peluang usaha desa wisata
peluang usaha desa wisata

Peluang Usaha Pendukung Desa Wisata

Sedesa.id Peluang usaha desa wisata; saat ini keberadaan desa wisata semakin ramai,  banyak desa yang saat ini menjalankan usaha  Desa Wisata, baik melalui kelompok sadar wisata atau pun melalui Badan Usaha Milik Desa atau BUMDes dengan unit usaha pariwisatanya. Keberadaan  desa wisata atau kegiatan wisata di kawasan desa pun akhirnya menggerakkan roda perekonomian yang mendukung keberadaan dari aktivitas atau kegiatan wisata tersebut. Hal ini, dapat ditangkap sebagai peluang, baik itu oleh kelompok sadar wisata atau unit usaha BUMDes, dan  juga bisa menjadi peluang usaha pendukung desa wisata bagi Anda warga desa setempat.

Dalam pembahasan kali ini kita akan membahas mengenai peluang usaha yang dapat kita jalankan sebagai pendukung dari kegiatan pariwisata. Tentu saja hal ini sangat penting untuk Anda pahami, terutama bagi Ada yang tinggal di kawasan pariwisata, atau daerah yang memiliki potensi pariwisata dan saat ini sedang dalam proses pembangunan objek wisata, baik skala daerah, nasional, atau pun desa berbasis desa atau biasa kita kenal sebagai desa wisata atau wisata desa.

Bagi kita yang tinggal di wilayah yang memiliki potensi wisata dan atau sedang dalam pembangunan kawasan wisata, ada baiknya kita untuk mempersiapkan diri guna menyambut industri pariwisata di daerah kita tersebut. Mengapa demikian? Karena  pariwisata baik itu skala desa, atau daerah saat ini, tengah menjadi bagian dari program pemerintah yang sedang gencar dalam melakukan pembangunan dan pengembangan potensi wisata lokal dan daerah, bahkan untuk mendukung ini pemerintah pusat sering memberikan diskon perjalanan untuk pengunjung wisata dan melakukan promosi pariwisata yang cukup masif.

Pariwisata di Indonesia kian tumbuh subur, dan digadang-gadang akan menjadi salah satu bagian dari sektor yang akan menjadi basis pendapatan pemerintah/negara. Karenanya, keberadaan sektor pariwisata perlu mendapat perhatian khusus, tidak hanya oleh pemerintah namun bagi segenap mereka yang berada dalam lingkungan pariwisata, termasuk bagi kita sebagai warga desa jika di desa kita tengah menjalankan atau mengembangkan potensi wisata desa.

Menyiasati sektor wisata yang akan tumbuh dan menjadi salah satu prioritas, maka jangan sampai kita hanya menjadi penonton saja dari keberlangsungan industri pariwisata di daerah kita. Sebaiknya, kita pun bersiap untuk mengambil peluang dari sektor pariwisata, misalnya jika di desa kita akan mengembangkan sektor wisata maka kita dapat mencari peluang dari keberadaan sektor wisata desa tersebut, misalnya membuka jasa penginapan, membuka rumah makan, dan lain sebagainya, tentu dengan menyesuaikan kebutuhan dari pengunjung.

Secara umum, ketika di suatu daerah sedang mengembangkan sektor pariwisata, dan dalam skala kunjungan yang besar  atau memang  akan berkembang menjadi kawasan pariwisata atau bagian dari destinasi wisata daerah dan nasional, kita bisa mengambil peluang usaha yang mendukung sektor pariwisata sebagai berikut:

  • Peluang Usaha Penginapan

Kehadiran sektor Industri pariwisata di suatu daerah sering kali tidak hanya berada dalam satu titik, namun saling terhubung satu dengan lainya, dalam hal ini akan tumbuh berbagai wahana atau destinasi wisata yang akan menyediakan hiburan dan rekreasi, baik siang atau malam hari, oleh sebab itu memungkinkan sekali pelancong atau wisatawan untuk tidak hanya datang dan pergi dalam hari yang sama,  akan tetapi mereka membutuhkan waktu lebih dari satu hari untuk berlibur, sehingga mereka membutuhkan tempat tinggal dalam beberapa hari.

Kebutuhan pelancong akan tempat tinggal ini, yang kemudian memunculkan gagasan rumah inap atau penginapan.  Di berbagai daerah destinasi wisata, seperti halnya di Yogyakarta dan Bali misalnya, kebutuhan pelancong akan tempat tinggal ini, tidak hanya dipenuhi oleh hotel-hotel besar, namun banyak dipenuhi oleh penginapan-penginapan sederhana, bahkan ada konsep di mana penginapan yang disediakan menyatu dengan rumah warga.

Peluang usaha penyedia rumah atau tempat tinggal sementara ini, bisa menjadi peluang usaha yang perlu  Anda incar, jika daerah Anda dalam proyeksi rencana pembangunan daerah masuk dalam kawasan destinasi wisata  atau kawasan pariwisata. Seperti telah dijelaskan di atas, dalam membuat penginapan Anda tentu tidak perlu membuat penginapan yang sekelas hotel besar, penginapan akan tetap ramai pengunjung selama tempat penginapan yang Anda buat nantinya mampu menyediakan tempat yang nyaman untuk ditinggali, memiliki air bersih, memastikan rasa aman dan tentunya biaya penginapan yang terjangkau.

