Mengatasi Masalah BUMDes Dengan Baik dan Benar

Mengatasi Masalah BUMDes Dengan Baik dan Benar

Sedesa.id Sebagai sebuah organisasi yang di dalamnya memiliki banyak kepala dan pemikiran, tentu BUMDes tidak luput dari masalah.  Akan ada masalah yang timbul, baik itu masalah dari internal BUMDes atau pun dari eksternal. Namun menjadi pokok perhatian adalah bukan  menjadikan ketakutan dari masalah yang timbul akan tetapi bagaimana mengatasi masalah BUMDes dengan baik dan benar.

Jangankan BUMDes, kita dalam kehidupan sehari-hari pun pasti akan mengalami serangkaian masalah. Apalagi BUMDes, masalah yang dihadapi BUMDes kadang sudah pergi, tapi sering juga datang kembali.

Masalah BUMDes Bukan Halangan Maka Hadapi Dengan Berani!

Jika BUMDes sedang dilanda masalah, ingatlah bahwa demikian adanya kehidupan, demikian adanya organisasi, demikian adanya menjalankan bisnis. Maka tanamkan kepercayaan diri untuk menghadapi dan menyelesaikan masalah. Masalah sendiri bukan sebuah halangan, tapi tantangan yang perlu untuk kita hadapi sebaik mungkin.

Pengelola BUMDes di dalam menjalankan usaha BUMDes, tentu akan dihadapkan atau menghadapi berbagai permasalahan yang datang. Namun selama mau menjadikan masalah sebagai tantangan, dan komitmen menghadapi dengan baik dan benar. Maka masalah pasti akan kita lalui.

Permasalahan yang datang seiring dengan tumbuh kembang BUMDes adalah tanda bahwa BUMDes yang kita jalankan, kian besar. Seperti pepatah bahwa semakin tinggi pohon maka semakin kencang angin yang akan menerpa. Maknai setiap masalah yang datang menghampiri BUMDes sebagai bagian dari naik level BUMDes kita. Percaya bahwa setiap masalah ada obatnya.

Sebagai pelaku usaha, dalam hal ini unit usaha yang dijalankan BUMDes, mental pengelola BUMDes harus melekat mental pengusaha-sosial. Sehingga dalam menghadapi permasalahan pertimbangan yang diambil tetap mengedepankan faktor usaha ‘keberlangsungan ekonomi’ dan faktor sosial masyarakat.

Ketika sudah demikian maka mau sepenting atau sesepele apa pun masalah yang datang menghantam BUMDes, pengelola sudah tertanam mental bahwa tak ada yang benar-benar sulit untuk diselesaikan. Ini menjadi penting karena terkadang saat menghadapi masalah kita terlalu terbawa pada suasana, rasa-rasa khawatir, takut dan bingung, yang pada akhirnya akan membuat semua tampak rumit.

Bagaimana Cara Mengatasi Masalah BUMDes  Dengan Baik dan Benar?

Ada enam cara yang dapat dijadikan pedoman bagi kita pengelola BUMDes di dalam mengatasi dan menyelesaikan masalah BUMDes baik internal atau pun eksternal.  Dengan menggunakan cara dan pendekatan di bawah ini, harapannya dapat menyelesaikan masalah BUMDes dengan baik dan benar. Berikut caranya:

Bijak Dalam Menentukan dan Mengambil Risiko

Risiko pasti selalu ada dalam setiap keputusan atau pilihan yang akan di ambil oleh pengurus BUMDes. Perlu diingat risiko ada untuk mengasah kewaspadaan, kejelian serta kepandaianmu. Karena kadang menghindari risiko itu sebuah kemustahilan.

Kalau kata orang bijak, buat apa hidup kalau tak berani ambil risiko. Bahkan yang memilih mati pun punya risikonya tersendiri. Jadi mau sesulit apa pun masalah yang ada, tetap harus mengambil sikap dengan segala risikonya. Sebab berdiam diri tak akan pernah menyelesaikan masalah.

Lakukan Apa Yang Bisa Diselesaikan Hari Ini

Dalam menjalankan BUMDes “satu langkah ke depan lebih baik ketimbang berlari dan melompat lalu terjatuh”. Kadang karena terlalu berambisi menyelesaikan semua masalah dengan satu angkatan kaki. Tak perlu terburu-buru, sesuatu yang spontan malah membuat kaget jika suatu waktu gagal.

