• Call: +6285643190105
  • E-mail: sapasedesa@gmail.com
  • Login
  • Register
Education Blog
  • Desa
    • Koperasi
    • BUMDes
    • Peluang Usaha
    • Materi dan Publikasi
  • Digital Marketing
  • Nalara Kopi
  • Sedesa TV
  • Layanan
    • Pelatihan Wisata Berkelanjutan
    • Pelatihan Pasar Rakyat
No Result
View All Result
sedesa.id
No Result
View All Result
Home PUSTAKA Materi Digital Marketing Lengkap

Tiga Hal Penting Yang Harus Dilakukan Pengusaha

Ryan Ariyanto by Ryan Ariyanto
September 7, 2020
in Materi Digital Marketing Lengkap, Peluang Usaha
0
Tiga Hal Penting Yang Harus Dilakukan Pengusaha
Share on FacebookShare on TwitterShare on WhatsappShare on TekegranShare on Tekegran

Sedesa.id Selalu ada kunci sukses bagi para pelaku usaha. Kita mungkin hanya melihat ketika pelaku usaha sudah sukses, akan tetapi lupa bagaimana mereka berproses. Apa saja yang menjadi kunci sukses dari pelaku usaha? Berikut adalah ulasan tiga hal penting yang harus dilakukan pengusaha.

McKinsey Global Institut, melakukan kajian terhadap Pelaku Usaha Kecil dan Menengah dan mengatakan bahwa UKM yang menggunakan teknologi informasi dan komunikasi dapat berkembang dua kali lebih cepat. Hal ini, sejalan dengan pergeseran pola konsumen dari yang awalnya secara tradisional (offline) menuju digital (Online).

RelatedPosts

Kopi dalam Budaya Indonesia: Tradisi, Kekayaan, dan Pilihan Kopi Berkualitas

Profil dan Rate Card 10 Influencer Chef Paling Populer di Indonesia

Indonesia Produsen Kopi Terbesar ke-4 di Dunia Yakin nggak mau bisnis kopi?

UKM yang menggunakan teknologi informasi dan komunikasi dapat berkembang dua kali lebih cepat. McKinsey Global Institut   Belakangan, digitalisasi industri kian marak, dan membawa dampak positif dalam upaya mengembangkan usaha/bisnis. Sejalan dengan temuan McKinsey Global Institut.

Namun, apakah penggunaan informasi dan komunikasi atau digitalisasi saja sudah cukup? Ada baiknya, Anda sebagai pelaku usaha juga menerapkan strategi yang sebenarnya umum namun tidak semua pelaku usaha menyadari pentingnya penerapan dalam bisnis. Strategi yang bisa sesuai dengan usaha atau bisnis Anda, baik yang masih dalam ranah offline maupun yang telah merambah Online.  

1. Pahami Pasar

Pertama-tama yang harus dilakukan pengusaha adalah dengan paham terhadap pasar dari produk atau usahanya. Kenali pasar Anda, sebagai pelaku usaha Anda harus benar-benar mengenali pasar dari usaha/bisnis Anda secara luas. Dengan mengenali pasar, Anda akan mendapatkan inovasi dan ide baru untuk pengembangan produk.

Pasar di sini, jangan hanya melihat pasar potensial, namun keseluruhan pasar yang dapat ditarik menjadi pelanggan Anda.   Ingat, sebuah inovasi dan ide untuk pengembangan produk itu sangat mahal harganya. Dan pasar Anda adalah pencipta dari inovasi dan ide tersebut, bisa dari kebiasaan mereka, permintaan mereka, dan masukan dari mereka.  

2. Pahami Pelanggan

Keberadaan pelanggan adalah bagian yang memberi kehidupan dan keberlangsungan dari sebuah usaha yang Anda jalankan. Tanpa adanya pelanggan, bisnis yang Anda jalankan akan mengalami kemunduran atau kerugian, dan pada akhirnya selesailah bisnis Anda.

Maka, pelanggan harus menjadi target utama dalam usaha atau bisnis Anda. Anda harus memahami pelanggan Anda dengan sebaik mungkin; seperti apa pelanggan yang sesuai dengan produk Anda, bagaimana karakteristik pelanggan Anda, bagaimana perilaku pelanggan Anda, dan lain sebagainya.

Memahami pelanggan, artinya Anda harus dapat menyesuaikan produk dari usaha Anda agar sesuai dengan kemauan atau keinginan dari pelanggan Anda. Keinginan pelanggan bisa mencerminkan keinginan pasar pada umumnya. Kemampuan Anda memahami dan menyesuaikan usaha Anda kepada pelanggan, akan membawa usaha Anda berkembang semakin maju.

