Peluang Usaha Rumahan Tahun 2020 Modal Kecil Untung Besar
Peluang Usaha Rumahan Tahun 2020 Modal Kecil Untung Besar

Peluang Usaha Rumahan Tahun 2020 Modal Kecil Untung Besar

Sedesa.id Peluang usaha rumahan menjadi pilihan menarik bagi sebagian besar orang saat ini, karena usaha rumahan ini bisa dikerjakan tanpa harus meninggalkan pekerjaan kita saat ini. Hal ini tentu menjadi jawaban bagi para karyawan yang ingin memulai sebuah usaha namun masih takut kehilangan pendapatan bulanan yang pasti.

Karyawan memiliki usaha sampingan yaitu usaha rumahan tentu akan menjadi pilihan menarik usaha di tahun 2020 ini. Menjadi pertanyaan kita adalah usaha rumahan apa yang menarik di tahun 2020, usaha apa yang menjanjikan bagi karyawan, usaha apa yang dapat dijalankan tanpa modal, usaha modal kecil yang dapat dijalankan, dan usaha apa yang menjadi tren tahun 2020. Itu yang akan kita bahas pada artikel kali ini.

Pendahuluan

Pada tahun 2019 kita telah banyak melihat kemunculan jenis usaha yang ramai dilakukan oleh pengusaha baru, berbagai jenis usaha yang masih bertahan sampai saat ini dan diprediksi masih akan bertahan sampai tahun-tahun mendatang, peluang usaha rumahan pada tahun 2019 ini pun masih diprediksi akan ramai konsumen di tahun 2020.

Tahun 2019 kita telah banyak melihat berbagai tren bisnis yang mengedepankan model viral, baik itu kuliner vira, Fashion viral, wisata viral, kerajinan aksesoris viral, dan berbagai usaha dengan mengedepankan ke-viralan yang ada di masyarakat.

Selain jenis usaha viral, tentu saja ada jenis usaha yang bisa berjalan dari tahun ke tahun dan masih banyak peluang ketika dijalankan di tahun 2019 kemarin, jenis usaha ini juga diprediksi masih akan berlangsung ramai dan memiliki potensi di tahun 2020, berikut adalah daftar usaha rumahan yang ramai di tahun 2019.

1. Layanan Jasa Pembukuan UMKM
2. Jasa Penitipan dan Perawatan Hewan Peliharaan
3. Layanan Jasa Manajemen Sosmed
4. Payment Point Online Banking (PPOB)
5. Fotografer
6. Layanan Jasa Ketik
7. Membuat Tanaman Artifisial
8. Editor dan Proofreader
9. Konsultan SEO
10. Tukang Service Perabotan Elektronik
12. Laundry Kiloan
12. Penulis Online
13. Penulis Ebook
14. Jahit dan Permak Pakaian
15. Katering Harian
16. Youtuber
17. Guru Privat
18. Web Designer
19. Penerjemah
20. Jasa Cuci Kendaraan Bermotor
21. Jual Pulsa dan Paket Internet
22. Menjadi Dropshipper
23. Snack Kemasan yang Unik
24. Air Minum Isi Ulang
25. Tukang Potong Rambut

25 Peluang Usaha Rumahan Tahun 2020 Modal Kecil Untung Besar
25 Peluang Usaha Rumahan Tahun 2020 Modal Kecil Untung Besar

Melihat Jenis Peluang Usaha di Tahun 2020

Di atas telah kita bahas peluang usaha yang telah ramai pada tahun 2019, bagaimana dengan peluang usaha tahun 2020? Pada artikel sebelumnya telah kita bahas potensi dari usaha yang akan ramai pada tahun 2020, artikel ini dapat di baca di sini: Jenis Peluang Usaha di Tahun 2020 dan berikut adalah ringkasan dari artikel tersebut;

1. Peluang Usaha Rumahan Sampingan

Peluang usaha rumahan sampingan masih menjadi pilihan sebagian besar orang. Sejak 2018 dan berlanjut sampai saat ini, pekerjaan sampingan mulai menjadi pilihan bagi banyak orang utamanya karyawan dan juga mahasiswa. Dan tidak sedikit yang kemudian sukses menjalankan usaha sampingan dan akhirnya menjadi usaha utama untuk pendapatan mereka.

