Peluang Usaha
Bagaimana cara mendapatkan peluang usaha

Cara Menangkap Peluang Usaha yang baik

Sedesa.id Kita akan membahas mengenai Cara Menangkap Peluang Usaha. Bagaimana cara menangkap peluang usaha? Begitulah pertanyaan yang sering kali muncul, bingung memulai sebuah usaha karena tak kunjung bisa menangkap peluang usaha yang setiap hari berseliweran di hadapan kita. Di artikel sebelumnya kita telah membahas bagaimana Cara Menemukan Ide Bisnis ada berbagai cara agar kita mendapatkan ide bisnis atau ide usaha, ada baiknya Anda juga membaca Artikel tersebut, sehingga lengkap pengetahuan kita dalam menangkap peluang usah.

Sahabat sekalian calon pengusaha sukses, dalam perkembangan dunia usaha yang terus berkembang ini kemampuan menangkap sebuah peluang usaha menjadi hal penting, hal ini agar kita tidak  tergerus oleh jaman dan dapat menjadikan peluang yang ada sebagai pundi-pundi pendapatan ekonomi kita.

Apa itu peluang usaha? Peluang usaha adalah suatu bidang kebutuhan pembeli di mana seorang wirausahawan dapat mengelola usaha  di bidang tersebut  secara menguntungkan. Artinya, bagi calon pengusaha sukses harus dapat melihat potensi pasar atau konsumen dari sebuah bidang tertentu. Peluang dapat berasal dari lingkungan sekitar kita, dari persoalan yang ada di tengah-tengah masyarakat, tinggal bagaimana kita menyikapi dan menjadikan persoalan tersebut sebagai peluang usaha.

Perlu menjadi catatan bersama bahwa kelihaian kita dalam membaca peluang pasar tidak hanya dilakukan untuk memulai suatu usaha, namun keahlian dalam membaca peluang usaha ini juga harus dimiliki kita jika ingin mengembangkan usaha kita, melakukan segmentasi pasar, maupun pada saat melakukan perluasan usaha Namun seringkali, kemampuan membaca peluang pasar ini seringkali tidak pas sasaran, sehingga apa yang telah menjadi ekspektasi pada saat kita memulai usaha seringkali tidak tercapai.

Artinya, untuk anda yang sudah memiliki usaha dan usaha sudah jalan pun masih harus terus mengasah kemampuan menangkap peluang usaha, untuk mengembangkan usaha yang anda jalankan. Jika tidak, maka anda akan digusur oleh pesaing anda.

Dalam Artikel ini kita akan membahas cara menangkap peluang usaha, berikut ini adalah beberapa hal yang bisa dilakukan calon pengusaha sukses untuk menangkap peluang usaha:

1. Melihat Secara Mendalam untuk Menangkap Peluang Usaha

Cara Menangkap Peluang Usaha dimulai dari melihat secara mendalam. Menangkap sebuah peluang usaha adalah menangkap peluang dari pasar yang ada, bisa diibaratkan seperti seorang anak kecil yang ingin membaca, namun dia belum dapat membaca, maka sebelum ia bisa membaca ia harus bisa melihat hal apa saja yang harus ia baca.

Dalam konteks menangkap peluang pasar, maksud dari melihat secara mendalam adalah kita melihat apa yang menjadi masalah dari fenomena-fenomena yang ada di sekitar kita dan siapa yang mengalami masalah tersebut, yang  kemudian kita cari celah agar kita dapat menembus peluang di dalam celah-celah kecil tersebut.

Kemudian langkah selanjutnya, dari masalah atau fenomena atau persoalan yang ada, dapat menjadi peluang jika kita memiliki kemampuan melihat dan mengubah segala hal yang kita lihat dan amati menjadi sebuah peluang usaha.

2. Mendengar Dengan Detail Secara Langsung

Dalam menangkap peluang usaha, jika sebelumnya kita harus punya kemampuan melihat, maka selanjutnya kita harus mampu mendengar dengan detail dan langsung. Mendengar yang dimaksud adalah bagaimana kita mengetahui secara langsung tentang kebenaran  dari masalah yang terjadi di pasar atau konsumen.

