Contoh RAB Pelayanan

Contoh RAB Pelayanan Administrasi Umum dan Kependudukan

Sedesa.id RAB Pelayanan Administrasi Umum dan Kependudukan adalah salah satu Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) yang mana wajib Anda susun sebagai Pelaksana Kegiatan Anggaran (PKA). Jika Anda adalah seorang PKA, maka Anda sudah berada pada Artikel yang tepat.  Dalam artikel ini kita akan mengulas contoh RAB Pelayanan Administrasi Umum dan Kependudukan dengan format file microsoft excel (xls).

Apa itu Rencana Anggaran Biaya atau RAB? Rencana anggaran biaya merupakan perkiraan biaya yang nantinya akan Anda gunakan untuk pelaksanaan suatu kegiatan baik bisnis maupun proyek. Dalam beberapa bisnis, proyek atau event, perencanaan anggaran (RAB) menjadi dokumen yang wajib ada untuk melihat besaran biaya yang akan kita gunakan.

Dengan adanya, perencanaan maka kita bisa dengan mudah mengetahui biaya yang akan kita keluarkan sehingga keuangan lebih terarah. Ini juga untuk menghindari terjadinya penyalahgunaan keuangan, atau penyelewengan anggaran. Setidaknya dengan adanya RAB kita bisa mengetahui detail rincian biaya yang akan digunakan.

RAB Pelayanan Administrasi Umum dan Kependudukan merupakan rencana anggaran biaya yang secara khusus merinci satuan harga untuk setiap jenis dan objek belanja pada kegiatan Pelayanan Administrasi Umum dan Kependudukan.

Apa saja yang masuk dalam rincian? Seperti Surat Pengantar, Pelayanan KTP (Kartu Tanda Penduduk), Kartu Keluarga, dan lain-lain. Kegiatan RAB ini termasuk sub bidang Administrasi Kependudukan, Pencatatan Sipil, Statistik, dan Kearsipan dalam struktur Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes).

Siapa PKA Kegiatan Pelayanan Administrasi Umum dan Kependudukan?

Pertanyaan yang sering disampaikan adalah siapa yang menjadi pelaksana kegiatan ini. Untuk menentukan siapa PKA/Pelaksana Kegiatan yang akan ditugaskan untuk menyusun rincian-rincian belanja pada RAB kegiatan Pelayanan Administrasi Umum dan Kependudukan, maka kita perlu sesuaikan dengan tugas dan fungsi.

Jika kita mengacu pada tugas dan fungsi, maka secara umum, sesuai tupoksinya dalam SOTK Desa terbaru yang diatur dalam Permendagri 84 Tahun 2015, PKA untuk kegiatan RAB ini adalah Kaur Tata Usaha dan Umum.

Maka, dengan kata lain, RAB ini adalah RAB Kaur Tata Usaha dan Umum. Namun untuk menentukan hal ini, Anda bisa melakukan pengecekan apakah telah ada perubahan peraturan yang berlaku atau terbaru.

Item Rincian yang Wajib Ada di dalam RAB

Apa saja item rincian yang wajib ada ketika kita menyusun RAB? Dalam pembuatan RAB ada beberapa item rincian pekerjaan, baik pengadaan barang maupun jasa. Berikut di bawah ini komponen rincian yang harus ada dalam RAB:

Uraian pekerjaan yang dibagi berdasarkan sub jenis pekerjaan. Hal ini tergantung jenis pekerjaan, jika pengadaan barang maka akan lebih sederhana, sedangkan pekerjaan jasa konstruksi dari setiap bagian uraian pekerjaan memiliki rincian pekerjaan lainnya yang lebih detail.

Volume pekerjaan yang memiliki arti satuan yang digunakan untuk pengukuran suatu item barang/objek.

Harga satuan pekerjaan yang dapat dipisah menjadi dua bagian, harga jasa atau harga jasa berikut materialnya. Setelah itu, kalikan volume pekerjaan dengan harga satuan pekerjaan.

Contoh RAB Pelayanan Administrasi Umum dan Kependudukan

Contoh rincian kegiatan Pengelolaan Administrasi Umum dan Kependudukan (General Administration and Population Management), meliputi: Belanja Barang Perlengkapan Kantor (seperti Perlengkapan Alat Tulis Kantor dan Benda Pos, Bahan Bakar Minyak/Gas/Isi Ulang Tabung Pemadam Kebakaran, Perlengkapan Cetak/Penggandaan, dan lain-lain)

Klik Untuk Download Contoh Rencana Anggaran Biaya Pelayanan Administrasi Umum dan Kependudukan

Ingat, file RAB yang saya bagikan hanya sebagai contoh, silakan Anda menjadikan sebagai referensi dan melakukan penyesuaian dengan membuat RAB yang sesuai dengan kondisi atau kebutuhan anggaran Anda. Tujuan pembagian contoh RAB ini untuk pembelajaran bersama.

Demikian pembahasan kali ini mengenai Contoh RAB Pelayanan Administrasi Umum dan Kependudukan. Semoga pembahasan ini bermanfaat dan memberi masukan referensi bagi sahabat sekalian. Contoh SK, Perdesa, Pelaporan, Laporan Pertanggung Jawaban, dan dokumen pendukung lainnya bisa membaca di: Materi dan Publikasi. Terima kasih telah membaca. Salam. Sedesa.id.

Artikel Menarik
Download template powerpoint video
Download Template Powerpoint Video Instagram Story Gratis