Manfaat Peta Desa

Manfaat Peta Desa Di Era Digital

Sedesa.id Berbagai potensi lokal desa, khususnya destinasi wisata desa akan mudah mendapatkan kunjungan ketika telah memiliki peta desa. Lebih tepatnya peta digital. Karena saat ini kebutuhan akan penunjuk jalan secara daring sudah menjadi kebutuhan. Ini baru salah satu dari sekian banyak manfaat peta desa di era digital seperti saat ini.

Pengertian Peta Desa adalah gambaran dari pada keseluruhan permukaan bumi baik keadaan alam, ekonomi dan sosial budaya yang dibuat pada permukaan datar yang diperkecil dengan skala tertentu dan diwakili dengan simbol tertentu sebagai tanda pembatas antar desa baik berupa batas alam maupun batas buatan.

Pengertian batas desa adalah pembatas wilayah administrasi pemerintahan antar Desa yang merupakan rangkaian titik-titik koordinat yang berada pada permukaan bumi. Batas desa ini dapat berupa tanda-tanda alam seperti igir/punggung gunung/pegunungan (watershed), median sungai dan/atau unsur buatan yang dituangkan dalam bentuk peta desa.

Apa itu batas alam? Adalah unsur-unsur alami seperti gunung, sungai pantai, danau dan lain sebagainya yang dinyatakan atau ditetapkan sebagai batas desa. kemudian yang dimaksud dengan batas buatan adalah unsur-unsur buatan manusia seperti pilar batas, jalan, rel kereta api, saluran irigasi dan lain sebagainya yang dinyatakan atau ditetapkan sebagai batas Desa.

Keberadaan peta desa sangat penting bagi desa. Peta desa bukan hanya sekedar untuk menggambarkan lokasi dan tapal batas semata. Namun, dapat memberikan kejelasan dan kepastian hukum terhadap batas wilayah suatu desa. Nah, terdapat tahapan-tahapan dalam penetapan batas desa diatur melalui Permendagri Nomor 45 Tahun 2016 tentang Pedoman dan Penegasan Batas Desa.

Intinya dengan adanya peta desa maka menjadi jelas batas antar desa. Kemudian juga akan mempermudah bagi desa melihat potensi yang ada. Dengan bantuan peta desa, pemerintah desa atau pihak yang berkepentingan dalam pembangunan dan pengembangan desa, bisa mendapatkan informasi terkait apa saja yang ada di desa tersebut.

Manfaat Peta Desa Secara Umum

Kembali pada pokok pembahasan artikel ini yaitu apa saja manfaat dari peta desa. Jika kita tarik secara umum, peta desa memiliki banyak sekali manfaat, baik untuk pemerintah, masyarakat, atau pun umum. Berbagai manfaat tersebut antara lain sebagai berikut:

  1. Peta desa bermanfaat untuk memberikan gambaran fisiografi secara umum atas permukaan bumi pada suatu daerah/wilayah (bentuk, relief, iklim, jenis tanah, jenis vegetasi).
  2. Dengan peta desa maka mampu untuk menunjukkan dan menggambarkan lokasi atau letak suatu kawasan atau wilayah atau obyek geografis lainnya.
  3. Peta desa bermanfaat untuk memperlihatkan ukuran (luas, bentuk, arah, dan jarak) suatu obyek geografi peta.
  4. Dengan peta desa kita bisa mengetahui keadaan sosial, budaya, ekonomi suatu daerah (jumlah penduduk, persebaran penduduk).
  5. Keberadaan peta desa dapat menjadi alat bantu pendidikan untuk mempelajari muka bumi dan segala fenomena geografi.
  6. Lebih jauh, peta desa juga dapat menjadi alat bantu analisis suatu penelitian, khususnya penelitian suatu kawasan pedesaan.

Di atas, adalah manfaat peta desa secara umum. Nah, dalam perkembangannya peta desa juga memiliki manfaat dalam promosi atau menarik kunjungan wisatawan ke desa. Ini tidak lepas dari peran perkembangan teknologi informasi, yang mana orang mencari segala sesuatu melalui internet.

Manfaat Peta Desa Di Era Digital

Apa yang akan Anda lakukan ketika ingin berkunjung ke suatu daerah yang baru? Salah satu yang akan Anda lakukan adalah mencari rute menuju daerah tersebut, caranya dengan melakukan pencarian baik itu melalui mesin pencari atau pun melalui aplikasi penunjuk jalan daring seperti Google Map.

Bayangkan jika ternyata desa Anda memiliki banyak potensi wisata, bahkan sudah membuat berbagai destinasi wisata melalui unit usaha BUM Desa wisata atau pun kelompok sadar wisata. Namun ternyata, destinasi Anda tersebut belum ada dalam mesin pencari, tidak bisa ditemukan di internet. Apa yang akan terjadi?

Tentu jawabannya, orang tidak akan berkunjung. Jika pun ada yang berkunjung tentu adalah orang sekitar, atau bahkan warga desa itu sendiri yang telah mengetahui keberadaan dari destinasi wisata tersebut. Orang luar, mungkin mendengar informasi dari destinasi wisata Anda, namun mereka tidak berkunjung karena tidak mengetahui rute menuju desa wisata Anda.

Nah, bayangkan jika destinasi Anda sudah Anda daftarkan atau Anda buatkan peta digital, Anda buat penunjuk jalan daring. Maka, pengunjung akan mudah mengikuti rute yang ada, kemudian mereka bisa dengan mudah sampai ke desa Anda.

Terlebih ketika Anda menerapkan strategi promosi desa wisata melalui pemasaran online untuk produk desa Anda dalam hal ini wisata Anda. Maka penting untuk mempersiapkan terlebih dahulu kebutuhan dasar bagi kemudahan orang berkunjung, yaitu peta rute daring.

Membuat Peta Desa Yang Interaktif

Peta desa sejauh ini masih peta yang umum. Pembaharuan yang cukup signifikan misalnya baru pada model peta daring. Nah, peta daring atau peta online ini bisa Anda maksimalkan dengan cara membuat peta yang interaktif. Seperti apa peta yang interaktif? Yaitu peta online yang mampu memberikan banyak pilihan informasi.

Contohnya, ketika orang akan berkunjung ke desa Anda, mereka tidak hanya melihat satu destinasi, namun bisa terkoneksi dengan berbagai destinasi yang lain. Bukan hanya destinasi wisata desa, mungkin juga tujuan-tujuan berupa UMKM lokal, atau kebudayaan lokal dan lain sebagainya.

Berbagai kekayaan dan potensi lokal ini bisa kita hadirkan dalam bentuk peta desa interaktif. Tentu ini membutuhkan waktu dan biaya khusus dalam membuatnya. Namun manfaat besar akan Anda dapatkan, karena akan terjadi integrasi sosial-ekonomi dan potensi desa, yang termuat dalam peta desa interaktif.

Jika Anda membutuhkan pelatihan pembuatan peta desa yang tidak sekedar peta, maka Anda bisa memulai membuat peta desa interaktif. Untuk kebutuhan ini Anda bisa menggunakan jasa rekanan kamu. Silakan hubungi kami melalaui tautan Whatsapp berikut: 085643190105

Demikian pembahasan kita kali ini mengenai manfaat peta desa. Pada intinya peta desa sangat bermanfaat dan penting. Lebih lagi dalam era digital seperti saat ini. Terima kasih telah membaca. Tetap semangat dalam membangun desa. Salam. Ari Sedesa.id

Artikel Menarik
Desa Wisata Lembah Kalipancur Sedesa.id
Desa Wisata Lembah Kalipancur Eduwisata Semarang