Mengatasi masalah BUMDes yaitu dengan selesaikan satu langkah hari ini, lakukan dengan baik dan tetap waspada. Upaya untuk mengejar penyelesaian masalah harus diiringi dengan kesabaran. Satu langkah ke depan lebih baik daripada melakukan penetrasi berlebihan dan terjatuh.

Terlalu Banyak Bercerita Maka Terlalu Banyak Saran

Di dalam mengatasi masalah BUMDes tidak ada salahnya ketika kita menceritakan masalah kepada orang lain  atau pihak lain, agar kita mendapat saran yang dapat digunakan sebagai salah satu alternatif jalan keluar permasalahan yang ada.

Akan tetapi, terlalu banyak bercerita juga berbahaya karena akan semakin banyak orang yang tahu dari masalah yang sedang ‘BUMDes’ hadapi. Baiknya tentukan satu hal dan jalani dengan keyakinan sendiri. Banyak sekali solusi jika kita mau bertanya dengan orang-orang atau pihak pihak lain. Tetapi ingat, solusi dari orang  atau pihak lain juga akan membuat bingung karena tak semuanya satu pendapat.

Lupakan Masa Lalu Saatnya Ambil Pelajarannya

Menjalankan BUMDes memang terkadang dihantui oleh kegagalan model atau program yang mirip yang pernah ada sebelumnya. Misalnya di Indonesia kita pernah gencar mendirikan koperasi di desa-desa, yang pada akhirnya koperasi-koperasi belum mampu berhasil secara merata, justru lebih banyak yang gagal dan meninggalkan persoalan di tengah masyarakat.

Atau, kita juga dapat melihat bahwa masih banyak BUMDes yang hanya sekedar papan nama  dan tidak jarang yang mengalami gulung tikar alias mati suri. Melihat kenyataan itu semua, jangan menjadikan kita takut dalam menjalankan BUMDes, kita memiliki cara dan masa yang milik kita sepenuhnya.

Cara mengatasi masalah BUMDes dengan lupakan masalah yang ada di masa lalu, jangan menjadikan ketakutan bagi kita, jadikan semua pelajaran, sehingga ketika kita menghadapi masalah yang serupa kita bisa belajar penyelesaian dari masalah yang pernah ada sebelumnya.

Mengatasi Masalah BUMDes Maka Jangan Ragu Untuk Meminta Bantuan

BUMDes tidak sendirian, banyak pihak yang siap dimintai bantuan oleh BUMDes, sehingga ketika mengalami masalah dan belum mampu ‘menyelesaikan’ maka jangan ragu untuk meminta bantuan pihak lain. Karena semua beban pasti akan terasa lebih berat kalau dipikul sendirian

Tentukan Sikap dan Solusi Yang Tepat

Cara mengatasi masalah BUMDes selanjutnya dalah dengan menentukan sikap dan mencari solusi yang tepat. Terlebih BUMDes pada dasarnya memiliki kekuatan sosial, kekuatan sosial ini tidak lepas dari rasa memiliki, gotong royong, kerja sama.

Sehingga ketika terjadi kendala atau masalah, BUMDes dapat menggunakan kekuatan sosial, melibatkan masyarakat sebagai bagian dari pemilik BUMDes. Dengan adanya keterlibatan seluruh elemen masayrakat maka mengatasi masalah BUMDes dapat dilakukan lebih ringan.

Kesimpulan Cara Mengatasi Masalah BUMDes

Masalah yang muncul itu untuk dihadapi, menjadikan masalah sebagai tantangan. Adanya maslah yang muncul, maka menjadi tantangan agar BUMDes lebih dewasa. Seperti halnya pepatah semakin besar pohon akan semakin besar angin yang menerpa.

Mengatasi masalah BUMDes perlu pemikiran yang tenang. Melibatkan berbagai pihak pun tidak ada salahnya, karena BUMDes milik bersama. Namun tentu harus tetap waspada, jangan asal mencari atau melibatkan orang lain yang memang sejak awal bukan bagian dari BUMDes.

Dengan memperhatikan cara-cara di atas, harapannya kita ketika menghadapi masalah dalam menjalankan BUMDes, dapat segera mencari solusi terbaik. Demikian pembahasan kali ini. Semoga bermanfaat. Salam. Ari Sedesa.id

More Stories
Download Desain Powerpoint untuk jualan Gratis
Download Desain Powerpoint untuk jualan Gratis tinggal edit