Memilih Direktur BUMDes Yang Tepat dan Memenuhi Kriteria

Memilih Direktur BUMDes Yang Tepat dan Memenuhi Kriteria

Sedesa.id Memilih Direktur BUMDes Yang Tepat. Pada artikel sebelumnya kita telah membahas seperti apa seharusnya ketua atau direktur BUMDes, kemudian kita telah menjawab pertanyaan bersama yaitu perihal apakah boleh ketua BUMDes dipilih langsung oleh kepala desa? Temukan jawabannya di sini: Bolehkah Pemilihan Direktur BUMDes oleh kepala Desa? pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai memilih direktur BUMDes yang tepat sesuai dengan kriteria.

Memilih Ketua atau Direktur BUMDes memang sangat penting dalam menjamin keberlangsungan BUMDes. Jika sampai salah pilih orang, maka bisa jadi BUMDes di desa kita tidak akan berjalan dengan baik, salah kelola dan mati suri. Terlebih bagi BUMDes yang baru berjalan, Pemilihan Ketua BUMDes harus orang yang benar-benar siap menjadi single fighter.

Mengapa ketua BUMDes di awal pendirian atau berjalannya BUMDes sangat penting? Sederhana saja untuk menjadikan BUMDes dapat memiliki performa yang bagus. Karena itu peran dari ketua BUMDes di awal adalah menyangkut keseluruhan proses keorganisasian BUMDes.

Kita telah banyak melihat bagaimana ketua BUMDes memulai pekerjaan di BUMDes secara sukarela, mereka tidak mementingkan gaji bahkan banyak yang bekerja iklas tanpa digaji. Kerja ketua BUMDes diawal ini adalah kerja sosial. Begitu juga pengelola BUMDes. Namun tentu keberadaan mereka bukan tanpa tujuan, walau tidak mendapatkan imbalan atau gaji, mereka memiliki visi kedepan untuk memajukan desa melalui BUMDes.

Ketua BUMDes Menjalin Komunikasi dengan Kepala Desa dan Pemerintah Desa

Jika berbicara keidealan posisi ketua BUMDes, maka ketua BUMDes adalah orang yang bisa atau memiliki kemampuan untuk berkomunikasi secara intensif dengan Kepala Desa. Kita perlu paham, bagaimanapun Kepala Desa adalah tokoh kunci kesuksesan BUMDes.

Sehingga kebijakan tentang anggaran dan pengelolaan asset desa itu ada pada Kepala Desa. Oleh sebab itu bisa di pastikan “Dibalik BUM Desa yang Sukses, pasti ada Kepala Desa yang Mendukung.”

Maka kepala desa bersama ketua BUMDes yang saling bekerja sama dalam membangun BUMDes menjadi satu kekuatan luar biasa dalam upaya mengembangkan ekonomi desa. Tentu peran dari tokoh desa lainnya pun tidak boleh dikesampingkan.

Ketua atau direktur BUMDes menjadi salah satu anggota terpenting dari BUMDes. Keberadaan ketua BUMDes memegang peranan penting dalam perencanaan dan pelaksanaan BUMDes. Ketua atau Direktur BUMDes bertugas menjelaskan kepada organisasi dan kepada pihak luar tentang visi, misi, program, dan operasional BUMDes.

Beberapa hal pokok dalam memilih ketua BUMDes adalah perihal pemilihan waktu dan kriteria seleksi

Kapan Pemilihan Waktu yang Tepat Untuk Memilih Ketua BUMDes?

Tidak ada patokan waktu yang tepat untuk memilih seorang ketua/direktur karena sifatnya situasional. Namun yang harus diperhatikan adalah ketua/direktur dan timnya harus secepatnya terlibat dalam perencanaan BUMDes sehingga mereka akan lebih terikat untuk segera bekerja menjalankan BUMDes.

Apa saja Kriteria Seleksi Ketua BUMDes?

Tujuan utama pemilihan seorang ketua/direktur adalah untuk menugaskan seseorang yang berpengalaman, mampu, dan kompeten untuk memimpin jalannya BUMDes. Untuk itu kita perlu merumuskan kriteria seleksi berdasarkan kategori-kategori, sebagai berikut:

1) Memiliki latar belakang dan pengalaman yang mumpuni dalam organisasi dan kewirausahaan
2) Memiliki jiwa dan kemampuan kepemimpinan dan keahlian strategis
3) Memiliki kemampuan teknis
4) Memiliki kemampuan kehumasan (pengayom, pemberi informasi bagi pekerja, negosiator, mengatasi konflik, memecahkan masalah)
5) Memiliki kemampuan manajerial

Kesimpulan

Pada dasarnya memilih ketua BUMDes memang bukan sesuatu yang gampang. Jika salah memilih maka BUMDes dapat mati suri. Maka diperlukan adanya kriteria yang tepat di dalam memilih ketua BUMDes, selain harus adanya dukungan dari berbagai pihak terutama kepala desa dalam upaya menjalankan BUMDes.

Demikian pembahasan kita kali ini mengenai Memilih Direktur BUMDes Yang Tepat dan Memenuhi Kriteria semoga dapat menjadi sumber referensi. Tetap semangat membangun BUMDes. Salam. Salam. Ari Sedesa.id

Artikel Menarik
Download Template Promosi Powerpoint Instagram
Download Template Promosi Powerpoint Instagram