Kemampuan Mendengar di sini memiliki tujuan agar kita mengenal lebih dekat dengan konsumen, sehingga masalah yang didapatkan lebih tepat sasaran. Karenanya diperlukan terjun langsung, bukan hanya dari orang lain. Informasi harus benar benar kita yang mendengar secara detail dan langsung.

Karenanya dibutuhkan kemauan untuk benar-benar melakukan pengamatan, mendengarkan keluhan dari persoalan yang ada, bukan hanya mendapat referensi dari orang lain, namun kita yang mendengar dan mengalami. Dengan demikian maka peluang yang ada benar-benar mampu kita perhitungkan apakah akan menguntungkan sebagai peluang usaha atau hanya bersifat sementara dan tidak dapat dijadikan usaha yang berkelanjutan.

Ini menjadi penting, agar dalam menjalankan peluang usaha nantinya, kita tidak terjebak oleh tren sesaat, seperti tren makanan atau produk viral yang sering kali hadir di pasaran. Memang benar, produk viral akan memberikan keuntungan, namun sifatnya hanya sesaat, bagi Anda yang menginginkan usaha jangka panjang, ada baiknya untuk tidak terjebak dengan model peluang usaha yang mengandalkan tren atau viral, agar usaha Anda tidak bangkrut.

3. Membaca Secara Teliti Kunci Dalam Menangkap Peluang Usaha

Cara menangkap peluang usaha selanjutnya, setelah kita melihat dan mendengar mengenai masalah yang terjadi, kemudian semuanya kita baca perlahan tentang apa yang telah kita lihat dan dengar. Membaca menjadi penting, sebagai langkah sebelum memulai eksekusi dari peluang yang ada.

Kita membaca di  sini bukan untuk menghafal, akan tetapi untuk memahami secara teliti. Usaha kita tidak akan pernah sukses jika kita terpatok pada teori saja. Dan Sebaliknya apabila kita memahami apa yang telah kita lihat dan dengar, hasilnya akan lebih baik daripada kita menghafal teori.

Karenanya penting untuk mampu membaca dari hasil melihat dan mendengar, mengkonfirmasi dengan teori atau rekam jejak yang pernah ada. Membandingkan dengan buku atau panduan menjalankan sebuah usaha, menambah literasi yang cukup dari berbagai sumber tentang usaha yang akan kita jalankan.

4.  Menulis Apa Yang Dilihat Didengar dan Dibaca

Cara Mudah Menangkap Peluang Usaha dalam tahap  terakhir adalah dengan menulis. Setelah kita melihat, mendengar, dan membaca, kita perlu untuk menuangkan semua analisis yang telah diambil dalam tahap menulis.

Maka semua point harus tertuang dengan baik di dalam sebuah tulisan  yang kemudian akan menjadi tolak-ukur atau pegangan yang akan menuntun kita saat kita benar-benar terjun dalam mengaplikasikan semua itu.

Jika anda sudah sampai pada tahap menulis ini, maka anda sudah mampu melihat peluang dan menerjemahkannya dalam sebuah kerangka bisnis atau bisnis plan. Jika sudah demikian, maka anda hanya perlu menganalisis dengan baik dan benar, setelah itu melakukan aplikasi atau eksekusi dari bisnis plan yang telah di buat.

Kesimpulan

Peluang usaha ada di sekitar kita, dari kehidupan kita sehari-hari, dari persoalan dan kebutuhan yang dekat dengan kehidupan kita, maka tinggal bagaimana kita melihat, mendengar, membaca dan menuliskannya sebagai peluang usaha, dan tentu saja semua akan menjadi benar-benar langkah sukses ketika Anda menjalankan usaha dari peluang usaha yang Anda tangkap tersebut.

Memasuki tahun 2020 misalnya, kita telah melihat banyak peluang usaha yang dapat kita pilih untuk nantinya kita jalankan, berikut adalah Peluang Usaha Di Tahun 2020 yang dapat Anda jadikan referensi.

Demikian pembahasan mengenai Cara Menangkap Peluang Usaha yang baik, terima kasih sudah berkunjung, jika ada saran bagaimana cara menangkap  peluang usaha menurut Anda dapat dibagikan di kolom komentar. Semoga bermanfaat. Salam. Ari Sedesa.

Artikel Menarik
Download template powerpoint video
Download Template Powerpoint Video Instagram Story Gratis