Visi Misi Calon Kepala Desa Sesuai SDGs Desa

Visi Misi Calon Kepala Desa Sesuai SDGs Desa

Sedesa.id Pesta demokrasi lokal desa pada tahun 2021 bakal kembali digelar. Berbagai desa saat ini sudah memiliki calon kepala desa yang akan mereka pilih pada PILKADes mendatang. Salah satu hal yang bisa kita lakukan sebagai pemilih adalah melihat lebih dalam visi misi dan program kerja calon kepala desa. Lebih lanjut yaitu visi misi calon kepala desa sesuai SDGs Desa.

Mengapa visi misi calon kepala desa harus sesuai dengan SDGs Desa? Ini karena memang yang menjadi pegangan dalam pembangunan desa adalah pembangunan berkelanjutan atau SDGs desa. Kita tahu bahwa menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar juga telah meminta calon kepala desa (cakades) agar mengacu pada Sustainable Development Goals (SDGs) Desa saat menyusun visi dan misi.

Penyampaian perihal pentingnya visi misi sesuai dengan SDGs ini, disampaikan oleh Gus Menteri saat rapat koordinasi antara pemerintah pusat dan daerah yang membahas persiapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak yang akan digelar pada awal 2021.

Cara Membuat Visi Misi Kepala Desa Agar SDGs Desa

Bagi kepala desa dan calon kepala desa, harus memahami betul arah kebijakan pembangunan saat ini. Pembangunan yang berkelanjutan, atau kita biasa menyebut sebagai SDGs, baik secara nasional atau dalam ranah lokal desa yaitu SDGs Desa.

Oleh sebab itu, maka dalam membuat visi misi, program kerja, dan berbagai arah kebijakan desa harus mengacu pada tujuan dari SDGs Desa.  Karenanya, menjadi penting bagi kepala desa dan calon kepala desa memahami secara utuh bagaimana SDGs Desa.

Yang perlu Kades / Cakades pahami dalam membuat visis misi sesuai dengan SDGs Desa?

  1. Calon kepala desa harus memahami terlebih dahulu apa itu SDGs desa. Karena arah kebijakan pembangunan saat ini bertumpu pada SDGs secara global. Maka pembuatan visi misi kepala desa itu bertumpu atau merujuk pada SDGs Desa.
  2. Anda sebagai calon kepala desa tidak perlu bingung dalam merumuskan arah pembangunan desa karena semuanya sudah tertuang dalam SDGs Desa. Calon Kades atau Kades hanya perlu menentukan poin mana saja yang akan dijadikan prioritas.

Cara Menyusun Visi Misi Sesuai SDGs Desa

  1. Untuk dapat menyusun visi misi sesuai SDGs desa, maka semua kandidat harus mempelajari kondisi objektif desa, masalah, potensi dan rekomendasi pembangunan desa, termasuk prioritas SDGs Desa.
  2. Kemudian calon kepala desa dapat menggunakan prioritas SDGs Desa sebagai substansi visi dan misi pembangunan desa dengan sehingga warga desa bisa mencermati lebih tajam dan utuh terhadap visi dan misi tersebut.
  3. Pada akhirnya calon kepala desa yang terpilih dapat dipastikan mampu menyelesaikan RPJM Desa dalam waktu tiga bulan setelah penetapan, sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Visi Misi Bukan Copy Paste

Bagi Anda calon kepala desa harus benar-benar berhati-hati dan serius dalam membuat visi dan misi, jangan sampai Anda membuat visi dan misi dengan cara copy paste. Visi misi akan menjadi pegangan bagi Anda dan calon pemilih, ini juga yang nantinya akan dilihat dan ditagih oleh masyarkat. Selain itu RPJMDes juga jangan sampai sekedar replikasi dokumen lain atau copy paste.

Mungkin Anda membutuhkan contoh dalam membuat visi misi calon kepala desa, ya tidak ada salahnya. Namun kembali lagi, ke dalam diri Anda. Apa yang memang akan Anda lakukan untuk desa Anda, apa yang menjadi perhatian dan kerja Anda jika terpilih nanti.

Jika visi misi lahir dari pencarian Anda, maka Anda akan mudah dalam menjalankan program-program prioritas Anda nantinya. Namun sebaliknya, jika visi dan misi hanya copy paste ya Anda akan bingung dalam menjalankannya nanti.

Demikian pembahasan kita kali ini mengenai cara membuat Visi Misi Calon Kepala Desa Sesuai SDGs Desa. Sahabat pembaca dapat berbagi pengalaman dalam membangun Desa melalui kolom komentar. Semoga pembahasan ini bermanfaat dan menjadi referensi bagi kita bersama. Terima kasih, salam Ari Sedesa.id

Artikel Menarik
Peluang Usaha Rumahan Tahun 2020 Modal Kecil Untung Besar
Peluang Usaha Rumahan Tahun 2020 Modal Kecil Untung Besar