Pengalaman Berbeda Kegiatan KKN Daring Bersama Universitas Mercu Buana

Video Materi KKN Daring Digital Marketing

Sedesa.id Kondisi saat ini memaksa kita untuk tetap tinggal dalam rumah. Membatasi kegiatan yang melibatkan orang banyak atau kerumunan. Maka berbagai kegiatan pun kemudian melalui perangkat teknologi. Salah satunya adalah dengan model belajar dari rumah, kuliah dari rumah, dan Kuliah Kerja Nyata Daring dari rumah atau kita umum menyebutnya KKN Daring.

Saya sendiri telah beberapa kali mengisi KKN daring melalui aplikasi Zoom. Memang masih terjadi berbagai kendala teknis, hal paling dasar adalah perihal koneksi internet. Kurangnya koneksi internet yang stabil menjadikan penyampaian KKN online sering kali terganggu.

Sehingga perlu adanya model lain, salah satunya adalah yang dilakukan oleh Kelompok KKN Universitas Mercu Buana, yaitu dengan membuat video pembelajaran yang nantinya akan dikirim secara langsung menggunakan flashdisk kepada peserta atau warga desa tempat tujuan KKN daring.

Catatan KKN Daring Digital Marketing

Sering saya sampaikan dalam catatan penulis, bahwa keberadaan digital marketing harus menjadi perhatian bagi pelaku usaha, tidak terkecuali pengusaha lokal desa. Mengapa? Karena sistem dan cara belanja mulai berubah, hal ini menjadikan saluran pemasaran pun berubah. Jika sebelumnya orang memerlukan tempat untuk pertemuan penjual dan pembeli, saat ini tempat telah berganti bukan lagi fisik namun online.

Apa saja yang menjadi catatan KKN daring digital marketing? Selama saya mengisi KKN online, Menjadi Pemateri Kegiatan KKN Daring, baik secara langsung di tahun 2019 ketika belum ada wabah pandemi, atau di tahun 2020 ini dalam kondisi melalui sarana online. Catatan terpenting adalah belum meratanya pengetahuan dan akses.

Pengetahuan melalui digital marketing masih sangat kurang, belum lagi warga sudah terbiasa dengan model pemasaran langsung atau konvensional. Kondisi pasar yang masih dirasa mapan, menjadikan mereka enggan melebarkan sayap pemasaran online. hal ini juga karena masih terbatasnya akses, tidak hanya sekedar akses jaringan internet, namun akses untuk mereka menjalankan strategi digital marketing.

Pemahaman paling dasar misalnya untuk kebutuhan digital marketing, seperti saya sampaikan dalam video yang saya sertakan dalam postingan ini, jangan dianggap mudah bagi warga desa atau pelaku usaha UMKM. Bukan berarti mereka tidak paham, tapi kembali pada merasa belum membutuhkan model pemasaran digital.

Video KKN Online Universitas Mercu Buana; Digital Marketing Dasar

Video menjadi salah satu solusi bagaimana Kuliah Kerja Nyata Online dapat berlangsung ketika ada kendala teknis berupa jaringan internet. Cara mengirim video pun beragam, mulai dari mengunggah kemudian mengirim file untuk diunduh. Sampai pada mengirim langsung video tersebut ke Desa tujuan KKN.

Pelaku usaha desa harus bisa hadir dalam model pemasaran digital. Kita tidak ingin produk yang ada kemudian tidak mendapatkan serapan pasar, karena kalah dalam model pemasaran baru. Sehingga sebisa mungkin warga pun memahami bagaimana mempromosikan dan menjual produk mereka secara online. Jualan online biasa kita menyebutnya.

Salah satu video mengenai pembelajaran digital marketing dalam KKN online telah saya bagikan di saluran Youtube saya. Silakan dapat menyimak dalam video berikut ini.

Catatan KKN DARING Universitas Mercu Buana, Materi Digital Marketing! Saya sampaikan untuk kegiatan KKN Kelompok 40 UMB Yogyakarta. Saya sudah beberapa kali mengisi KKN Online dari berbagai kampus dengan berbagai kondisi yang ada. Kondisi lapangan terkait dengan teknis. Memang tidak mudah, namun bukan berarti tidak bisa kita lakukan bersama-sama.

Perilah output KKN Online? Saya selama ini mengisi materi digital marketing untuk warga desa. Ketika KKN daring, materi yang sama juga yang saya sampaikan. Poinnya adalah keberlanjutan. Saya terus memantau bagaimana apa yang saya sampaikan dipraktikkan oleh warga.

Saya tidak berhenti pada satu materi, selesai hilang. Tidak. Berlanjut melalui pendampingan jarak jauh. Dan ini bisa dilakukan. Ini jawaban bagaimana KKN Online bisa memberikan output sesuai keinginan atau tujuan KKN Daring.

Jadi KKN Daring, Pembelajaran Daring? Mengapa tidak. Ya, dengan berbagai cara dan gaya menyesuaikan situasi dan kondisi masing-masing tentu saja. Demikian pembahasan kali ini, menegnai KKN daring DIgital Mrketing. Semoga bermanfaat, terima kasih. Salam. Ari Sedesa.id

Artikel Menarik
Manfaat Teknologi Informasi bagi BUMDes dan UMKM
Manfaat Teknologi Informasi bagi BUMDes dan UMKM