Setiap Keluarga Harus Memiliki Kebun Sayur Sendiri

Setiap Keluarga Harus Memiliki Kebun Sayur Sendiri

Sedesa.id Setiap Keluarga Harus Memiliki Kebun Sayur Sendiri. Kebun Sayur Keluarga, setiap rumah harus memiliki kebun sayur keluarga. Kebun sayur organik dengan pupuk organik buatan mereka sendiri.

Adalah program memanraatkan setiap jengkal tanah pekarangan rumah untuk dijadikan Kebun Sayur dan buah-buahan. llarus diutamakan jenis sayur dan buah yang bisa tumbuh cepat sehingga warga desa bisa memetiknya sebagai suplai makanan keluarga menghadapi kelambatan ekonomi akibat Corona.

Keunggulan program ini adalah:

  1. Menekan pengeluaran keluarga karena tinggal memetik sayur di kebun
    sendiri untuk asupan makan keluarga. Coba saja hitung, jika satu KK membelanjakan Rp 10 ribu per hari untuk belanja sayur, maka jika Desa Anda dihuni 4000 KK. Setiap pagi warga desa mengeluarkan Rp. 40 juta hanya untuk sayur. Sebulan mencapai Berapa?
  2. Sayur yang ditanam warga jauh lebih Sehat karena dirawat dengan baik dan tumbuh dengan pupuk organik.
  3. Pupuk organik dibuat sendiri olah setiap keluarga berbahan sampah organik sisa dapur para ibu rumah tangga dan kotoran hewan. Desa atau kalurahan akan memfasilitasi Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik Super Cepat yang telah diprogramkan dalam APBD.
  4. Jika surplus sayur bisa dijual ke tetangga atau ke pasar.
  5. Warga menjadi terbiasa mengatasi pentingnya mencukupi kebutuhan dasar dari setiap jengkal tanah yang mereka punya. Ini adalah kesadaran awal menuju Desa Mandiri Pangan.
  6. Membiasakan warga untuk mengutamakan produk makanan yang tumbuh di tanah mereka sendiri ketimbang bahan makanan dari luar desa. Kelak ini akan menjadi budaya Beli Produk Desa Sendiri.

Bagaimana caranya setiap ibu rumah tangga di desa bisa menciptakan pupuk organik sendiri dengan sederhana, mudah dan dalam waktu satu jam?

Desaraya telah mengembangkan Teknologi Mikroba Konsorsium yang mampu merubah sampah organik dan
kotoran hewan menjadi pupuk organik dalam waktu kurang dari satu jam dengan cara yang sederhana bagi semua orang,

Dengan begitu sudah tidak ada lagi masalah sampah organik rumah tangga sekaligus menjadikan sampah sebagai manfaat bagi keluarga dengan cara yang mudah. murah dan Cepat.

Mengubah Sampah Organik Menjadi Media Tanam dan Pupuk Dalam Satu Jam

Pembuatan Pupuk Organik dalam Sutu Jam hampir samu dengan Pembuaran Pakan Ternak Berbahan Sampah Organik dalum Satu Jam. Agar Pembuatan pupuk Organik dan Pakan Ternak berbahan sampah organik bisa dilakukan seluruh warga desa maka Pemerintah Desa harus memfasilitasi pelatihan bagi Gapoktan, Karang Taruna dan para ibu rumah tangga. Umumnya semua desa telah memiliki agenda pelatihan ini dalam APBDes mereka.

Pelatihan Pembuatan pupuk Organik dalam Satu Jam bisa dilakukan tanpa perlu mengundang peserta terlalu banyak karena kondisi sekarang ini tidak boleh menciptakan kerumunan.

Maka, Pelatihan juga harus di kemas dalam bentuk video yang bisa disebarkan pada seluruh warga desa melalui jejaring Social Media dan Media Desa. Untuk mempercepat kesadaran warga mengenai pentingnya membangun kebun sayur, maka Pemerintah Desa harus menciptakan Demplot percontohan misalnya pada setiap dusun atau RT.

Silakan pelajari selengkapnya tema Setiap Keluarga Harus Memiliki Kebun Sayur Sendiri di dalam majalah desa raya. Silakan Download Majalah Desa Raya melalui klik tautan berikut: Download Majalah Desa Raya.

Semoga pembahasan kali ini mengenai Setiap Keluarga Harus Memiliki Kebun Sayur Sendiri dapat dijadikan bahan bacaan bagi sahabat sekalian, jika desa sahabat ingin membuat majalah atau mempromosikan melalui majalah desa dapat menghubungi kami. Terima kasih. Salam. Ari Sedesa.id

More Stories
Download Kelengkapan Administrasi BLT
Download Kelengkapan Administrasi BLT Dana Desa