Download Berita Acara Musyawarah Desa Pembentukan BUMDes

Format Berita Acara Musyawarah Desa Pendirian BUM Desa / BUM DESA BERSAMA

Sedesa.id Berkaitan dengan pencanangan pendirian BUM Desa atau BUM Desa Bersama di Desa kita, maka perlu adanya musyawarah desa. Ini menjadi bagian tidak terpisahkan, sesuai dengan peraturan yang berlaku. Silakan lihat kembali PP Nomor 11 Tahun 2021, atau lihat Buku Panduan Pengajuan dan Pendaftaran Badan Hukum BUM Desa atau BUM Desa Bersama.

Oleh sebab itu, kita bersama-sama perlu mengadakan musywarah desa. Menentukan hari dan tanggal, jam dan tempat. Kemudian melakukan undangan kepada perwakilan peserta musyawarah yang telah ditetapkan.

Untuk mendukung hal ini, perlu adanya lampiran tentang berita acara musyawarah desa. Yang mana melalui berita acara ini akan menjelaskan bahwa telah diadakan kegiatan Musyawarah Desa, yang telah dihadiri oleh wakil-wakil kelompok, wakil dusun dan tokoh masyarakat, serta unsur lain yang terkait di Desa sebagaimana tercantum dalam daftar hadir yang terlampir.

Adapun unsur peserta dalam musyawarah desa antara lain:

  1. Pimpinan Musawarah
  2. Notulen
  3. Peserta Musyawarah (Daftar Nama)

Setelah dilakukan pembahasan dan diskusi, selanjutnya seluruh peserta Musyawarah Desa menyepakati beberapa hal yang berketetapan menjadi kesepakatan akhir dari musyawarah.

Keputusan diambil secara musyawarah mufakat. Dengan demikian berita acara ini dibuat dan disahkan dengan penuh tanggungjawab agar dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Keputusan dalam berita acara musyawarah desa ini kemudian ditandatangani oleh: Ketua BPD, Kepala Desa, dan Wakil Masyarakat. Setelah itu, maka berita acara ini dapat menjadi lampiran / file yang bisa untuk syarat dalam pendaftaran / pengajuan Badan Hukum BUMDes.

Nah, untuk sahabat yang ingin membuat berita acara musyawarah desa bisa mendownload file yang telah kami sediakan. Silakan langsung mengunduh melalui tautan berikut ini: Form Berita Acara Musyawarah Desa Pendirian BUM Desa / BUM Desa Bersama.

Silakan untuk bisa menjadi contoh, bisa sahabat ubah sesuai dengan kebutuhan sahabat sekalian. Demikian pembahasan kali ini mengenai Format Berita Acara Musyawarah Desa / Musyawarah Anta Desa Pendirian BUM DESA / BUM DESA BERSAMA terima kasih. Tetap semangat. Salam!

Artikel Menarik
Desa Wisata Srikeminut Destinasi Unik Jembatan Gantung
Desa Wisata Srikeminut Destinasi Unik Jembatan Gantung