peluang usaha game

5 Peluang Usaha Terbaik Untuk yang Hobi Game

Sedesa.id Perkembangan produk digital begitu pesat, salah satunya adalah game berbasis online. Ini tidak lepas dari infrastruktur yang sudah sangat memadai. Kita tahu Indonesia termasuk yang sangat beruntung karena telah memiliki  jaringan internet 4G dan cukup merata, sehingga produk digital bisa kita nikmati tanpa kendala.

Nah bagi Anda pelaku usaha, tentu saja melihat hal ini tidak hanya dari satu sisi. Namun lebih dalam sebagai peluang yang bisa Anda ambil. Apa lagi kalau bukan peluang usaha game online. Tapi apa saja sih peluang usaha terbaik untuk Anda yang memiliki hobi game?

Keberadaan game online saat ini sudah menjadi hiburan yang tidak terpisahkan di masyarakat. Lebih jauh, game juga memiliki masa depan dengan berbagai turnamen yang ada. Kehadiran game online disambut meriah oleh penggemar game tanah air dari masa ke masa, sebut saja sejak era kehadiran ragnarok, MMOFPS, Point Blank, hingga saat ini yang populer sekali, yaitu Mobile Legend dan Free Fire.

Perkembangan game online sekelas Free Fire  ini tentu tidak terlepas dari teknologi yang semakin canggih. Perkembangan teknologi memberikan sumbangan besar pada visualisasi permainan. Kini bermain game semakin menarik.

Buat Anda yang memiliki hobi game, selain sebagai kesenangan, atau rintisan karier dalam dunia game, Anda juga bisa menjadikan game sebagai ladang usaha. Anda bisa memanfaatkan hobi Anda untuk mendapatkan keuntungan. Anda bisa mencoba 5 peluang usaha game terbaik berikut ini:

1. Membuka Bisnis Reseller Game Online

peluang usaha jual voucher game online

Penggemar game online mengalami peningkatan yang sangat pesat dari waktu ke waktu. Hal ini, karena jenis-jenis game yang makin epic dan seru untuk dimainkan. Maka, keberagaman dari game ini perlu Anda tangkap sebagai peluang usaha. Bagaimana para pemain game online membutuhkan voucher game online kesayangan mereka.

Mungkin dulu orang untuk mengeluarkan sejumlah uang untuk game online masih sedikit yang mau melakukan. Namun saat ini peminat game online kian meningkat. Maka peluang berjualan voucher game adalah ladang basah untuk Anda coba.

Kehadiran game seperti Free Fire dengan berbagai item premium yang hanya bisa didapatkan jika pengguna mengeluarkan sedikit mata uang. Maka, Anda bisa menjadi reseller game online. Anda bisa menjual voucher game, atau pun berbagai kebutuhan item game online lainnya.

Misalnya, seperti yang saat ini ramai peminat adalah diamond free fire, maka Anda bisa menjadi reseller bagi mereka yang membutuhkan diamond. Penjualan bisa Anda lakukan secara online, melalui berbagai kanal komunitas, Anda sebagai pemain game tentu memiliki komunitas atau grup online seputar game kan?

2. Menjadi Blogger Gaming

menjadi blogger gaming

Apakah Anda gamers yang juga suka melakukan review atau menuliskan pengalaman dalam memainkan game? Jika demikian maka Anda bisa memulai membuat Blog Gaming! Ini adalah salah satu usaha untuk gamer yang menjanjikan! Anda bisa memulai membuat konten terkait dengan game dan memasukkannya dalam blog.

Ingat saat ini perkembangan game sangat pesat. Ini menjadi bahan untuk kamu menuliskan dalam bentuk artikel konten blog. Karena semakin banyaknya game yang hadir, maka semakin banyak juga orang yang mencari konten-konten terkait dengan game seperti review game, berita mengenai game online, tips dan trik serta review mengenai perlengkapan game.

Jika Anda menjadi seorang blogger game yang populer, Anda dapat menghasilkan keuntungan yang besar. Dari mana keuntungan yang akan Anda dapatkan? Bisa dari penyedia layanan game, dari iklan, atau yang paling umum misalnya mendaftarkan blog Anda ke Google Adsens.

3. Menjadi YouTuber Gaming

menjadi youtubers game

Youtube Game menjadi salah satu topik pencarian yang secara khusus mendapat perhatian dari Google dan Youtube. Jika Anda perhatikan di Youtube ada menu khusus untuk mereka yang menyukai game, yaitu Youtube Game.

Jika Anda suka bermain game, dan juga memiliki keahlian untuk membuat video, maka Anda bisa menjadi Youtuber Gaming. Ini menjadi usaha yang juga menjanjikan, tidak hanya dari iklan Adsens namun untuk menjalin komunitas yang lebih luas.

