa.id juga aktif sebagai asisten peneliti di Pusat Studi Ekonomi Kerakyatan Universitas Gadjah Mada.

Related Posts

Cara Membuat PPT Interaktif dan Contoh sedesa.id
Materi Digital Marketing Lengkap

Cara membuat PPT Interaktif dan Contoh

by Ari Sedesa
Maret 23, 2023
0

Sedesa.id Bagaimana Cara membuat PPT Interaktif? Dalam presentasi PowerPoint tradisional, audiens biasanya hanya menonton slide secara pasif. Namun, dengan menggunakan...

Read more
Cara Menentukan Harga Jasa Sedesa.id
Materi Digital Marketing Lengkap

Cara Menentukan Harga Jasa

by Ari Sedesa
Maret 21, 2023
0

Sedesa.id Bagaimana cara menentukan harga jasa? Bagi pelaku usaha menentukan sebuah harga bukanlah persoalan yang mudah, baik usaha barang atau...

Read more
Strategi Jualan Di Instagram Story
Materi Digital Marketing Lengkap

Download Template Video Instagram Story PTT

by Ari Sedesa
April 15, 2022
0

Silakan download Template Video Instagram Story dan ubah sesuai dengan kebutuhan. Template video instagram ini gartis.

Read more

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Archive

Most commented

Peran Penting Desa dalam Pemilihan Presiden di Indonesia: Suara Desa, Suara Bangsa

Mengunjungi Makam Pahlawan Nyi Ageng Serang di Menoreh

Berkunjung ke Wisata Religi Menoreh Taman Doa Bunda Maria

Tenun Santa Maria Boro: Memperkaya Warisan Budaya dan Ekonomi di Kulon Progo

Ayo Eling Kakao! Pesan KWT Pawon Gendis setelah 10 Tahun Kembangkan Kewirausahaan Perempuan Desa

Modal 100 Ribu Sudah Bisa Bisnis Ikan Hias

  • About us
  • Terms of service
  • Privacy Policy
Call us: 085643190105

Sedesa.id © 2023

No Result
View All Result
  • BUMDes
  • Peluang Usaha
  • Digital Marketing
  • Materi dan Publikasi

Sedesa.id © 2023

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In