Cara Membuat Katalog di Whatsapp

Cara Mudah Jualan Online di Whatsapp Bisnis

Sedesa.id Saya mendapat banyak pertanyaan bagaimana cara menggunakan whatsapp untuk jualan Online. Bagaimana jualan online di whatsapp yang mudah? Jawabannya tentu saja gunakan saja! Pada dasarnya strategi di dalam digital marketing itu kurang lebih sama; memasarkan melalui media berbasis internet.

Namun, sering kali orang merasa kesulitan, termasuk ketika menggunakan wahtasapp. Dalam kesempatan ini saya ingin berbagi kemudahan jualan Online di whatsapp bisnis.

Tentu sebagian besar dari pembaca telah menjadi pengguna whatsapp. Whatsapp memang menjadi salah satu media sosial yang sangat digemari, penggunaannya sangat mudah, dan tentu saja media sosial ini sangat privat dalam penggunaannya.

Mengapa saya sebut privat? Karena dalam penggunaan whatsaap akun berbasis nomor telepon, yang mana ada serangkaian ketentuan dan privasi dalam penggunaan whatsaap. Bertukar pesan di dalam whatsapp pun dilindungi dengan enkripsi. Begitu juga dengan fitur status, yang mana dapat diatur hanya mereka yang saling menyimpan nomor telepon yang dapat saling melihat status.

Whatsapp yang begitu personal ini, tentu akan sangat luar biasa jika kita bisa mengonversi menjadi sebuah saluran pemasaran atau jualan Online di whatsapp bisnis untuk produk kita.

Mengapa demikian? Karena bentuk komunikasinya langsung dan privat. Sehingga penawaran atau promosi sebuah produk dapat tertarget dan tepat sasaran.

Apa saja yang diperlukan di dalam jualan Online di whatsapp?

1. Gunakan Whatsapp Bisnis
Saya sarankan bagi sahabat sekalian untuk menggunakan whatsapp bisnis jika memang tujuannya untuk jualan. Mengapa demikian? Karena whatsapp bisnis memiliki segudang fitur dan manfaat luar biasa yang bisa digunakan untuk mendukung jualan Online.

2. Miliki Data
Jualan Online dengan whtasapp bisnis tidak akan bisa dilakukan jika kita tidak memiliki data. Bagaimana cara mendapatkan data? Banyak cara yang bisa kita gunakan, misalnya meminta data rekomendasi pertemanan dari pelanggan kita, mengikuti grup yang sesuai dengan target market kita.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan data, dalam kesempatan yang akan datang saya akan membahas bagaimana mendapatkan data calon pelanggan.

3. Miliki Produk
Tentu saja sahabat harus memiliki produk yang akan dijual. Tenang, saat ini bagi sahabat yang berkeinginan jualan Online di whatsapp bisnis tidak perlu harus membeli produk terlebih dahulu untuk dapat berjualan. Ada berbagai model kerja sama jualan Online yang dapat dipilih.

Misalnya dengan menjadi reseller dan dropshiper. Ada banyak pemilik usaha besar yang membuka layanan bagi mereka yang ingin menjual produk atau menjadi reseller.

Gunakan Fitur Katalog: Cara Mudah Jualan Online di Whatsapp Bisnis

Seperti telah disebutkan sebelumnya, banyak yang berkeluh kesah kepada saya mengenai betapa sulitnya jualan Online. Kesulitan yang sering dialami, sebenarnya terkait hal teknis. Karena selama menjalankan strategi jualan Online dengan tepat, kita telah dapat mengukur peluang yang kita miliki kemudian menghitung hasil dan melakukan evaluasi kembali.

Saya tentu tidak benar-benar memahami apa yang menjadi kendala banyak anggota grup digital marketing Sedesa.id secara detail. Namun dalam berbagai diskusi terakhir yang menjadi kendala ketika jualan Online di whatsapp adalah terkait hal teknis, seperti mengirim detail produk.

Menjawab persoalan ini, sebenarnya jauh-jauh hari saya sudah pernah sampaikan, kita yang menggunakan whatsapp bisnis bisa menggunakan berbagai fitur yang ada. Misalnya fitur katalog untuk memudahkan dalam berjualan.

Dengan fitur katalog, kita bisa mengirim produk kita ke konsumen melalui whatsaap, mereka kemudian dapat membaca lengkap detail produk kita beserta foto produk dan link pembelian. Model ini akan mempermudah kita sebagai penjual dan mempermudah calon konsumen untuk memahami produk kita.

Seperti apa katalog whatsapp bisnis? Bagaimana cara membuat katalog whatsapp bisnis? Sahabat dapat menyimak dalam video berikut:

Kesimpulan

Kesimpulan dari pembahasan kali ini mengenai Cara Mudah Jualan Online di Whatsapp Bisnis adalah kita harus memahami platform atau sosial media yang kita gunakan. Manfaatkan fitur yang ada dengan maksimal. Pahami setiap pembaharuan dari aplikasi agar tidak ketinggalan perkembangan, terutama yang dapat memudahkan dalam berjualan Online.

Tidak ada cara mudah dalam jualan Online, termasuk ketika kita jualan Online di whatsapp bisnis. Banyak yang kemudian menyerah padahal baru saja mencoba, dengan alasan susah dan tidak ada pembeli. Maka yang sangat penting adalah mental sebagai pemasar Online, mental pengusaha. Selama mental belum terbentuk, maka akan selalu merasa gagal dan kalah.

Demikian pembahasan kita kali ini mengenai Cara Mudah Jualan Online di Whatsapp Bisnis Semoga bermanfaat. Salam. Ari sedesa.id

More Stories
Contoh Perdes Tentang Penerima BLT Dana Desa
Contoh Perdes Tentang Penerima BLT Dana Desa