Wisatawan saat ini, banyak yang mencari model penginapan dengan ala pedesaan, sesuatu yang mereka tidak dapatkan ketika tinggal di kota, oleh sebab itu konsep penginapan dengan  tinggal bersama warga di desa pun menjadi pilihan menarik. Jadi ketika di Desa Anda telah ada objek wisatanya, dan rumah Anda memiliki kamar kosong, bisa Anda sewakan untuk pelancong, dengan konsep tinggal bersama warga desa yaitu Anda. Menyediakan penginapan menjadi salah satu peluang usaha desa wisata yang patut dipertimbangkan, bagi Anda warga desa yang saat ini desa Anda sedang mengembangkan objek wisata.

  • Peluang Usaha Penyewaan Kendaraan

Pelancong atau wisatawan memiliki kebutuhan mobilitas ketika tinggal sementara di suatu daerah (kunjungan wisata) terutama mereka yang memutuskan untuk menginap dan tinggal beberapa hari, maka mereka membutuhkan kendaraan untuk mobilitas mereka, misalnya untuk pergi ke destinasi terdekat, atau untuk keliling di lingkungan sekitar.

Kebutuhan akan kendaraan ini, menjadi peluang yang perlu dipertimbangkan ketika Anda tinggal di daerah yang akan dikembangkan menjadi destinasi wisata.  Anda bisa membuka usaha jasa penyewaan kendaraan. Persewaan kendaraan ini pun akan bermacam macam bentuknya, ada persewaan untuk harian untuk aktivitas sehari-hari, namun ada juga persewaan untuk kegiatan tour atau kendaraan off road dan olah raga  extream misalnya,  kemudian persewaan berupa perahu atau boat jika wisata yang ada adalah wisata air.

Tentu usaha persewaan di tentukan dengan daerah dan  objek wisata yang ditawarkan, selain ada peluang untuk menyewakan misalnya motor guna kebutuhan mobilitas ringan pelancong dalam berkegiatan sehari-hari. Pada dasarnya membuka usaha penyewaan kendaraan tujuan utamanya adalah memberikan kemudahan bagi pelancong atau wisatawan untuk berpindah dari tempat wisata yang satu ke tempat yang lain.

Selain itu, ketika Anda memiliki dana yang cukup, dalam membuka usaha rental kendaraan ini Anda bisa sekaligus membuat jasa Travel atau tour. Sehingga tidak hanya sekedar meminjamkan kendaraan, namun Anda juga menyediakan jasa untuk kebutuhan wisata.

  • Peluang Usaha Kuliner

Peluang Usaha Kuliner tentu menjadi bagian tidak terpisahkan dari keberadaan objek wisata, kita telah sering mendengar istilah “di mana ada wisata di sana ada kuliner khas dari daerah tempat wisata itu berada.” Banyak orang yang mengunjungi suatu daerah, tentu mereka akan mencari makanan atau kuliner khas dari daerah tersebut.

Kuliner menjadi salah satu tujuan mengapa seseorang mengunjungi suatu tempat, oleh sebab itu jangan ragu untuk memulai usaha kuliner di area pariwisata. Mengapa kuliner begitu menarik untuk menjadi peluang usaha? Karena bagi pelancong rasanya tidak lengkap jika berkunjung ke suatu daerah namun belum merasakan nikmatnya kuliner khas yang menjadi kebanggaan daerah tersebut.

Menjawab keinginan pelancong akan khas suatu makanan atau kuliner daerah, maka Anda diwajibkan untuk mampu membuat inovasi kuliner yang akan menjadi ciri khas dari kuliner di daerah wisata Anda. Ketika makanan khas daerah telah Anda buat atau lakukan inovasi maka usaha Anda akan berbeda dengan pesaing Anda yang sama-sama menjalankan usaha kuliner di daerah Anda, karena  milik Anda tetap mengangkat makanan khas daerah namun dengan sentuhan atau modifikasi-inovasi pada rasa, bentuk atau ukuran. Sehingga memiliki  ciri khas tersendiri.

Selain itu, pada dasarnya kebutuhan akan pangan/makanan selalu ada, utamanya bagi seseorang yang sedang berwisata atau bepergian, mereka pasti merasa lapar dan membutuhkan makan guna memenuhi kebutuhan energi mereka, sehingga membuka usaha kuliner adalah pilihan yang tepat di daerah pariwisata.

Maka ketika Anda dapat  menangkap  dan menjalankan peluang usaha kuliner yang ada di daerah Anda, kemudian di padukan dengan makanan khas daerah Anda, maka pelancong akan semakin tertarik, tidak hanya sekedar memenuhi kebutuhan akan makanan namun juga menjawab keinginan mencicipi makanan lokal atau makanan khas suatu daerah yang dikunjungi.

