Format Berita Acara Pendirian BUMDes Terbaru

Download Berita Acara Pendirian BUMDes Terbaru

Sedesa.id Berdasarkan peraturan terbaru mengenai Badan Usaha Milik Desa yaitu PP Nomor 11 Tahun 2021. Salah satu syarat dalam pendirian BUMDes atau BUM Desa dan BUM Desa Bersama adalah dilakukannya musyawarah desa. Nah, dalam musyawarah desa atau MUSDES ini, perlu adanya berita acara pendirian BUMDes atau BUM Desa.

Sahabat sekalin dapat membuat berita acara musyawarah desa tentang pendirian Badan Usaha Milik Desa atau Badan Usaha Milik Desa Bersama sesuai format yang ada. Jika sahabat belum memiliki format berita acara pendirian BUM Desa, sahabat bisa mengunduh contoh yang saya sertakan dalam postingan kali ini.

Isi Berita Acara MUSDES Pendirian BUM Desa

Apa saja yang termuat dalam berita acara MUSDES pendirian BUMDES? Pertama adalah latar belakang / maksud dan tujuan dilaksanakannya musyawarah. Misalnya adalah berkaitan dengan pencanangan pendirian BUM Desa.

Kemudian, menyertakan dengan jelas kapan waktu berlangsungnya MUSDES pendirian Badan Usaha Milik Desa atau Badan Usaha Milik Desa Bersama, yaitu hari tanggal, jam dan tempat berlangsungnya MUSDES.

Dalam berita acara pendirian BUMDes juga memuat nama-nama yang hadir dalam MUSDES. Termasuk pimpinan musyawarah, notulen, narasumber, dan daftar peserta yang hadir. Format ini dilampirkan dengan jelas, alamat, unsur dan juga kolom tanda tangan sebagai bukti kehadiran.

MUSDES pendirian BUMDes juga harus diketahui oleh Wakil Masyarakat, ketua BPD dan juga kepala desa. Yang mana mereka akan bertanda tangan atau mengesahkan berlangsungnya MUSDES pendirian BUMDes.

Download Berita Acara Pendirian BUMDes Terbaru

Contoh berita acara pendirian BUM Desa atau BUM Desa Bersama ini bisa sahabat jadikan panduan / contoh dalam pembuatan berita acara. Sahabat bisa mengunduh dan menjadikan sebagai panduan. Tentu perlu sahabat sesuaikan dengan kebutuhan.

Silakan Sahabat Unduh dalam tautan berikut ini: Format Berita Acara Pendirian BUM Desa Terbaru
Alternatif tautan unduh: Format Berita Acara Musyawarah Desa Pendirian BUM Desa / BUM DESA BERSAMA

Berita acara ini nantinya juga akan diperlukan ketika sahabat akan mengajukan nama / pendaftaran Badan Hukum BUMDes. Selengkapnya silakan simak Panduan Pengajuan Nama dan Pendaftaran Badan Hukum BUM Desa / BUM Desa Bersama

Untuk berbagai kebutuhan file seputar BUMDes atau Desa, juga berbagai ebook materi menarik seputar desa / BUMDes. Bisa sahabat dapatkan gratis di: Materi Dan Publikasi.

Semoga pembahasan ini bermanfaat dan bisa menjadikan kemudahan bagi sahabat sekalian dalam menyelenggarakan MUSDES Pendirian BUMDes. Tetap semangat dalam membangun desa dan BUMDes. Salam. Ari Sedesa.id

Artikel Menarik
Pemberdayaan Masyarakat dalam UU Desa
Pemberdayaan Masyarakat dalam UU Desa