2. Peluang Usaha Rumahan Kuliner

Peluang usaha rumahan kuliner tidak pernah redup, pasang surut terjadi, namun terus ramai peminat dan pemain baru yang silih berganti. Mengapa peluang usaha kuliner tidak ada matinya? Jawabannya kita sebagai Mahluk hidup, membutuhkan asupan makanan untuk tubuh kita. Maka, kita akan melakukan apa saja untuk kelangsungan hidup kita, salah satunya dengan mengonsumsi makanan.

3. Peluang Usaha Rumahan Online

Peluang usaha rumahan berbasis Online sangat didukung dengan perkembangan teknologi dan komunikasi di era digital, tidak lagi sebatas sebagai alat berkomunikasi saja. Jauh dari itu, perkembangan era digital telah memunculkan banyak peluang. Salah satunya adalah, memfasilitasi para pelaku usaha untuk menciptakan pasar yang lebih besar.

4. Peluang Usaha Rumahan Kreatif

Peluang usaha rumahan kreatif menjadi perhatian khusus, pemerintah mulai gencar memberikan fasilitas untuk pelaku usaha kreatif, dari segi permodalan, pendidikan dan pelatihan. Hal ini, harus Anda tangkap sebagai peluang. Di mana pemerintah memiliki fokus pada industri kreatif, berarti peluang dari usaha ini akan terbuka lebar.

5. Peluang Usaha Rumahan Jasa

Peluang usaha rumahan jasa menjawab kebutuhan dan pola hidup. Tahun berganti, generasi berganti, pola hidup berganti, semakin berkembangnya masyarakat semakin banyak kebutuhan yang tidak lagi bisa diselesaikan sendiri. Misalnya; memasak, mencuci, dan lain sebagainya. Sudah banyak ditinggalkan, orang lebih memiliki menggunakan jasa orang lain untuk melakukan pekerjaan harian.

Peluang Usaha Rumahan Tahun 2020 Modal Kecil Untung Besar terbaik
Peluang Usaha Rumahan Tahun 2020 Modal Kecil Untung Besar terbaik

Daftar 10 Peluang Usaha tahun 2020 modal kecil untung besar dan menjanjikan

Di atas kita telah membahas berbagai jenis dan peluang usaha yang telah terbukti ramai konsumen atau pasar. Memiliki usaha yang menjanjikan tentu menjadi keinginan bagi setiap orang, terutama bagi mereka yang memang sudah ada rencana untuk memiliki usaha di tahun 2020, baik itu usaha sampingan 2020, usaha rumahan 2020 yang dapat dijalankan oleh karyawan, mahasiswa dan siapa saja yang memang ingin memiliki usaha di tahun 2020.

Berikut adalah 10 peluang usaha di tahun 2020 dengan modal kecil dan menjanjikan keuntungan besar

1. Peluang Usaha Rumahan Startup Digital Media

Kita telah memasuki era 4.0 yang mana semua lini kehidupan hampir memasuki atau serba digital, kehidupan masyarakat pun berubah tidak hanya offline tapi ada kebutuhan untuk online.

Era digital 4.0 ini tentu menjadi peluang usaha yang menarik untuk Anda jalankan. Mengapa demikian? Sebagian besar dari Anda pasti tidak jarang melihat sebuah portal website baru yang ada di internet. Mereka adalah para pelaku usaha yang memilih starup digital media sebagai usaha mereka.

Bagaimana model usaha startup digital media ini? Secara umum tugas dari startup digital media adalah memproduksi konten berbasis digital dan online, mereka akan membahas topik khusus biasanya sesuai dengan minat atau hobi dari pemiliknya.

Anda jangan membayangkan bahwa konten yang dihadirkan harus konten yang berat, banyak starup digital yang membahas konten-konten ringan tentang kehidupan sehari-hari atau topik sehari-hari.

Misalnya imaos.id website ini hadir untuk memberikan informasi seputar parenting dan keuangan ala milenial, konten-konten yang ada di dalamnya di kemas dengan bahasa yang ringan, tidak menggurui dan mengajak kita berdiskusi seputar parenting dan keuangan dengan cara yang menyenangkan.

Selain itu, imaos.id juga menghadirkan info grafik yang menarik yang mereka bagikan di media sosial mereka seperti instagram, sehingga bagi Anda kaum milenial yang ‘sulit’ memahami artikel panjang dapat dibantu melalui info grafis ini.

