Peluang Usaha Rumahan Modal Kecil Menjanjikan
Peluang Usaha Rumahan Modal Kecil Menjanjikan

Peluang Usaha Rumahan Modal Kecil Menjanjikan

Sedesa.id Peluang Usaha Rumahan Modal Kecil: Sahabat Sedesa, banyak sekali peluang usaha yang dapat kita jalankan, tanpa harus meninggalkan pekerjaan kita, karena sebagian besar dari kita mungkin masih belum siap jika meninggalkan pekerjaan dan kemudian fokus menjalankan usaha, ada berbagai pertimbangan, misalnya belum adanya modal yang cukup, masih takut jika mengalami kegagalan. Maka sahabat bisa memulai dengan mencoba peluang usaha rumahan modal kecil yang akan kita bahas berikut ini.

Menjadi karyawan atau pekerja dengan menggantungkan kebutuhan hidup dari pendapatan berupa gaji tetap, di satu sisi memberikan kejelasan pendapatan namun sering kali kebutuhan hidup yang meningkat tidak dapat dipenuhi oleh pendapatan atau gaji tetap. Sehingga butuh pendapatan tambahan, dan sulit di era sekarang ini mendapatkan tambahan dari lembur pekerjaan, gaji sudah mentok di angka itu-itu saja.

Ketika kebutuhan hidup semakin banyak,  terlebih bagi sahabat sekalian yang saat ini sudah berumah tangga; ada keutuhan bulanan, ada kebutuhan untuk anak, ada kebutuhan sekolah dan kebutuhan rumah tangga lainnya yang tidak dapat ditunda-tunda. Karenanya, kita dituntut mampu berpikir untuk mencari tambahan pendapatan guna terpenuhinya kebutuhan hidup keluarga kita.

Salah satu cara memenuhi kebutuhan hidup tersebut adalah dengan membuka usaha sendiri, usaha yang bersifat tambahan. Peluang usaha rumahan menjadi salah satu yang banyak dicari dan dijadikan usaha sampingan bagi karyawan. Peluang usaha rumahan ini juga tidak memerlukan banyak biaya, bahkan peluang usaha rumahan dapat dijalankan tanpa modal. Berikut adalah peluang usaha rumahan yang dapat Anda pilih untuk dijadikan usaha sampingan Anda;

  • Usaha Laundry

Bagi Anda yang tinggal di pemukiman cukup padat, ada baiknya Anda melihat lingkungan sekitar, seberapa besar peluang usaha laundry. Jika di area Anda tinggal belum banyak usaha sejenis, ada baiknya Anda mempersiapkan diri untuk mengambil peruntungan dari peluang usaha laundy yang ada di daerah Anda tersebut.

Membuka usaha laundry memang sangat menguntungkan, akan tetapi untuk memulai usaha laundry baju atau pakaian kita memerlukan modal yang bisa dibilang cukup besar, tergantung seberapa besar kapasitas dan feature peralatan yang ingin kita gunakan. Bagi Anda yang baru saja akan mencoba, maka bisa menggunakan peralatan sesuai kebutuhan awal saja, tidak harus dalam kapasitas besar.

Perihal modal awal ini, kita bisa siasati dengan melihat peralatan yang telah ada di rumah kita, misalnya mesin cuci yang sudah kita miliki, strika baju yang sudah kita miliki. Nantinya jika permintaan semakin besar, baru membeli mesin cuci dan peralatan lain sesuai dengan kebutuhan.

Mengapa usaha laundry menguntungkan dan patut untuk Anda jadikan salah satu usaha sampingan Anda? Coba Anda lihat kebutuhan orang saat ini, mereka butuh dilayani, salah satunya membutuhkan jasa atau kemudahan dalam membersihkan atau menyuci pakaian mereka, karena mereka tidak memiliki banyak waktu luang oleh sebab aktivitas atau kesibukan.

