Jika ciri-ciri ini ada dalam diri Anda, maka Anda adalah calon pengusaha sukses

pengusaha, peluang usaha, usaha 2020
ilustrasi www.sedesa.id

Selamat datang di web sederhana sedesa.id, seperti biasa kita belajar bersama. Dalam kesempatan ini kita akan belajar melihat seperti apa para pengusaha sukses itu diciptakan. Ya, pengusaha sukses ‘tidak dilahirkan tapi pengusaha sukses diciptakan’. Diciptakan dalam artian, setiap dari kita dapat menciptakan diri sebagai pengusaha sukses, selama kita memiliki kemauan.

Nah, pengusaha sukses yang Anda kenal, baik di kancah nasional atau internasional, bukan orang yang dilahirkan kemudian menjadi pengusaha dan memiliki aset seperti saat ini. Mereka, menciptakan diri mereka menjadi seorang pengusaha, dengan ketekunan dan kerja keras untuk mengejar mimpi mereka.

Banyak pendapat yang menyebutkan bahwa seorang pengusaha harus memiliki syarat-syarat tertentu, redaksi sedesa.id telah merangkum dari berbagai sumber mengenai ciri yang ada dalam diri para pengusaha sukses. Jika dalam diri Anda memiliki ciri yang sama, maka Anda adalah calon pengusaha sukses, dengan catatan Anda mau mengejar mimpi Anda sebagai pengusaha sukses.

1. Pengusaha sukses mampu beradaptasi terhadap perubahan, baik perubahan yang berasal dari dalam atau dari luar lingkungan usaha.

2. Pengusaha sukses memiliki jiwa kepemimpinan yang kuat, dan dapat memotivasi diri sendiri serta orang lain.

3. Pengusaha sukses memiliki kemampuan analisis yang cerdas, sistematis dan metodologis.

4. Pengusaha sukses memiliki semangat kerja dan kemauan, serta memiliki kemampuan menghadapi kesulitan.

5. Pengusaha sukses memiliki keberanian dan kemampuan mengambil risiko serta kemampuan melakukan pencegahan/penanganan dalam menjalankan usaha.

Nah, dari kelima ciri di atas, adakah yang menjadi bagian dalam diri Anda ada salah satu atau kelima ciri tersebut? Jika iya, maka Anda beruntung, karena telah memiliki setengah dari ciri pengusaha sukses. Nah, masih ada setengah lagi ciri-ciri yang dimiliki para pengusaha sukses yaitu;

6. Pengusaha sukses adalah mereka yang memiliki daya inovasi, kreasi dan imajinasi tinggi, serta berpikir berbeda dari orang lain.

7. Pengusaha sukses mampu memilih dan menggunakan sistem manajemen yang tepat guna dan tepat sasaran, demi keberlangsungan dan berjalannya organisasi atau usaha.

8. Pengusaha sukses memiliki kemampuan untuk melakukan penilaian kinerja. Hal ini penting untuk mengetahui sejauh mana usaha kita, dan apa yang perlu diperbaiki atau dipertahankan.

9. Pengusaha sukses memiliki orientasi pada efektivitas dan efisiensi.

10. Pengusaha sukses mampu menerapkan prinsip-prinsip ekonomi secara cepat. Prinsip ekonomi yang dimaksud adalah; bagaimana menjalankan usaha sesuai dengan ilmu ekonomi dan bisnis. Hal ini penting agar memiliki gambaran utuh, dan mampu memprediksi untung rugi.

Nah, dari keseluruhan ciri di atas. Berapa yang kini telah ada dalam diri Anda? Jangan khawatir, Anda masih dapat mengasah diri Anda, agar memiliki sifat dan kemampuan pengusaha sukses di atas. Karena pada dasarnya, pengusaha sukses tidak dilahirkan namun melalui proses pembelajaran.

Karenanya, tidak ada salahnya dalam kehidupan sehari-hari kita bersifat dan memiliki mental pengusaha seperti di atas. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat, dan kita bersama dapat memeti pelajaran agar menjadi lebih baik lagi dalam menjalankan usaha dan kelak akan menjadi pengusaha sukses. Terima kasih, salam sukses, sedesa.id

Artikel Menarik
Tahap Pemberdayaan Masyarakat Desa
Cara Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Desa