Ayo Membuat Pasar Desa Online

Ayo Membuat Pasar Desa Online Sekarang

Sedesa.id Saat ini berbagai bidang  kehidupan mulai bergeliat kembali, walau pukulan yang timbul akibat pandemi masih sangat terasa. Dampak dari krisis akibat pandemi ini dalam perkiraan akan berlangsung lama. Tidak bisa berdiam menunggu. Termasuk kita warga desa. Maka  Pasar Desa adalah salah satu harapan. Terlebih dengan menjadikan pasar desa online.

Dalam catatan penulis sebelumnya saya sudah banyak menyinggung tentang peranan penting dari pasar desa. Bagaimana pasar desa dapat menjadi media kebangkitan ekonomi Indonesia yang berakar dari kebangkitan desa.

Pasar Desa mengemban peranan penting bagi  roda perekonomian  tidak hanya lokal desa, namun juga daerah sekitar, dan pada area yang lebih jauh adalah nasional. Sebagai bagian dari rantai awal distribusi produk bahan pokok salah satunya.

Nah, dalam kondisi pandemi seperti saat ini. Tentu pasar desa  pun masih menjadi tumpuan dari kegiatan ekonomi desa. Salah satu upaya mengembangkan pasar lokal desa agar geliatnya lebih luas adalah melalui pasar desa online.

Kebangkitan Era Digital Di Tengah Pandemi

Kebangkitan Era Digital Di Tengah Pandemi

Tahun 2020 menjadi tahun yang  mana platform berbasis digital menjadi lirikan banyak orang. Berbagai sektor mulai menyadari pentingnya hadir dalam dunia internet. hal ini menjadikan bermunculan platform yang mengandalkan internet ini, salah satunya adalah pasar desa online.

Kesadaran bahwa harus tetap berada dalam rumah, membatasi gerak dan sentuhan fisik, saling menjaga jarak. pada akhirnya mengajarkan pada kita bahwa dunia telah banyak berubah. Perubahan paling nyata adalah dengan adanya pandemi, orang menyadari pentingnya menggunakan platform online untuk mendukung berbagai kebutuhan atau kegiatan mereka.

Kesadaran ini menjadikan banyak pelaku usaha yang awalnya cuek dengan keberadaan pasar online, kesadaran untuk langsung turut memanfaatkan platform online untuk usaha mereka. Baik dengan menggunakan layanan yang sudah tersedia, atau pun membuat sendiri untuk kebutuhan toko online atau penjualan online.

Maka, tidak berlebih jika kita memaknai setiap ada kesulitan, setiap datangnya ujian, ada hikmat yang dapat kita petik. pandemi yang menjadikan gerak kita tidak lagi bebas, harus menjalani kenormalan baru, ternyata juga menjadikan kita sadar bagaimana perkembangan teknologi dunia saat ini.

Pengelolaan Pasar Desa Oleh BUMDes

Kebangkitan Era Digital Di Tengah Pandemi

Badan Usaha Milik Desa atau BUMDes menjadi salah satu badan usaha yang memberikan kontribusi langsung kepada desa melalui sisa hasil usaha yang kemudian menyumbang sumber Pendapatan Asli Desa (PADES).  Maka, sejak berlakunya undang-undang desa, BUMDes pun hadir membawa harapan baru untuk berbagai daerah.

BUMDes dapat menjalankan berbagai unit usaha BUMDes. Mulai dari menjalankan potensi usaha pariwisata, menjalankan unit usaha keuangan, sampai dengan menjalankan unit usaha BUMDes pasar desa.  Keberadaan pasar desa sebagai aset desa yang sangat penting ini bisa menjadi unit usaha BUMDes pasar desa.

Ketika pemerintah desa mau melimpahkan pengelolaan pasar desa kepada BUMDes, tentu ada harapan baru, dan juga tanggung jawab baru bagi BUMDes. Jangan sampai BUMDes hanya menjalankan pasar desa seperti sediakala adanya, tanpa melakukan berbagai inovasi.

Ketika BUMDes menjalankan unit usaha BUMDes pasar desa, maka BUMDes harus bisa memanfaatkan keberadaan pasar desa semaksimal mungkin. Berbagai inovasi dan kreativitas harus dilakukan. Salah satu contohnya adalah dengan menjadikan  pasar desa sebagai pasar dan pemasaran produk desa.

Lebih lanjut dalam menjawab tantangan jaman, makan BUMDes pengelola pasar desa pun harus melihat  perkembangan dunia hari ini. Bagaimana pasar dan pemasaran mulai beranjak menuju era pasar online. Maka pasar lokal desa pun perlu menjadi pasar desa online.

