Tiga Hal Penting Yang Harus Dilakukan Pengusaha

Tiga Hal Penting Yang Harus Dilakukan Pengusaha

Sedesa.id Selalu ada kunci sukses bagi para pelaku usaha. Kita mungkin hanya melihat ketika pelaku usaha sudah sukses, akan tetapi lupa bagaimana mereka berproses. Apa saja yang menjadi kunci sukses dari pelaku usaha? Berikut adalah ulasan tiga hal penting yang harus dilakukan pengusaha.

McKinsey Global Institut, melakukan kajian terhadap Pelaku Usaha Kecil dan Menengah dan mengatakan bahwa UKM yang menggunakan teknologi informasi dan komunikasi dapat berkembang dua kali lebih cepat. Hal ini, sejalan dengan pergeseran pola konsumen dari yang awalnya secara tradisional (offline) menuju digital (Online).

UKM yang menggunakan teknologi informasi dan komunikasi dapat berkembang dua kali lebih cepat. McKinsey Global Institut   Belakangan, digitalisasi industri kian marak, dan membawa dampak positif dalam upaya mengembangkan usaha/bisnis. Sejalan dengan temuan McKinsey Global Institut.

Namun, apakah penggunaan informasi dan komunikasi atau digitalisasi saja sudah cukup? Ada baiknya, Anda sebagai pelaku usaha juga menerapkan strategi yang sebenarnya umum namun tidak semua pelaku usaha menyadari pentingnya penerapan dalam bisnis. Strategi yang bisa sesuai dengan usaha atau bisnis Anda, baik yang masih dalam ranah offline maupun yang telah merambah Online.  

1. Pahami Pasar

Pertama-tama yang harus dilakukan pengusaha adalah dengan paham terhadap pasar dari produk atau usahanya. Kenali pasar Anda, sebagai pelaku usaha Anda harus benar-benar mengenali pasar dari usaha/bisnis Anda secara luas. Dengan mengenali pasar, Anda akan mendapatkan inovasi dan ide baru untuk pengembangan produk.

Pasar di sini, jangan hanya melihat pasar potensial, namun keseluruhan pasar yang dapat ditarik menjadi pelanggan Anda.   Ingat, sebuah inovasi dan ide untuk pengembangan produk itu sangat mahal harganya. Dan pasar Anda adalah pencipta dari inovasi dan ide tersebut, bisa dari kebiasaan mereka, permintaan mereka, dan masukan dari mereka.  

2. Pahami Pelanggan

Keberadaan pelanggan adalah bagian yang memberi kehidupan dan keberlangsungan dari sebuah usaha yang Anda jalankan. Tanpa adanya pelanggan, bisnis yang Anda jalankan akan mengalami kemunduran atau kerugian, dan pada akhirnya selesailah bisnis Anda.

Maka, pelanggan harus menjadi target utama dalam usaha atau bisnis Anda. Anda harus memahami pelanggan Anda dengan sebaik mungkin; seperti apa pelanggan yang sesuai dengan produk Anda, bagaimana karakteristik pelanggan Anda, bagaimana perilaku pelanggan Anda, dan lain sebagainya.

Memahami pelanggan, artinya Anda harus dapat menyesuaikan produk dari usaha Anda agar sesuai dengan kemauan atau keinginan dari pelanggan Anda. Keinginan pelanggan bisa mencerminkan keinginan pasar pada umumnya. Kemampuan Anda memahami dan menyesuaikan usaha Anda kepada pelanggan, akan membawa usaha Anda berkembang semakin maju.

3. Pahami Pesaing

Apa yang harus dilakukan pengusaha selanjutnya? Pahami pesaing. Persaingan akan terus terjadi, dalam bisnis persaingan adalah hal yang tidak dapat Anda hindari. Apa pun usaha Anda, pasti akan ada pesaingnya. Maka, coba untuk menjadikan keberadaan pesaing sebagai bagian pengembangan bisnis Anda.

Jangan menjadikan pesaing sebagai musuh dalam usaha Anda, jadikan pesaing sebagai mitra atau sebagai motivasi dalam bisnis Anda, sehingga akan tercipta pasar yang sehat dalam bisnis Anda. Persaingan tidak sehat, akan menciptakan bisnis yang tidak sehat, dan berakibat pada kerugian.

Tiga hal di atas, harus diterapkan dalam usaha atau bisnis Anda, baik dalam offline maupun Online. Paham pasar Anda, paham pelanggan Anda dan paham pesaing Anda. Maka, Anda dapat menciptakan usaha atau bisnis yang sehat, dan berkembang sesuai keinginan Anda.  

Demikian pembahasan kita kali ini mengenai tiga hal penting yang harus dilakukan pengusaha. Semoga artikel ini bermanfaat, dan menjadikan kita semakin giat untuk terus melakukan inovasi dalam berwirausaha. Terima kasih. semoga pembahasan ini bermanfaat. Salam. Ari Sedesa.id

Artikel Menarik
UGM Pendampingan Pengembangan Pasar Desa di Kawasan Menoreh
UGM Lakukan Pendampingan Pengembangan Pasar Desa di Kawasan Menoreh