3. Pahami Pesaing

Apa yang harus dilakukan pengusaha selanjutnya? Pahami pesaing. Persaingan akan terus terjadi, dalam bisnis persaingan adalah hal yang tidak dapat Anda hindari. Apa pun usaha Anda, pasti akan ada pesaingnya. Maka, coba untuk menjadikan keberadaan pesaing sebagai bagian pengembangan bisnis Anda.

Jangan menjadikan pesaing sebagai musuh dalam usaha Anda, jadikan pesaing sebagai mitra atau sebagai motivasi dalam bisnis Anda, sehingga akan tercipta pasar yang sehat dalam bisnis Anda. Persaingan tidak sehat, akan menciptakan bisnis yang tidak sehat, dan berakibat pada kerugian.

Tiga hal di atas, harus diterapkan dalam usaha atau bisnis Anda, baik dalam offline maupun Online. Paham pasar Anda, paham pelanggan Anda dan paham pesaing Anda. Maka, Anda dapat menciptakan usaha atau bisnis yang sehat, dan berkembang sesuai keinginan Anda.  

Demikian pembahasan kita kali ini mengenai tiga hal penting yang harus dilakukan pengusaha. Semoga artikel ini bermanfaat, dan menjadikan kita semakin giat untuk terus melakukan inovasi dalam berwirausaha. Terima kasih. semoga pembahasan ini bermanfaat. Salam. Ari Sedesa.id

Bagikan ini:

  • Klik untuk membagikan di Facebook(Membuka di jendela yang baru) Facebook
  • Klik untuk berbagi di X(Membuka di jendela yang baru) X

Terkait

Previous Post

Rincian Alokasi Dana Desa 2019 Provinsi Aceh

Next Post

Rincian Alokasi Dana Desa 2019 Provinsi Sumatera Utara

Ryan Ariyanto

Ryan Ariyanto

Ryan Ariyanto aktif berkegiatan untuk desa, pemberdayaan masyarakat dan dunia digital marketing. Selain aktif mengelola sedesa.id, juga sebagai Peneliti Lepas Pusat Studi Ekonomi Kerakyatan UGM. Saat ini bekerja sebagai Analis Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka - Kampus Merdeka Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Related Posts

Sedesa.id Budaya Kopi dan Kualitas Kopi Indonesia
Nalara Kopi

Kopi dalam Budaya Indonesia: Tradisi, Kekayaan, dan Pilihan Kopi Berkualitas

by Ryan Ariyanto
Maret 5, 2025
0

Sedesa.id Indonesia adalah salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia, dengan beragam jenis kopi yang memiliki cita rasa khas....

Read moreDetails
Profil dan Rate Card 10 Influencer Chef Paling Populer di Indonesia
Peluang Usaha

Profil dan Rate Card 10 Influencer Chef Paling Populer di Indonesia

by Ryan Ariyanto
Februari 8, 2025
0

Sedesa.id Apakah Anda pernah berpikir atau mempunyai cita-cita menjadi seorang chef? Jika demikan tentu Anda tidak sing dengan banyak chef...

Read moreDetails
Indonesia Produsen Kopi Terbesar ke-4 di Dunia Yakin nggak mau bisnis kopi?
Nalara Kopi

Indonesia Produsen Kopi Terbesar ke-4 di Dunia Yakin nggak mau bisnis kopi?

by Ryan Ariyanto
Februari 2, 2025
0

Sedesa.id Indonesia dikenal sebagai salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia. Menurut data terbaru dari United States Department of Agriculture...

Read moreDetails

Tinggalkan BalasanBatalkan balasan

Archive

Most commented

Kolaborasi Koperasi Merah Putih, UMKM, dan BUMDes untuk Dorong Ekonomi Desa

Peran Koperasi Desa dalam Ketahanan Pangan dan Kesehatan Masyarakat

Sistem Monitoring dan Evaluasi Koperasi Desa Merah Putih

Pendanaan Koperasi Desa Merah Putih: Dari APBN hingga Dana Desa, Siapa Bayar Apa?

Struktur Organisasi Koperasi Desa Merah Putih: Siapa Mengatur, Siapa Diawasi?

Jenis Usaha Koperasi Desa Merah Putih: Jangan Hanya Simpan Pinjam

Seedbacklink
Banner BlogPartner Backlink.co.id
  • About us
  • Terms of service
  • Privacy Policy
Call us: 085643190105

Sedesa.id © 2025

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In
No Result
View All Result
  • Desa
    • Koperasi
    • BUMDes
    • Peluang Usaha
    • Materi dan Publikasi
  • Digital Marketing
  • Nalara Kopi
  • Sedesa TV
  • Layanan
    • Pelatihan Wisata Berkelanjutan
    • Pelatihan Pasar Rakyat

Sedesa.id © 2025

Eksplorasi konten lain dari sedesa.id

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca