• Call: +6285643190105
  • E-mail: sapasedesa@gmail.com
  • Login
  • Register
Education Blog
  • Desa
    • Koperasi
    • BUMDes
    • Peluang Usaha
    • Materi dan Publikasi
  • Digital Marketing
  • Nalara Kopi
  • Sedesa TV
  • Layanan
    • Pelatihan Wisata Berkelanjutan
    • Pelatihan Pasar Rakyat
No Result
View All Result
sedesa.id
No Result
View All Result
Home PUSTAKA Materi Digital Marketing Lengkap

Mengapa perusahaan melakukan diversifikasi produk? – Ngobrol Seputar Marketing

Ryan Ariyanto by Ryan Ariyanto
Juli 22, 2022
in Materi Digital Marketing Lengkap, Sedesa TV
0
Share on FacebookShare on TwitterShare on WhatsappShare on TekegranShare on Tekegran

Sedesa.id Dalam kesempatan Ngobrol Bareng Seputar Marketing kali ini saya mengambil tema Mengapa perusahaan melakukan diversifikasi produk? Hal ini penting untuk kita pahami, baik sebagai pelaku usaha mandiri, UMKM atau pun BUMDes. Pada akhirnya kita akan membutuhkan strategi dalam melakukan diversifikasi produk atau jasa kita.

Apa itu Diversifikasi Produk? Diversifikasi Produk adalah salah satu cara untuk meningkatkan volume penjualan yang dapat dilakukan oleh perusahaan, dalam Video ini mengambil contoh Coca Cola Company dan Unilever. Apa yang Coca Cola Company dan Unilever patut dijadikan contoh, bagaimana perusahaan multinasional ini mampu menangkap pasar dan membuat lini produk yang luar biasa di dalam pemenuhan kebutuhan cairan tubuh.

RelatedPosts

Pulau Pecong: Desa di Atas Laut yang Menyimpan Kearifan Lokal

Pulau Pecong Sepotong Surga di Batam, Kepulauan Riau

Galang Baru Potensi Wisata Pesisir Berbasis Ekowisata

Pertanyaan paling umum adalah Mengapa perusahaan melakukan diversifikasi produk? Alasan perusahaan melakukan diversifikasi produk tentu bermacam, namun secara garis besar jawabannya adalah; karena perusahaan tersebut sudah memasuki ke dalam tahap kedewasaan.

Strategi diversifikasi yaitu bagaimana cara perusahaan dalam melakukan dan membagi produknya. Strategi ini dikembangkan perusahaan dengan berbagai tujuan pemasaran produk.

Apa fungsi diversifikasi produk? Diversifikasi berfungsi untuk penganekaragaman product (bidang usaha) atau juga lokasi sebuah perusahaan yang dilakukan oleh perusahaan untuk atau guna memaksimalkan keuntungan sehingga arus-kas pada perusahaan itu dapat lebih stabil.

Penerapan Strategi Diversifikasi. Bagaimana penerapannya? Sederhananya yaitu dengan membuat produk baru atau memperbaharui produk yang sudah dimiliki. Tentu jangan sampai memakan atau mengorbankan keberadaan pasar dari produk yang sudah ada.

Karenanya bisa melakukan strategi, seperti dari segi ukuran, warna, tipe, model sampai kegunaan atau target pasar yang dituju. Sesuatu yang baru yang dikembangkan dari produk sebelumnya, atau memang benar-benar baru namun masih terkait, bahkan bisa saja tidak terkait dari produk utama perusahaan.

Sebagai contoh, coca cola company membuat fanta, spirte sampai teh, tanpa harus mengubah keberadaan produk utamanya yaitu minuman soda yaitu coca cola.

Berikut adalah Video Ngobrol Bareng Sputar Bumdes Bersama Remo Adhy Pradana

Youtube.com/caraari

Kesimpulan

Ketika kita menjalankan sebuah perusahaan, baik usaha kecil yang sedang kita rintis atau pun kita telah menjalankan usaha yang sudah mapan, kita memerlukan diversifikasi atas produk atau jasa yang kita tawarkan. Namun, perlu hati-hati di dalam melakukan strategi ini. Jika keliru, bisa jadi produk kita justru saling memakan. Pasar menjadi bias ketika produk yang sama-sama kita bangun saling berebut pasar.

