Membuat LPJ BUMDes 2020

Cara Membuat LPJ BUMDes 2020

Sedesa.id Badan Usaha Milik Desa, memiliki kewajiban dalam setiap satu periode pengelolaan yaitu membuat Laporan Pertanggung Jawaban BUMDes. Tidak terasa kita sudah memasuki bulan ke 11, yang mana kita perlu untuk segera mempersiapkan LPJ BUMDes 2020.

Tahun 2020 menjadi tahun yang berbeda. Sepanjang tahun kita mengalami berbagai persoalan terkait dengan kondisi kita saat ini. Kondisi ini jelas saja menjadikan berbagai rencana usaha berubah. Tidak sedikit yang kemudian putar haluan dari rencana sebelumnya.

BUMDes membuktikan mampu berada dalam kondisi kritis! Itu kata kunci yang patut kita pegang dan jadikan landasan semangat kita dalam membangun desa dan BUMDes. Di tengah perusahaan besar yang gulung tikar, unit usaha BUMDes justru banyak yang menjadi solusi dan jalan keluar dari kondisi kritis.

Kita bisa melihat banyak contoh keberhasilan desa dan BUMDes dalam menghadapi situasi sulit. Misalnya dengan lahirnya BUMDes digital di berbagai daerah. Yang mana melalui keberadaan BUMDes digital ini kegiatan ekonomi masyarakat desa dapat terus berjalan.

Lebih lagi misalnya kita bisa melihat bagaimana pemerintah desa menginisiasi terwujudnya Pasar Desa Online. Kita bisa melihat keberadaan pasar desa baik dalam pengelolaan BUMDes sebagai unit usaha, atau pun dalam pengelolaan pemerintah, pasar desa dapat berkembang dan memulai debut dalam pemasaran digital.

Begitu juga dengan BUMDes yang menjalankan unit usaha Desa wisata. Walau harus berjuang luar biasa keras, nyatanya BUMDes membuktikan mereka bisa bertahan dan bangkit. Kini BUMDes tujuan wisata sebagai contoh; Desa Wisata Nglanggeran, Puri Mataram, atau Umbul Ponggok sudah kembali hadir. Menjadi destinasi wisata pilihan baik lokal atau pun manca negara.

Contoh Sistematika Penyusunan LPJ BUMDes

Dalam membuat LPJ BUMDes tidak boleh asal buat. Kita harus menggunakan sistematika dalam penyusuan sebuah laporan layaknya perusahaan pada umumnya. Ini karena BUMDes merupakan badan usaha, dan sudah sewajibnya bersikap profesional dalam pengelolaannya termasuk ketika membuat Laporan Pertanggung Jawaban BUMDes.

Berikut adalah contoh sistematika dalam penyusunan laporan pertanggungjawaban Bumdes:

Kata Pengantar
Daftar Isi

BAB I. Pendahuluan
1. Latar belakang2. Visi3. Misi4. Dasar Hukum5. Profil BUMDes

BAB II. Laporan Umum

1. Penggalian Potensi
2. Pembentukan Unit Usaha
3. Penyertaan Modal Desa

BAB III. Arah Kebijakan yang Telah Ditempuh

BAB IV. Pelaksanaan Pengelolaan, Permasalahan Program Kerja dan Keuangan

1. Pelaksanaan Kegiatan
2. Permasalahan.
3. Program Kerja
4. Laporan Keuangan

BAB V. Penutup
Lampiran – Lampiran

Donwload Contoh Laporan Pertanggung Jawaban BUMDes

Mungkin ada pembaca yang baru masuk dalam kepengurusan BUMDes, atau bahkan BUMDesnya baru berusia satu tahun. Sehingga baru pertama kali dalam membuat LPJ BUMDes 2020. Tidak usah kawatir, sahabat bisa mengikuti panduan sistematika seperti yang telah kita uraikan di atas.

Pada dasarnya sistematika penyusunan LPJ BUMDes sama dalam setiap tahunnya. Yang membedakan adalah isi laporan yang akan dibuat. Isi tentu saja tergantung dari seperti apa kondisi kegiatan usaha yang telah BUMDes jalankan selama setahun atau satu periode terakhir.

Untuk kebutuhan contoh LPJ BUMDes 2020, sahabat sekalian dapat mendownlod contoh LPJ BUMDes yang pernah saya buat sebelumnya. Silakan menuju link berikut: Contoh Laporan Pertanggung Jawaban Badan Usaha Milik Desa.

Demikian pembasahan kali ini, semoga dapat bermanfaat, dan bisa menjadi referensi bagi sahabat dalam membuat LPJ BUMDes 2020. Terima kasih sudah berkunjung, bagikan agar lebih bermanfaat. Salam Ari Sedesa.id

Artikel Menarik
Menjaga Reputasi Usaha dengan Branding untuk Bumdes dan UMKM
Tips Sukses Digital Marketing; Komunikasi Digital Marketing