  • Membuka Usaha Jasa Les Privat

Bagi Anda yang memiliki latar belakang sebagai pengajar, mengapa tidak membuka usaha jasa les privat sesuai bidang Anda? Saat ini kebutuhan les privat sudah menjadi salah satu kebutuhan yang wajib, mengingat persaingan di dunia pendidikan yang semakin berat bagi peserta didik, sehingga banyak orang tua mengambil langkah yaitu memberikan les privat untuk putra-putri mereka agar tidak ketinggalan atau agar mampu unggul dalam mata pelajaran di sekolah.

Saat ini keberadaan bimbingan belajar sangat digemari guna mempersiapkan putra-putri dalam menghadapi ujian. Bagi Anda yang memang berlatar belakang pendidik  Anda bisa membuka les privat di rumah Anda, karena membuka jasa les privat juga akan lebih fleksibel bagi peserta didik dan juga Anda. Les privat ini bisa Anda kerjakan dengan datang ke tempat, atau Anda membuka khusus di rumah Anda sendiri.  Ketika memutuskan membuka di rumah sendiri maka kira-kira modal yang diperlukan kurang dari 3 juta yaitu untuk membeli perlengkapan seperti papan tulis, alat tulis, meja dan kursi, dan buku ajar atau modul.

  • Peluang Usaha Warung Kopi

Kebutuhan orang untuk berkumpul dan melepas lelah setelah bekerja seharian saat ini kian beragam, salah satunya adalah dengan mengunjungi warung kopi. Warung kopi saat ini banyak dicari dan dijadikan sebagai tempat rehat atau menikmati malam hari. Tentu ini merupakan satu peluang yang dapat Anda ambil untuk dijadikan usaha sampingan.

Terlebih jika  di lingkungan Anda cukup ramai, maka sudah dapat dipastikan usaha warung kopi Anda akan memiliki pelanggan yang ramai pula. Apa lagi jika banyak kos atau area yang berdekatan dengan kampus, maka usaha warung kopi akan semakin ramai baik di jalankan penuh waktu atau hanya ketika sore dan malam hari sepulang kerja.

Anda tidak harus membayangkan seperti layaknya kedai kopi besar, Anda dapat membuat konsep mini warung kopi di halaman rumah Anda, seperti layaknya angkringan di Jogja namun dengan memiliki area yang lebih luas.

  • Peluang Usaha Cuci motor

Untuk urusan cuci mencuci, seperti halnya jasa laundry pakaian Karena kesibukan, orang tidak sempat mencuci motornya sehingga urusan cuci motor dilimpahkan kepada jasa cuci motor. Jika Anda memiliki pekarangan yang cukup luas dan strategis, Anda dapat menangkap peluang jasa cuci motor ini. Atau jika memungkinkan, Anda dapat menyewa tempat atau lokasi khusus. Tentu dengan melakukan analis terlebih dahulu apakah usaha Cuci Motor potensial di daerah Anda.

Patut kita ingat, saat ini hampir setiap orang memiliki sepeda motor yang digunakan untuk kegiatan sehari-hari, seperti disebutkan di atas sebagian pemilik kendaraan tidak rajin atau memiliki waktu luang untuk mencuci kendaraan mereka sendiri. Nah, di sini Anda bisa membuka usaha jasa cuci motor untuk menggantikan peran mereka.

Ingin tahu lebih banyak peluang usaha yang dapat Anda jalankan? Silakan baca artikel berikut: Peluang Usaha Rumahan Tahun 2020 Modal Kecil Untung Besar

Kesimpulan

Banyak peluang usaha rumahan yang dapat kita jadikan usaha rumahan di tahun 2020, peluang usaha rumahan modal kecil, atau pun peluang usaha rumahan untuk ibu rumah tangga dan juga untuk karyawan. Dari banyaknya peluang usaha yang ada, tinggal bagaimana kita melihat dan menangkap menjadi usaha kita.

Dari empat peluang usaha rumahan di atas semoga ada yang dapat menjadi inspirasi kita dalam memulai usaha sampingan kita. Tinggal bagaimana kemampuan kita dalam menangkap peluang usaha yang ada. Terima kasih semoga bermanfaat. Salam. Ari Sedesa.id

Artikel Menarik
Potensi Unit Usaha BUMDes Pasar Desa
Potensi Unit Usaha BUMDes Pasar Desa