Visi Misi Calon Kepala Desa Yang Baik

Visi Misi Calon Kepala Desa Yang Baik

Sedesa.id Pentingnya visi misi calon kepala desa. Pemilihan calon kepala desa (kades) merupakan pesta demokrasi lokal desa yang sangat menarik. Sebagai masyarakat desa kita akan menentukan pilihan, siapa yang akan mendapat amanat memimpin selama satu periode mendatang.

Pemilihan kepala desa biasanya akan ramai, sama halnya dengan pemilihan presiden, hanya saja suasana politik terjadi pada lokal desa. Terlebih ketika calon yang ada hanya dua. Tentu suasana atau iklim politik akan terasa.

Melalui pemilihan kepala desa ini, bagi saya pribadi melihat adanya proses pendewasaan bagi kehidupan politik lokal desa. Kita bisa belajar bagaimana memilih pemimpin secara baik dan benar.

Memilih pemimpin dengan melihat lebih dalam bagaimana sepak terjang mereka, salah satunya ketika berbicara pemilihan kades maka melalui visi dan misi calon kades. Maka penting bagi kita memahami visi misi setiap calon.

Ciri-ciri Visi Misi Calon Kepala Desa yang baik

Ciri Ciri Visi Misi Yang Baik
Ilustrasi Menuju Cita-cita Bersama

Seperti apa ciri-ciri visi misi kepala desa yang baik? Pertanyaan ini sering saya dapatkan melalui grup diskusi. Tentu saya tidak dapat menjawab secara pasti. Karena visi misi kepala desa bisa saja bagus, namun belum tentu mengandung niat yang tulus.

Mengapa saya menyimpulkan demikian? Kita tahu bahwa kepala desa merupakan jabatan yang bersifat politik. Boleh jadi visi misi kepala desa dibuat semenarik mungkin, tujuannya agar terpilih. Maka tidak menjadi ukuran apakah visi dan misi akan dijalankan setelah terpilih.

Namun secara umum, jika membaca dari kulit luar visi misi calon kepala desa yang baik, ciri-cirinya paling tidak memuat hal-hal sebagai berikut:

  1. Visi misi kepala desa singkat. Hal ini berarti visi dan misi kepala desa akan mudah diingat dan mudah dipahami.
  2. visi misi kepala desa konsep sederhana dan padat. Konsep sederhana yang dimaksud adalah tidak menggunakan kata-kata yang sulit dimengerti. Kemudian padat yaitu langsung pada poin penting.
  3. Visi misi kepala desa menyentuh emosi. Dalam membuat visi misi harus bisa menyentuh sisi emosi, nalar dan perilaku masyarakat. Ketika kita membaca visi misi dan merasa masuk akal, berarti mengandung ciri yang baik.

Sekali lagi, uraian mengenai ciri-ciri yang saya sebutkan adalah sebatas pemaknaan saya ketika melihat kampanye calon kepala desa. Lebih lengkap bagaimana kita sebagai masyarakat menentukan pilihan melalui visi misi dan program kerja calon kepala desa, dapat dibaca dalam artikel berikut: Memahami Calon Kades Yang Layak Pilih

Pentingnya Visi Misi Calon Kepala Desa

Mengapa visi misi calon kepala desa begitu penting? Hal ini tentu saja karena melalui visi misi calon kades, para pemilih akan mengetahui apa yang menjadi daya tawar dari calon kepala desa.

Selain itu, visi misi calon kades juga sangat penting nantinya setelah mereka terpilih. Penting untuk terus dipantau, bagaimana visi misi dan program kerja kepala desa dijalankan.

Apakah hanya sebatas janji kampanye, atau benar-benar dapat menjadi arah baru dalam pembangunan dan pengembangan desa. Nah, berikut adalah pentingnya visi misi calon kepala desa:

1. Menjadi Arah Dari Kepemimpinan Dalam Satu Periode

Periode kepemimpinan atau masa jabatan kepala desa adalah 6 tahun. Masa jabatan ini dapat diperpanjang lagi untuk 3 kali masa jabatan berikutnya dalam pemilihan kepala desa secara berturut-turut atau tidak.

Nah dalam periode 6 tahun tersebut, kita sebagai masyarakat akan melihat bagaimana dan ke mana arah dari kepemimpinan kepala desa yang akan kita pilih nantinya.

Secara umum visi dan misi calon kades dibuat dengan berbagai pertimbangan dan melihat proyeksi jangka panjang. Maka visi dan misi kepala desa harus sejalan dengan visi dan misi besar dari desa itu sendiri.

Mengapa penting melihat visi misi kepala desa harus selaras dengan visi dan misi besar desa? Karena visi misi kepala desa nantinya akan menjadi landasan dasar bagi berjalannya roda pemerintahan dalam satu periode kepemimpinan kepala desa.

Maka bisa kita ambil kesimpulan mengapa satu periode ini sangat penting untuk bisa termuat dalam visi misi calon kepala desa? Karena melalui visi misi ini kita bisa melihat sebuah pandangan calon kepala tentang tujuan jangka panjang desa atau rencana dan program kerja yang akan dicapai dalam masa jabatannya kelak.

2. Memetakan Keinginan Secara Jelas

Sebagai pemilih penting bagi kita untuk bisa melihat dengan  jelas apa yang menjadi maksud pencalonan kepala desa. Salah satu yang dapat kita lihat adalah dari visi misi yang mereka tawarkan.

Dari sisi calon kepala desa pun demikian. Pentingnya visi misi calon kades adalah untuk memetakan keinginan calon kepala desa secara jelas kepada masyarakat. Apa yang menjadi keresahan hati sehingga maju sebagai calon kepala desa, juga untuk memetakan apa yang menjadi prioritas kerja selama menjabat sebagai kepala desa.

Memiliki visi dan misi yang konkret dan sesuai dengan realitas di masyarakat. Maka calon kepala desa sudah berhasil dalam memetakan secara jelas, apa saja yang menjadi dasar tujuan memberanikan untuk maju sebagai calon kepala desa.

Dengan memetakan keinginan secara jelas, maka harapannya dapat berkesinambungan dengan cita-cita atau visi dan misi bersama. Jika demikian maka, apa yang menjadi visi misi calon kades dapat memberikan dampak yang signifikan pada peningkatan pembangunan dan kemajuan desa.

3. Visi Misi Calon Kepala Desa Sebagai Alat Bantu Mewujudkan Visi Bersama

Pentingnya visi misi calon kepala desa adalah sebagai alat bantu mewujudkan tujuan bersama. Seperti sudah saya singgung sebelumnya., desa memiliki visi dan misi besar yang mana visi misi desa adalah visi misi masyarakatnya.

Maka, keberadaan dari visi misi calon kades bisa menjadi alat bantu dalam mewujudkan visi dan misi bersama. Oleh sebab itu penting bagi pemilih untuk melihat apakah visi dan misi calon kades sejalan dengan visi dan misi masyarakat secara umum dan visi besar dari desa kita.

Ketika dalam masa kampanye dan calon kepal desa memaparkan apa yang menjadi visi misi serta program kerja mereka. Sebagai masyarakat kita harus bisa melihat dengan jelas, apakah nantinya  misi calon kepala desa dapat berperan sebagai alat bantu, bahkan cara mencapai visi utama desa.

Penting juga dipahami bahwa pernyataan visi dan misi yang jelas akan menuntun pemerintah desa dalam merumuskan, merencanakan dan menjalankan strategi apa yang akan digunakan sehingga apa yang menjadi tujuan awal bersama dapat tercapai.

Contoh Visi Misi Calon Kepala Desa Secara Umum

Contoh Visi Misi Calon Kepala Desa Yang Baik
Ilustrasi Kampanye Kades

Saya sering melihat visi misi calon kades, baik secara langsung atau pun tidak langsung. Baik visi misi calon yang terpasang dalam bentuk baliho atau pun kampanye melalui media sosial. Secara umum visi misi calon kades mirip-mirip sebagai berikut:

Visi: Mewujudkan masyarakat sebagai bagian utama dalam pembangunan menuju NAMA DESA yang harmonis, dinamis dan agamis.
Misi:
1. Menjalankan pola kepemimpinan sebagai kendali utama dalam pengelolaan pemerintahan
2. Melakukan perubahan pola pikir serta meningkatkan budaya kerja yang prima bagi pemerintah desa
3. Menumbuhkembangkan partisipasi dan peran swadaya masyarakat NAMA DESA sehingga terbentuk fondamen yang kokoh.
4. Terciptanya potensi unggulan desa melalui peningkatan Sumber Daya Manusia dan produktivitas generasi muda.

Visi: Membangun Desa Yang Tertib, Terpenuhi, Aman, Dinamis dan Unggul
Misi:
1. Menjalankan tata Pemerintahan yang bersih
2. Meningkatkan keimanan dan ketakwaan masyarakat
3. Meningkatkan pembangunan infrastruktur berlandaskan pemerataan dan gotong royong
4. Meningkatkan sumber daya masyarakat
5. Menjalankan iklim musyawarah mufakat

Bagaimana menurut Anda contoh visi misi tersebut? Apakah masuk akal? Apakah ada kaitan antara visi dan misi? Atau masih terasa sekedar membuat, sekedar untuk kampanye? Saya juga merasa banyak visi misi calon kades yang tidak mengena, alias terasa hambar.

Seperti halnya yang saya sebutkan sebagai contoh. Memang dalam membuat visi dan misi calon kades masih banyak yang asal-asalan, karena masih memandang tidak penting. Begitu juga pemilih, belum bisa memastikan pilihan melalui visi dan misi karena visi misi calon ala kadarnya.

Lebih lengkap mengenai contoh visi dan misi calon kades beserta program kerja kepala desa pernah saya tulis sebelumnya bisa melihat dalam artikel berikut: Contoh Visi dan Misi serta Program Kerja Calon Kades

Kesimpulan

Jika kita berbicara upaya memajukan desa, maka menjadi sangat penting visi misi calon kades. Penting bukan sekedar hanya untuk mendapatkan suara, namun jauh dari itu adalah untuk mewujudkan cita-cita desa, cita-cita kita bersama.

Maka, sebagai pemilih kita benar-benar harus bisa melihat bagaimana sepak terjang dan rekam jejak dari calon kepala desa yang maju. Jangan sampai salah pilih, jangan tertipu oleh janji, apa lagi mau dibeli. Sudah cukup kita belajar dari proses demokrasi desa yang carut marut sebelumnya, hentikan politik uang, saatnya mencari kepala desa yang benar-benar mengerti tujuan untuk memajukan desa.

Demikian pembahasan kita kali ini mengenai pentingnya visi misi calon kepala desa. Semoga dapat memberikan gambaran dan menjadi referensi bagi kita bersama. Tetap semangat membangun desa, jangan lelah. Terima kasih. Salam. Ari Sedesa.id

Artikel Menarik
Menuju Desa Digital Apa Persiapan Kita
Menuju Desa Digital Apa Persiapan Kita?