Contoh Perdes Posko Desa 2021 PPKM Desa

Contoh Perdes Posko Desa 2021 PPKM Desa

Sedesa.id Pandemi belum juga berakhir, berbagai upaya terus dilakukan oleh pemerintah. Upaya pencegahan, upaya pemberantasan, dan pemutusan rantai persebaran. Terbaru kita tahu ada kabar baik dengan mulai terlaksananya vaksinasi. Guna mendukung setiap upaya melawan covid-19, maka pemerintah melakukan berbagai upaya sampai ke desa.

Salah satu upaya nyata tersebut adalah dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Skala Mikro, dan Relawan Desa Aman Covid-19. Hal ini perlu adanya Peraturan Desa, di akhir artikel ini sahabat bisa mendowload contoh Perdes Posko Desa 2021 PPKM Desa.

Perdes Posko Desa, Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Skala Mikro, dan Relawan Desa Aman Covid-19 dibuat atas dasar Peraturan dan Surat Edaran Menteri. Tidak hanya menteri desa, namun kementerian terkait, diantarnya Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Kementerian Dalam Negeri, dan Kementerian Keuangan.

Sejauh ini upaya pencegahan covid-19 di desa telah dilakukan dan terbukti efektif menekan, dan menjadikan desa tetap aman. Berbagai program yang ada pun kemudian diupayakan agar mendukung upaya pencegahan dan penanggulangan dampak dari pandemi. Kita tahu adanya BLT Dana Desa yang mana guna tetap mendukung daya beli masyarakat desa. Kemudian bagaimana program Padat Karya Tunai Desa yang telah dijalankan.

Hal-hal Yang Perlu Diperhatikan dalam Perdes Posko Desa 2021

Bahwa dalam rangka pengendalian pencegahan dan penanggulangan Penyebarluasan Corona Virus Disease (COVID-19) di Desa maka perlu penerapan pembatasan kegiatan masyarakat skala mikro melalui pelaksanaan Optimalisasi Peran Relawan Desa Aman Covid-19 (Posko Desa yang di tetapkan dalam Peraturan Desa.

Nah dalam pembuatan Peraturan Desa, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan. Beberapa hal itu, di antaranya :

  1. Bagaimana penerapannya di lingkungan masyarakat Desa,
  2. Seperti apa kriteria, dan zonasi pelaksanaannya,
  3. Bagaimana pembagian timnya dan apa tugas-tugas tim itu,
  4. Seperti apa susunan strukturnya,
  5. Apa kewajiban setiap warga Desa atas aturan itu,
  6. Apa larangannya,
  7. Apa sanksi yang akan diberikan bila melanggar aturan itu,
  8. Bila terjadi kendala harus berkoordinasi dengan siapa,
  9. Kapan diundangkan, dan terakhir
  10. Bagaimana pembiayaan atas terbitnya peraturan Desa tersebut.

Hal-hal di atas perlu untuk kita jadikan fokus atau perhatian khusus, tujuannya tentu saja agar pelaksanaan program dapat berjalan sesuai dengan tujuan. Agar kita bersama-sama bisa saling jaga dan saling mengawal berjalannya program yang bermanfaat ini.

Download Contoh Perdes Posko Desa 2021

Silakan untuk memahami atau melihat lebih jauh mengenai Peraturan Desa tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat dan Pelaksanaan Desa Aman Covid-19 (Posko Penanganan Covid-19). Anda bisa mendownload contoh perdes posko desa 2021 melalui tautan berikut: Contoh Perdes Posko Desa 2021

Demikian pembahasan kita kali ini, semoga memberikan manfaat dan gambaran bagi kita semua. Tetap saling jaga jarak, cuci tangan, dan pakai masker, semoga pandemi  ini cepat berlalu.

Artikel Menarik
Musyawarah Desa dan Musyawarah Antar Desa Dalam PP Nomor 11 tahun 2021 tentang BUM Desa
Musyawarah Desa dan Musyawarah Antar Desa Dalam PP Nomor 11 tahun 2021 tentang BUM Desa