Jika kita perhatikan banyak orang yang menuai kesuksesan dimulai dari menjadi Youtuber Gaming, karena memang video gaming ini menjadi salah satu jenis konten yang paling digemari di Youtube.  Nah, bisa jadi salah satu Youtubers Gaming selanjutnya adalah Anda.

Bagi Anda yang akan memulai Youtube usaha Youtube Gaming, Anda membutuhkan perlengkapan Vlog standar seperti video kamera, Laptop atau PC yang cukup mumpuni dan microphone yang cukup bagus. Semua peralatan ini saat ini bisa Anda dapatkan dengan harga terjangkau. Jadi bukan masalah lagi.

Menjadi penting ketika Anda memulai menjadi seorang Youtubers Gaming adalah bagaimana kemampuan Anda dalam mengemas Channel Youtube Anda. Mengemas antara game yang Anda mainkan dan narasi atau cerita yang Anda sampaikan, ini agar video Anda menjadi lebih menarik dan berbeda dari yang lain.

4. Menjadi  Streamer Game

menjadi streamer game online

Dunia game memang mengalami perkembangan yang luar bisa pesat. Sebagai contoh bagaimana perkembangan kompetisi game menjadi industri esports, ini juga menurunkan suatu kultur di kalangan komunitas gamers. Kultur tersebut adalah menonton orang bermain game.

Jika kita lihat sebenarnya kebiasaan ini sudah ada sejak lama, dulu game juga banyak yang disiarkan melalui televisi, atau diselenggarakan secara langsung dan dapat disaksikan oleh banyak orang. Namun, perkembangan teknologi internet dan riuh rendah industri esports membuatnya semakin populer.

Saat ini kebutuhan orang untuk menonton berlangsungnya permainan dalam game  online, melahirkan yang namanya streamer! Inti dari para streamer adalah menjadikan kegiatan bermain game jadi varian hiburan baru buat para penontonnya.

Nah, bagi Anda yang memiliki kemampuan dalam bermain game. Anda bisa menjadikan stramer sebagai bagian dari usaha Anda. Anda bisa menjadi streamer di platform seperti Twitch, Facebook Gaming, Nimo TV, Game.ly, Streamcraft, Cube TV, dan masih banyak lagi.

5. Menjual Peralatan dan Produk Game

peluang usaha game online

Apakah peluang usaha di atas belum sesuai dengan apa yang kamu inginkan? Mungkin kamu cocok mendulang keuntungan dengan menjual peralatan dan produk game. Anda bisa menjadikan ini sebagai ladang bisnis Anda.

Pertama, Anda bisa memulai dengan membuat data barang apa saja yang dibutuhkan oleh gamer? Misalnya, perlengkapan dasar game seperti konsol gaming, handphone gaming,  laptop dan pc gaming, dan aksesoris gaming merupakan contoh beberapa hal yang dibutuhkan oleh gamer. Namun ini membutuhkan modal yang besar.

Apa modal yang lebih kecil dan laris manis di kalangan para gamers? Yaitu jualan Voucher Game Online. Tentu Anda tahu bahwa ada sebagian gamers yang tidak ingin repot membeli alat-alat yang notabene sulit untuk didapat. Nah, Anda bisa menawarkan kepada mereka voucer yang mereka butuhkan.

Bisnis voucher menjadi salah satu peluang usaha online yang cukup menjanjikan. Fakta membuktikan bahwa kebanyakan gamer belum cukup usia untuk memenuhi syarat membuka kartu kredit. Maka dari itu, Anda bisa memberikan kemudahan kepada mereka dalam mendapatkan voucher game yang mereka butuhkan.

Bagaimana, apakah dari 5 peluang usaha di atas ada yang menarik untuk Anda coba?  Jika Anda memang memiliki ketertarikan pada dunia game, maka ada baiknya Anda untuk segera mencoba mengambil keuntungan dari hobi Anda ini.

Peluang-peluang usaha yang telah kita bahas di atas, bisa dijalankan di mana saja. Bahkan bagi Anda yang tinggal di desa. Karena saat ini pengguna game sudah sangat merata. Ini tidak lain karena internet yang juga sudah sampai ke berbagai penjuru daerah di Indonesia.

Demikian pembahasan kita kali ini mengenai 5 peluang usaha terbaik  untuk yang hobi game. Semoga bermanfaat dan memberi referensi bagi Anda semual. Terima kasih telah membaca.  Salam.

Artikel Menarik
Download Buku Membangun Jaringan Sosial Dan Kemitraan
Download Buku Membangun Jaringan Sosial Dan Kemitraan