Apakah Anda tertarik, bagaimana membuat sebuah starup usaha? Banyak jasa yang dapat membantu Anda mewujudkan memiliki media digital Anda sendiri, salah satunya Anda bisa menggunakan jasa dari jogjawebhost

2. Peluang Usaha Rumahan Jasa Fotografer

Sebagian dari Anda pasti berpikir apakah jasa fotografer masih menjanjikan untuk dijalankan pada tahun 2020? Karena saat ini hampir semua orang sudah memiliki smartphone yang memiliki kapasitas dan fitur canggih untuk melakukan pemotretan sendiri? Pertanyaan itu memang banyak ditanyakan ke saya, dan saya menemukan jawaban yang mengejutkan setelah melakukan penelitian mengenai potensi usaha jasa fotografer.

Tahun 2020 adalah tahun yang mencerminkan tahun industri digital, banyak usaha yang telah berhasil beralih ke model digital, mereka menjual produk mereka melalui marketplace atau toko online, seperti tokopedia, bukalapak, shopee dan lain sebagainya.

Oleh karena itu kebutuhan akan fotografi untuk produk atau jasa akan meningkat. Selain itu, kreativitas yang dihasilkan dari produk fotografi saat ini sudah banyak ragamnya.

Ketika kami telusuri mengenai jasa fotografi di era digital, ternyata belum begitu banyak orang-orang yang benar-benar menekuni bidang ini karena dianggap sulit dalam melakukan proses pemotretan dan proses pengeditan.

Sehingga hal ini menjadi peluang usaha bagi Anda yang ingin mencoba sebuah usaha yang kreatif, apa lagi jika pada dasarnya Anda memang memiliki hobi tersebut.

Apa saja produk yang dapat Anda buat dengan jasa fotografi? Banyak sekali seperti; prewedding, lamaran, pernikahan, foto produk, dan jasa editing foto.

Bagaimana Anda tertarik untuk menjalankan usaha jasa fotografi di tahun 2020? Jika iya, maka Anda perlu mempersiapkan dari sekarang apa saja yang Anda butuhkan, dan mengasah keahlian Anda dalam memotret dan tentu saja editing foto.

3. Peluang Usaha Rumahan Desain Undangan

Peluang usaha desain undangan mungkin terlihat sederhana, namun Anda jangan terkejut ketika mengetahui omset dari usaha ini, yang terbilang luar biasa besar.

Usaha Desain Undangan bisa menjadi pilihan bagi usaha rumahan yang bisa dijalankan oleh mahasiswa dan karyawan. Usaha desain undangan tentu akan menjadi usaha yang laris manis di tahun 2020, mengapa demikian?

Karena kita memahami kebutuhan akan undangan akan selalu ada, baik itu undangan pernikahan, undangan ulang tahun dan acara undangan lainnya. Sehingga pada dasarnya usaha undangan akan dapat berjalan karena permintaan pasar terus ada.

Untuk menjalankan usaha desain undangan yang Anda butuhkan adalah seperangkat alat desain; komputer/laptop dan aplikasi desain, kemudian keahlian dan kemampuan Anda dalam mendesain undangan.

Sebagai langkah awal Anda bisa memulai dengan membuat berbagai template dari model dan jenis undangan yang beraga, template desain Anda ini kemudian dapat Anda pamerkan atau Anda promosikan melalui media sosial, atau marketplace dan portal jasa frelancer.

Sebagai contoh Anda dapat menjual kemampuan Anda dalam membuat desain undangan di fastwor. yang merupakan situs frelancer terbesar di Indonesia.

4. Peluang Usaha Rumahan Sewa Dekorasi Photobooth

Usaha sewa dekorasi photobooth mulai ramai sejak tahun 2018, jika kita pergi ke sebuah acara misalnya pernikahan kita dapat melihat adanya spot foto / Photobooth yang dimaksudkan untuk tempat berfoto dengan berbagai aksesoris menarik yang tersedia.

Selain di pernikahan, Photobooth juga dapat kita temui di berbagai acara lain, seperti pameran yang sering di adakan di mal atau acara car free day dan acara acara lain.

Usaha sewa dekorasi photobooth diprediksi akan menjadi tren bisnis rumahan tahun 2020, sehingga Anda dapat mencobanya, dan tentu untuk hasil yang akan Anda perolehan cukup menjanjikan.

Menilik dari segi modal memang membutuhkan modal yang agak lumayan besar di banding contoh usaha yang telah dibahas di atas, akan tetapi Anda dapat menyiasati dengan patungan dengan teman Anda atau mengajukan kerja sama dengan orang lain yang memiliki kesamaan, misal kepada mereka yang membuka jasa fotografi.

