Download Buku Membangun Jaringan Sosial Dan Kemitraan
Download Buku Membangun Jaringan Sosial Dan Kemitraan

Download Buku Membangun Jaringan Sosial Dan Kemitraan

Sedesa.id Download Buku Membangun Jaringan Sosial Dan Kemitraan, di dalam kesempatan kali ini kami membagikan ebook Seri Bacaan dari Kementerian Desa yaitu Buku Membangun Jaringan Sosial Dan Kemitraan. Semoga ebook ini bisa menjadi bahan bacaan, tambahan sumber literasi dan juga referensi di dalam upaya kita membangun Indonesia melalui desa. Sebelum mendowload ada baiknya membaca bagian dari buku tersebut berikut ini:

Dasar Berpikir Dalam Membangun Jaringan Dan Kerjasama

Pijakan berpikir yang mendasari perlunya membangun jaringan sosial dan kerjasama dalam melakukan pembangunan desa dan pemberdayaan desa, antara lain:

Pertama, pengembangan jaringan sosial dan kerjasama di pedesaan diformulasikan untuk mewujudkan desa yang mandiri dalam memenuhi kebutuhan dasarnya, seperti: pangan, energi, pendidikan dan kesehatan. Kemandirian desa tidak berarti desa terlepas kesaling-ketergantungannya dengan desa yang lain, melainkan terjadi “net-benefit” yang dihasilkan dari pertukaran antara desa.

Kedua,pengembangan potensi jaringan sosial di wilayah pedesaan ditekankan pada aspek keberlanjutan, yakni:
1) Keberlanjutan ekologi, dimana pemanfaatan sumber daya alam dilakukan dengan tidak merusak lingkungan dan senangtiasa memperhatikan daya dukung ekologinya.
2) Keberlanjutan sosial ekonomi yang mengacu pada  kesejahteraan masyarakat pedesaan.
3) Keberlanjutan komunitas masyarakat pedesaan yang mengacu pada terjaminnya peran masyarakat dalam pembangunan, dan jaminan akses komunitas pada sumber daya alam, dan
4) keberlanjutan institusi yakni yang mencakup institusi politik, institusi sosial-ekonomi dan institusi pengelola sumber daya. (Arif Satria; 2011).

Ketiga,pengembangan kerjasama dengan pihak ketiga hendaknya tidak membuat desa mengalami ketergantungan  baru. Dalam hal ini, tiga aktor yang bisa terlibat dalam proses kerjasama, yakni:
a) Masyarakat desa dengan kekuatan kelembagaan sosial dan ekonomi yang dimilikinya serta kemampuan mengelola sumberdaya yang berkelanjutan;
b) Pengusaha atau swasta yang mengembangkan usaha berbasis pedesaan serta untuk mengatasi keterbatasan sumber daya yang dimiliki oleh desa, dan
c) pemerintah yang berfungsi untuk memberikan penguatan kelembagaan sosial ekonomi kepada desa dan jaminan keamanan dan legal kepada pengusaha/swasta.

Keempat, pendamping desa harus mampu mengidentifikasi dan menjahit seluruh kekuatan ekonomi dan politik di wilayah pedesaan untuk terlibat dalam proses pembangunan dan pemberdayaan. Jaringan sosial pada dasarnya mitra strategis desa yang harus senantiasa dijaga dan dikembangkan untuk memajukan pembangunan di desa.

Apa saja isi dalam buku Membangun Jaringan Sosial Dan Kemitraan

Daftar Isi
KATA PENGANTAR
(1) PENDAHULUAN
(2) DASAR BERPIKIR DALAM MEMBANGUN JARINGAN DAN KERJASAMA
(3) ARAH DAN PRINSIP
(4) LANGKAH-LANGKAH KERJA PEMBANGUNAN JARINGAN SOSIAL  DAN KERJASAMA

Download Buku Membangun Jaringan Sosial Dan Kemitraan (Klik Untuk Download)

Silakan untuk download Buku Membangun Jaringan Sosial Dan Kemitraan, untuk dapat dijadikan pedoman dan dapat dijadikan sumber pembelajaran, sehingga kita memiliki bekal dalam upaya membangun Indonesia dari Desa. Dengan memiliki pengetahuan yang cukup, maka upaya membangun jaringan sosial dan kemitraan di Desa akan bisa tercapai. Semoga bermanfaat. Salam. Ari Sedesa.id

Download Buku Lainnya:
Download Buku Kewenangan Desa Dan Regulasi Desa
Download Buku Kepemimpinan Desa
Download Buku Demokratisasi Desa
Download Buku BUMDes Spirit Usaha Kolektif Desa

More Stories
Kesalahan Umum Pengelola BUMDes Saat Memulai Unit Usaha BUMDes
Kesalahan Umum Pengelola BUMDes Saat Memulai Unit Usaha BUMDes