Tips Mencari Hunian Dengan Situs Sewa Rumah

Tips Mencari Hunian Dengan Situs Sewa Rumah

Sedesa.id Salah satu kebutuhan dasar yang harus terpenuhi adalah hunian atau tempat tinggal. Semua orang tentu mendambakan memiliki hunian impian mereka. Namun kita tentu paham, tidaklah dalam waktu singkat untuk bisa membangun rumah impian. Apa yang menjadi solusi untuk kebutuhan hunian? Benar, dengan melakukan sewa. Nah, belakangan ini sudah marak situs sewa rumah yang memudahkan dalam mencari tempat tinggal yang sesuai anggaran dan kebutuhan.

Sangat penting bagi kita untuk menyesuaikan pendapatan bulanan dengan pengeluaran, terlebih ketika masih ada beban pengeluaran untuk tempat tinggal. Perlu adanya strategi dalam membuat anggaran yang benar-benar pas, sehingga pengeluaran bisa sesuai dengan kebutuhan, dan masih ada pos keuangan untuk investasi atau tabungan jangka panjang.

Oleh sebab itu, kita perlu untuk melakukan riset terlebih dahulu dalam memilih hunian. Ketika kita akan sewa rumah. Apa lagi ketika kita sedang menjadi perantauan. Nah, dalam kesempatan ini saya akan berbagi pengalaman ketika saya mencari hunian dengan situs sewa rumah. Seperti apa? Berikut tipsnya untuk Anda;

Membandingkan Harga di Situs Sewa Rumah

Keputusan untuk sewa rumah tidak boleh asal mencari rumah yang dikontrakkan. Perlu ada pertimbangan terkait harga. Karena yang namanya harga ini tentu berkaitan dengan fasilitas yang akan kita dapat. Dan paling penting agar sesuai dengan kemampuan pengeluaran kita.

Nah, ketika saya mencari rumah sewa, langkah pertama yang saya lakukan adalah dengan mengunjungi situs sewa rumah. Di sana terdapat berbagai pilihan rumah yang tengah disewakan, kita bisa menyesuaikan dengan kemampuan pengeluaran kita, dengan fitur filter harga yang kita inginkan.

Situs sewa rumah ini sangat memudahkan bagi saya dalam mencari pembanding harga, karena terdapat berbagai pilihan rumah sewa. Harga yang bervariasi sesuai dengan fasilitas yang ada. Selisih harga mungkin tidak jauh, tapi ketika kita akan tinggal dalam waktu lama, tentu selisih ini akan menjadi pengeluaran yang patut kita pertimbangkan.

Situs Sewa Rumah Membantu Menentukan Lokasi Paling Strategis

Ketika mencari tempat tinggal dengan melakukan sewa rumah, penting untuk melihat lokasi secara detail. Bagaimana lokasi calon rumah sewa tersebut dengan tempat kerja atau tempat usaha kita. Apakah jaraknya masih masuk untuk biaya pengeluaran BBM transportasi kita.

Jika Anda memilih bepergian dengan transportasi umum, maka Anda perlu melihat bagaimana jalur transportasi umum menuju lokasi calon tempat tinggal Anda. Apakah harus jalan kaki? Seberapa dekat jarak rumah dengan pemberhentian jalur transportasi umum?

Lokasi yang strategis dalam memilih rumah sewa akan memberikan dampak pada keuangan kita. Ini terkait pengeluaran harian yang berhubungan degan transportasi. Terlebih bagi kita yang memiliki mobilitas yang tinggi.

Sebagai gambaran, ketika saya bekerja di Jakarta Selatan, saya mencari lokasi paling strategis dengan kantor saya, agar bisa hemat dan mudah mobilitas. Saat itu saya mencari melalui situs sewa rumah dan akhirnya bisa mendapatkan kontrakan di Jakarta Selatan yang letaknya sangat strategis dan dekat dengan kantor. Maka, pengeluaran saya untuk transportasi menjadi berkurang.

Menentukan Kebutuhan Kamar

Ketika saya mencari kontrakan di Jakarta Selatan, terdapat berbagai pilihan rumah yang disewakan. Saya mencari sesuai dengan kebutuhan saya saat itu. Karena posisi saya belum menikah, dan saya bekerja dengan 5 orang dalam satu tim dari Jogja. Maka saya membutuhkan rumah kontrakan yang memiliki paling tidak 3 kamar.

Kebutuhan kamar ini kita hitung sesuai peruntukan dan tentu menyesuaikan dengan anggaran yang kita miliki saat itu. Sehingga satu kamar diisi oleh 2 orang. Dan tersisa satu kamar untuk satu orang sekaligus menjadi kamar tamu jika ada teman yang menginap.

Kelengkapan Fasilitas Yang Dibutuhkan

Apa saja fasilitas yang kita butuhkan? Misalnya ketika saya mencari kontrakan di Jakarta Selatan saya membutuhkan adanya 3 kamar, kemudian ruang tamu, dapur, 2 kamar mandi, garasi kendaraan, dan halaman. Selin itu saya membutuhkan rumah sewa yang sudah memiliki perabotan pendukung, juga sudah memiliki pendingin udara.

Mencari fasilitas yang sesuai ini akan menghemat kita, dari pada kita membeli barang-barang pelengkap. Misalnya harus membeli televisi, atau membeli peralatan dapur. Padahal ketika kita tinggal untuk 2 tahun, setelah itu barang-barang tersebut akan sulit membawanya, kalau kita jual pun sudah jatuh harganya.

Karenanya mencari rumah sewa menjadi penting untuk menyesuaikan dengan kebutuhan kita. Termasuk dalam hal fasilitas ini. Mungkin akan ada beda harga. Tapi dengan adanya situs sewa rumah kita bisa membandingkan harga dan mencari rumah kontrakan yang sesuai degan kebutuhan kita.

Nah demikian pembasahan kali ini mengenai Tips Mencari Hunian Dengan Situs Sewa Rumah semoga bermanfaat, dan dapat menjadi referensi bagi sahabat sekalian ketika akan sewa rumah nantinya. Semoga bermanfaat, terima kasih. Salam. Ari Sedesa.id

Artikel Menarik
Contoh Perdes Pasar Desa Terbaru 2020
Contoh Perdes Pasar Desa Tahun 2020