Perlu diingat juga, bahwa di era digital seperti saat ini, peluang usaha kuliner apa lagi berhubungan dengan wisata tentu yang menjadi daya tarik salah satunya adalah tampilan, orang-orang saat ini akan lebih dahulu mengambil gambar atau foto  makanan mereka sebelum mereka mencicipi atau memakannya, jadi buat menu Anda sekreatif dan semenarik mungkin, menu yang instagramable dan juga tentu tempat atau restoran atau kedai Anda juga harus unik untuk  foto.

  • Peluang Usah Penyewaan Perlengkapan

Sebelumnya kita telah membahas kebutuhan pelancong akan kemudahan transportasi dengan ketersediaan  persewaan kendaraan. Selain kendaraan, pelancong juga sering kali membutuhkan  alat perlengkapan dalam menjalani aktivitas  wisata mereka. Hal ini dikarenakan mereka tidak memiliki atau tidak membawa perlengkapan yang diperlukan dalam kegiatan wisata, sehingga mereka membutuhkan adanya persewaan  perlengkapan.

Peluang usaha penyewaan perlengkapan di dalam industri pariwisata  ini juga menjanjikan, apa saja peralatan atau perlengkapan yang bisa disewakan? Misalnya; perlengkapan untuk menyelam, snorkling, persewaan peralatan dan perlengkapan untuk mendaki gunung, panjat tebing dan juga berbagai perlengkapan lainnya sesuai dengan tempat wisata yang ada.

Keberadaan  perlengkapan wisata, pada dasarnya akan menunjang keberlangsungan kegiatan wisata pengunjung, oleh sebab itu ketika Anda membuka persewaan peralatan secara otomatis pengunjung yang akan melakukan wisata di area tersebut akan menyewa kepada Anda. Jadi usaha persewaan peralatan juga akan menguntungkan dan memiliki peluang besar.

Namun, dalam menjalankan usaha persewaan peralatan ini  ada baiknya Anda berkomunikasi terlebih dahulu dengan pengelola wisata, apakah mereka juga telah memiliki skema atau rencana persewaan perlengkapan dan peralatan, jika sudah maka ada baiknya Anda untuk menanyakan kapasitas mereka, jika masih mungkin untuk digarap atau menjadi peluang usaha di luar  pengelola wisata, maka Anda dapat mengambil peluang tersebut.

  • Peluang Usaha Lahan Parkir

Ada kalimat yang sering saya dengar mengenai sebuah usaha yaitu  “usaha yang abadi adalah lahan parkir” mungkin kalimat itu terdengar seperti kalimat untuk membuat lelucon, namun jika kita mau mendengar dan mencerna kalimat itu lebih dalam, maka  kita akan tersadar betapa kebutuhan akan lahan parkir saat ini adalah kebutuhan yang luar biasa besar. Dan hal ini, menjadi peluang luar bisa, peluang yang bahkan tidak bisa ditawar lagi oleh mereka yang membutuhkannya.

Kegiatan pariwisata, tentu dengan mendatangkan banyak pengunjung dan mereka datang menggunakan kendaraan baik itu sepeda motor, mobil atau pun bus, dan semua kendaraan tersebut membutuhkan  tempat untuk parkir.

Sering kali destinasi wisata tidak memiliki cukup lahan parkir, sehingga banyak kendaraan yang parkir di pinggir jalan karena parkir utama atau tempat parkir yang ada sudah penuh, apa lagi jika memasuki liburan sudah dapat dipastikan tingkat keramaian dan menjadikan banyak kendaraan tumpah parkir di pinggir jalan.

Ini tentu menjadi peluang yang sangat menarik. Maka bagi  Anda  yang memiliki lahan kosong di dekat area wisata, ada baiknya Anda mempertimbangkan peluang usaha lahan parkir. Melihat kebutuhan akan parkir membuka usaha lahan parkir adalah peluang yang  sangat besar. Setiap pengunjung yang membawa kendaraan pasti akan memerlukan lahan parkir untuk kendaraan mereka.

Kesimpulan

Demikian pembahasan kali ini mengenai Peluang Usaha Pendukung Desa  Wisata  semoga dapat memberikan gambaran bagaimana keberadaan pariwisata di daerah kita pun dapat kita ambil dan jadikan peluang usaha, sehingga kita tidak hanya menjadi penonton, namun juga mendapatkan manfaat ekonomi dari kegiatan wisata tersebut. Baik itu wisata sekala besar yang dikelola dinas daerah dan pusat atau pun wisata skala lokal desa melalui Desa Wisata yang dikelola oleh unit usaha BUMDes atau kelompok sadar wisata.

Peluang usaha pendukung desa wisata di atas, hanya sebagai gambaran, tentu dalam penerapannya Anda perlu melakukan pengamatan terlebih dahulu; Pertimbangan dalam Memulai Usaha, sehingga nantinya Anda memiliki gambaran dan pertimbangan ketika peluang tersebut akan Anda jalankan. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat.  Salam.  Ari Sedesa.id

More Stories
BUMDes Bersama; Pedoman Teknis Tata Cara Pendirian, Pengurusan Dan Pengelolaan, Dan Pembubaran
BUMDes Bersama; Pedoman Teknis Tata Cara Pendirian, Pengurusan Dan Pengelolaan, Dan Pembubaran