Kenapa modal cukup besar? karena sejak awal memerlukan berbagai aksesoris pendukung yang beragam dan perlu untuk terus diperbaharui mengikuti tren serta menciptakan keunikan yang beda dari yang lainnya.

5. Peluang Usaha Rumahan Loket Online

Usaha rumahan yang satu ini sangat cocok bagi Anda yang sudah menikah, terutama bagi Anda yang sudah memiliki toko konvensional, sehingga Anda bisa menambahkan layanan loket pembayaran berbasis aplikasi seperti Fastpay, Payfazz, Mitra Bukalapak dan banyak lainnya yang menyediakan jasa pembayaran online sehingga mempermudah manajemen bisnis Anda.

Selain model loket online, Anda juga bisa bermitra dengan marketplace yang ada, seperti tokopedia dan bukalapak yang memberikan kesempatan untuk menjadi mitra bagi pemilik toko kelontong.

Terlebih bagi Anda yang tinggal di kawasan padat penduduk serta memiliki posisi yang strategis maka Anda sangat berkesempatan untuk membuka toko kelontong yang di integrasikan dengan layanan online.

6. Peluang Usaha Rumahan Suvenir

Peluang usaha tahun 2020 yang dapat dilakukan secara rumahan salah satunya adalah dengan membuat suvenir. Permintaan akan  suvenir dapat kita lihat terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, baik itu suvenir yang bersifat umum atau yang bersifat khusus atau kecaraan seperti suvenir pernikahan, suvenir acara, seminar dan lain sebagainya.

Peluang usaha suvenir yang menjanjikan di tahun 2020 dan tahun mendatang tentu perlu untuk Anda coba. Kata kunci dari kesuksesan usaha suvenir adalah inovasi, karenanya Anda bisa mengkreasikan suvenir yang unik serta lucu untuk memberikan kesan inovasi yang berbeda.

Contohnya inovasi dan kreasi usaha suvenir seperti membuat gantungan kunci yang unik dan tematik, gelas dengan desain yang menarik khas etnik, tas atau dompet kanvas dengan corak sesuai permintaan konsumen, memanfaatkan bahan baku yang ramah lingkungan dan masih banyak lagi.

Karenanya ketika Anda menggeluti usaha suvenir Anda tidak boleh sampai ketinggalan update kekinian dari permintaan pasar, baik itu corak, desain dan model.

Misal pada tahun mendatang telah banyak isu mengenai bahan baku kerajinan yang ramah lingkungan dan dari sumber daya terbarukan, maka Ada baiknya Anda membuat suvenir dari bahan baku yang ramah lingkungan atau kreasi daur ulang. Dengan membawa isu lingkungan, tentu suvenir yang Anda buat akan memiliki nilai jual sendiri.

7. Peluang Usaha Rumahan Paper Flower

Usaha paper flower menjadi salah satu tren bisnis rumahan yang menjanjikan di tahun 2020. Usaha ini adalah usaha yang mengedepankan ide kreatif, bagi Anda yang memang berjiwa kreatif dan memiliki minat di bidang dekor Anda bisa memulai usaha paper flower ini.

Usaha paper flower mengharuskan Anda untuk menuangkan ide-ide unik serta kreatif secara penuh, agar Anda dapat  membuat kerajinan tangan dari kertas ini dan memiliki keunikan dari yang lain.

Bagaimana peluang pasarnya? Usaha paper flower akan ramai pada acara seperti ulang tahun, lamaran dan berbagai acara syukuran lainnya. Mengingat acara-acara tersebut selalu ramai sepanjang tahun, maka dapat dikatakan menggeluti usaha paper flower adalah pilihan yang tepat.

8. Peluang Usaha Rumahan Jasa Makeup

Peluang usaha jasa makeup tahun 2020 menjadi salah satu peluang usaha yang sangat menjanjikan dan akan berkelanjutan di tahun tahun berikutnya. Kita ketahui bersama kebutuhan seseorang untuk terlihat menarik, cantik, dalam sebuah acara tidak dapat lepas dari jasa seorang ahli rias.

