KKN Daring
Mengisi Workshop Pembekalan KKN DARING IAIN SURAKARTA

Sedesa.id KKN Daring? Mengapa tidak! Beberapa waktu belakang, menjadi langganan kampus untuk membuat konten KKN Daring. Konten ini akan didistribusikan ke berbagai saluran digital nantinya. Juga permintaan untuk mengisi kegiatan KKN melalui aplikasi Zoom.  Temanya, tidak jauh dari apa yang saya tuliskan untuk blog saya ini www.sedesa.id

Hari ini alhamdulilah bisa menyelesaikan tugas untuk memberi sedikit pengalaman proses pembuatan konten kreatif digital, dalam Workshop Penyusunan Konten Pembekalan KKN Daring IAIN SURAKARTA secara langsung,  dengan protokol kesehatan dan jaag jarak seperti pada foto.

Bicara Kampus IAIN SURAKARTA bicara konten kreator, bicara membuat video pembelajaran dan pemanfaatan Youtube atau media sosial sebagai media pembelajaran, maka bicara salah satu dosen muda milenial IAIN SURAKARTA @ferdiarifin dengan channel Youtube KVFA.

Dosen Milenial Lebih Dulu Siap Dengan Situasi Daring

Melalui catatan penulis ini, saya patut mengapresiasi banyak dosen yang sudah sadar betul bagaimana dunia pendidikan berubah. Keberadaan era digital ini pun jauh hari sudah menyentuh model pembelajaran gaya lama.

Barang kali kita hanya dipercepat untuk berubah dari model konvensional ke model digital. Tidak lain karena adanya wabah atau pandemi. Ini juga yang belakang menjadikan KKN Daring sering mendapat label sebagai KKN COVID atau KKN Korona.

Hanya sebuah istilah tentunya. Maksudnya tetap sama, yaitu pelaksanaan KKN Daring atau KKN Online. Bagaimana kondisi yang tidak dapat berkumpul, kemudian tetap harus melaksanakan kewajiban yaitu Kuliah Kerja Nyata bagi mahasiswa.

Dosen sadar perubahan, dan memanfaatkan keberadaan platform digital untuk memudahkan pembelajaran. Jauh di pulang sebarang, sahabat saya yang juga dosen milenial Sulkifly Said juga sudah memanfaatkan media digital untuk pembelajaran sejak lama. Sahabat saya ini menjadi salah satu mentor saya dalam membuat konten.

Curi start memanfaatkan platform digital bagi para pengajar tentu saja saya apresiasi. Karena sejak awal dengan membuat konten pembelajar bagi dosen akan sangat memudahkan. Misal, ketika berhalangan hadir, bisa langsung menggunakan materi video yang sudah ada. Atau istilahnya elearning.

Nah bicara hari ini, ketika semua dosenmau tidak mau sadar digital, mau tidak mau harus paham dan beralih. Maka, memang sudah waktunya. Hanya saja pemantiknya ketika menghadapi situasi seperti harus belajar dari rumah seperti saat ini.

KKN Daring? Mengapa Tidak!

Banyak kritik mengenai keputusan pelaksanaan KKN Daring. Mereka mempertanyakan apa hasilnya, bagaimana infrastruktur internet yang belum merata? Bagaimana pelaksanaan bisa maksimal?

Sesuatu yang baru memang demikian adanya. Bagi saya kritik yang ada baik, namun lebih baik ketika kita bersama menyempurnakan model pelaksanaan KKN Daring. Tidak dapat kita elak, memang jaringan internet menjadi modal penting dalam pelaksanaan KKN Online, namun ingat, bukan berati tidak ada cara mengatasinya.

Saya melihat bagaimana Dosen Pembimbing Lapangan sudah sangat paham dan siap dengan KKD Daring. Begitu juga dengan mahasiswa yang KKN Daring tahun ini. Berbagai program kerja dan persiapan telah dihitung dan direncanakan semaksimal mungkin.

Saya sudah beberapa kali mengisi KKN Online dari berbagai kampus dengan berbagai kondisi yang ada. Kondisi lapangan terkait dengan teknis. Memang tidak mudah, namun bukan berarti tidak bisa kita lakukan bersama-sama.

Perilah output KKN Online? Saya selama ini mengisi materi digital marketing untuk warga desa. Ketika KKN daring, materi yang sama juga yang saya sampaikan. Poinnya adalah keberlanjutan. Saya terus memantau bagaimana apa yang saya sampaikan dipraktikkan oleh warga.

Saya tidak berhenti pada satu materi, selesai hilang. Tidak. Berlanjut melalui pendampingan jarak jauh. Dan ini bisa dilakukan. Ini jawaban bagaimana KKN Online bisa memberikan output sesuai keinginan atau tujuan KKN Daring.

Jadi KKN Daring, Pembelajaran Daring? Mengapa tidak. Ya, dengan berbagai cara dan gaya menyesuaikan sitauasi dan kondisi masing-masing tentu saja.

Ingin mengetik panjang. Tapi sudah terlalu lelah pulang pergi Jogja Surakarta. Kita sambung lagi dalam catatan selanjutnya. Semoga sempat pada artikel lain akan membahas bagaimana penyusunan konten pembekalan KKN Daring. Semoga bermanfaat. Salam. Ari Sedesa.id

#kkndaring #iainsurakarta #kontendigital #workshoop #videopembelajaran

Artikel Menarik
Download template powerpoint video
Download Template Powerpoint Video Instagram Story Gratis