BUMDes tentu memiliki kemampuan untuk mengelola aset, tidak hanya pasar offline namun juga menjalankan pasar online. Keberadaan pasar desa online  ini akan sangat bermanfaat bagi proses pemasaran produk lokal desa.

Jika selama ini produk lokal desa hanya dikenali oleh orang-orang di sekitar desa. Atau hanya menjadi bagian dari produk unggulan mendukung kegiatan pariwisata dengan menjadi produk oleh-oleh. Maka dengan adanya pasar desa online yang dikelola secara profesional. Maka produk desa bisa menjangkau target pasar yang lebih luas.

Membuat Pasar Desa Online

Membuat Pasar Desa Online

Bagaimana membuat pasar desa online? Pertanyaan yang paling sering  muncul. Saya mendapat pertanyaan tersebut dalam grup whatsapp, atau pun mereka yang berkomunikasi langsung kepada saya. Hal ini terkait dengan keberadaan sumber daya manusia.

Tidak dapat dipungkiri bahwa sumber daya manusia di desa masih minim yang memahami bidang teknologi digital. Bagaimana cara menyiasati kondisi tersebut? Ada berbagai pilihan, pertama adalah dengan mengadakan pelatihan khusus, ini bisa dengan mengirim utusan untuk belajar mengenai teknologi dan informasi.

  1. Mengikuti Pelatihan; Melalui  pengiriman putra terbaik desa untuk belajar seluk belum menjadi web programer. Maka desa nantinya akan mudah dalam memenuhi kebutuhan online, dalam hal ini pembuatan website. Baik itu website untuk desa wisata, website pelaku usaha desa atau pun website untuk desa dan pasar desa online.
  2. Menggunakan Jasa; Cara membuat pasar desa online adalah dengan menggunakan jasa pembuatan website. Saat ini tidak sulit menemukan penyedia jasa pembuatan website untuk berbagai kebutuhan. Akan tetapi Anda  jangan tergiur dengan harga murah, pastikan bahwa penyedia jasa sudah terpercaya dan profesional.
  3. Kerja Sama Pihak Ketiga; Cara membuat pasar online adalah dengan mengadakan kerja sama dengan pihak ketiga. Pihak ketiga yang dimaksud bisa dari lembaga pemerintahan, lembaga swadaya masyarakat, pusat studi atau pun lembaga swasta.

Ayo Buat Website Desa, bagi Anda yang membutuhkan pembuatan website desa atau pun website pasar online, melalui tiga cara di atas dalam satu langkah Anda dapat menghubungi saya. Mari bersama-sama kita membuat pasar desa online bersama-sama, dengan tidak hanya selesai dalam urusan teknis, namun juga adanya peningkatan sumber daya manusia.

Bagi Anda yang akan membuat website bumdes, website desa, website pasar, dapat menghubungi Whatsapp di 085643190105 untuk konsultasi kebutuhan website desa atau pun pasar desa online.

Pasar Desa Online Untuk Solusi Jangka Panjang

Pasar Sambilegi contoh Pasar Desa Online

Keberadaan pasar desa online adalah untuk solusi jangka panjang dari kondisi wabah yang terjadi saat ini. Dengan atau tanpa pandemi, pasar akan berubah, penggunaan teknologi dalam kehidupan khususnya bidang ekonomi patut menjadi catatan tersendiri. Catatan untuk mengikuti perkembangan agar tetap dapat bertahan dan terus berkembang.

Salah satu contoh nyata bagaimana pasar tradisional atau pasar raknya memanfaatkan perkembangan teknologi untuk solusi jangka panjang adalah pedagang Pasar Sambilegi di Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Pasar ini telah memiliki toko online sendiri yaitu www.pasarsambilegi.id yang mana ini menjadi solusi atas perkembangan pasar dan kondisi yang timbul akibat pandemi.

Seperti apa yang telah dilakukan Pedagang Pasar Sambilegi bersama berbagai pihak untuk hadir dalam pasar online. Ini juga menjadi motivasi dan contoh bagi kita warga desa, untuk tidak berdiam menunggu dan kita harus bisa menghadirkan pasar offline menjadi pasar desa online untuk tujuan jangka panjang.

Demikian pembahasan kali ini mengenai ayo buat pasar desa online. Semoga pembahasan ini bisa menjadi referensi sahabat pembaca sekalian. Bagi sahabat pembaca yang membutuhkan pendidikan dan pelatihan terkait pasar untuk pengembangan sumber daya manusia dan teknologi seperti halnya membuat pasar desa Online, dapat menghubungi saya. Terima kasih. Salam. Ari Sedesa.id

Artikel Menarik
Membuat Youtube Desa
Membuat Youtube Desa Sebagai Media Promosi Gratis Di Era Digital