Sangat menguntungkan bagi Anda yang memiliki keahlian merias wajah, Anda bisa membuka usaha ini bahkan bagi Anda yang saat ini masih menjadi mahasiswa, usaha jasa makeup ini bisa Anda jadikan usaha sampingan yang sangat menjanjikan, mengingat di kampus tentu ada acara wisuda yang membutuhkan jasa rias.

Bagi Anda yang ingin menjalankan usaha jasa makeup namun belum pandai merias, jangan khawatir Anda dapat mengikuti kursus terlebih dahulu, di berbagai daerah ada kursus merias.

Peluang pasar dari jasa rias ini adalah untuk acara wisuda, pernikahan, prewedding, lamaran, kondangan dan maka up acara-acara resmi lainnya.

9. Peluang Usaha Rumahan Jasa Henna

Usaha Jasa Hena sudah menjadi tren sejak beberapa tahun yang lalu, dan saat ini usaha jasa hena patut Anda pertimbangkan bagi Anda yang memang memiliki kegemaran menggambar maupun melukis karena peluang pasar yang sangat besar.

Usaha Henna atau kegiatan melukis tangan dengan Henna ini akan menjadi salah satu tren bisnis rumahan tahun 2020 yang cukup menjanjikan. Ini sejalan dengan usaha yang lain, yang berhubungan dengan acara pernikahan.

Ketika Anda membuka jasa hena, Anda bisa bekerja sama dengan berbagai usaha lain yang saling mendukung dalam acara pernikahan, jangan salah, usaha hena ini walau dilihat sederhana tapi tidak banyak yang benar-benar bisa melukis indah untuk pernikahan.

Maka Anda yang memang memiliki keahlian membuat hena, bisa memulai dengan membuat berbagai gambar hena di tangan Anda atau kerabat Anda, dan kemudian Anda promosikan melalui media sosial Anda.

10. Peluang Usaha Rumahan Kreasi Mahar

Peluang usaha tahun 2020 yang terakhir dan juga masih berhubungan dengan pernikahan adalah usaha kreasi mahar. Usaha rumahan kreasi mahar meliputi, kotak hantaran, kotak cincin dan perlengkapan pernikahan lainnya.

Melihat tren yang ada, usaha kreasi mahar menjadi tren usaha yang tidak pernah surut, karena memang kebutuhan akan kreasi mahar tidak dapat lepas dari pasangan yang akan menikah.

Pengusaha pemula yang menggeluti usaha kreasi mahar banyak yang menuai sukses, kunci kesuksesan mereka adalah ide yang segar dalam membuat kreasi mahar, keunikan dari yang lain memang menjadi salah satu daya tarik bagi calon pembeli kreasi mahar. Oleh karena itu Anda pun dituntut kreatif dan up to date ketika menggeluti usaha ini, Anda harus dapat mengkreasikan berbagai mahar, kotak cincin, hantaran serta menerima berbagai jenis tema pesanan yang dipilih oleh konsumen.

10 Peluang Usaha Rumahan Tahun 2020 Modal Kecil Untung Besar terbaik
Peluang Usaha Rumahan Tahun 2020 Modal Kecil Untung Besar

Kesimpulan

Peluang usaha rumahan tahun 2020 sangat banyak yang bisa Anda pilih, mulai dari peluang usaha kuliner, peluang usaha online, peluang usaha digital, peluang usaha kreativitas dan berbagai jenis lainnya.

Peluang usaha yang ada ini dapat dilakukan oleh siapa saja, baik itu oleh karyawan atau mahasiswa. Sehingga titik kuncinya adalah bukan apa peluang usaha yang ada, namun siapa yang mampu menangkap dan menjalankan peluang usaha yang ada.

Peluang usaha tahun 2020 tentu akan terus berkembang, dengan berbagai kondisi perekonomian dan sosial masyarakat yang ada di sekitar kita, sehingga apa yang telah kita bahas di atas adalah prediksi yang bersifat sementara dan dapat berubah.

Dari berbagai peluang usaha yang ada, mana yang paling cocok dengan Anda? Tentu Anda sendiri yang dapat menjawab, pilihan ada di tangan Anda, peluang usaha apa yang cocok dengan Anda.

Selamat mencoba dan menjadi pengusaha sukses, semoga artikel mengenai peluang usaha rumahan tahun 2020 ini dapat bermanfaat, dan kita bersama dapat menjadi pengusaha sukses. Salam Ari Sedesa.

Artikel Menarik
Contoh RAB Pelatihan BUMDes
Contoh RAB Pelatihan BUMDes