#NgobrolBarengSeputarMarketing adalah program pembelajaran seputar pemasaran dan dunia usaha yang diselenggarakan melalui Youtube Cara Ari. Sahabat bisa mengajukan pertanyaan seputar usaha dan pemasaran, akan dijawab dan dibahas lengkap oleh nara sumber yang berpengalaman di bidang pemasaran dan usaha. Demikian pembahasan kali ini, semoga bermanfaat. Salam. Ari Sedesa.id

Bagikan ini:

  • Klik untuk membagikan di Facebook(Membuka di jendela yang baru) Facebook
  • Klik untuk berbagi di X(Membuka di jendela yang baru) X

Terkait

Previous Post

Belajar dari Krisis Melihat Masa Depan Pertanian

Next Post

Cara Mudah Jualan Online di Whatsapp Bisnis

Ryan Ariyanto

Ryan Ariyanto

Ryan Ariyanto aktif berkegiatan untuk desa, pemberdayaan masyarakat dan dunia digital marketing. Selain aktif mengelola sedesa.id, juga sebagai Peneliti Lepas Pusat Studi Ekonomi Kerakyatan UGM. Saat ini bekerja sebagai Analis Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka - Kampus Merdeka Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Related Posts

Ada Apa di Pulau Pecong
Catatan Penulis

Pulau Pecong: Desa di Atas Laut yang Menyimpan Kearifan Lokal

by Ryan Ariyanto
April 8, 2025
0

Sedesa.id Pulau Pecong, sebuah desa yang sekaligus kelurahan di wilayah perbatasan laut Indonesia, menyimpan cerita unik tentang kehidupan masyarakat pesisir...

Read moreDetails
Sedesa.id Pulau Pecong Sepotong Surga di Batam, Kepulauan Riau
Catatan Penulis

Pulau Pecong Sepotong Surga di Batam, Kepulauan Riau

by Ryan Ariyanto
Oktober 2, 2024
0

Ini adalah video catatan perjalanan Ryan Ariyanto dalam singgah sebentar di Pulau Pecong Sepotong Surga Batam Kepulauan Riau.

Read moreDetails
sedesa.id Galang Baru Potensi Wisata Pesisir Berbasis Ekowisata
Desa Wisata

Galang Baru Potensi Wisata Pesisir Berbasis Ekowisata

by Ryan Ariyanto
Oktober 1, 2024
0

Bagaimana Galang Baru Potensi Wisata Pesisir Berbasis Ekowisata? Berikut video perjalanan Ryan Ariyanto di Galang Baru Batam Riau

Read moreDetails

Tinggalkan BalasanBatalkan balasan

Archive

Most commented

Kolaborasi Koperasi Merah Putih, UMKM, dan BUMDes untuk Dorong Ekonomi Desa

Peran Koperasi Desa dalam Ketahanan Pangan dan Kesehatan Masyarakat

Sistem Monitoring dan Evaluasi Koperasi Desa Merah Putih

Pendanaan Koperasi Desa Merah Putih: Dari APBN hingga Dana Desa, Siapa Bayar Apa?

Struktur Organisasi Koperasi Desa Merah Putih: Siapa Mengatur, Siapa Diawasi?

Jenis Usaha Koperasi Desa Merah Putih: Jangan Hanya Simpan Pinjam

Seedbacklink
Banner BlogPartner Backlink.co.id
  • About us
  • Terms of service
  • Privacy Policy
Call us: 085643190105

Sedesa.id © 2025

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In
No Result
View All Result
  • Desa
    • Koperasi
    • BUMDes
    • Peluang Usaha
    • Materi dan Publikasi
  • Digital Marketing
  • Nalara Kopi
  • Sedesa TV
  • Layanan
    • Pelatihan Wisata Berkelanjutan
    • Pelatihan Pasar Rakyat

Sedesa.id © 2025

Eksplorasi konten lain dari sedesa.id

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca