Menjaga Reputasi Usaha dengan Branding untuk Bumdes dan UMKM
Menjaga Reputasi Usaha dengan Branding untuk Bumdes dan UMKM

Tips Sukses Digital Marketing; Komunikasi Digital Marketing

Sedesa.id Tips Sukses Digital Marketing. Apa kabar sahabat sedesa, kita kembali lagi pada pembahasan tips sukses digital marketing, dalam artikel kali ini saya ingin fokus pada bagaimana membangun komunikasi secara efektif di dalam digital marketing.

Komunikasi memiliki peranan yang sangat penting di dalam kita mempromosikan sebuah produk. Kemampuan mengkomunikasikan produk menjadi salah satu faktor penting keberhasilan produk diterima pasar. Oleh sebab itu, sebagai pelaku usaha kita perlu memahami bagaimana membangun komunikasi secara masif.

Komunikasi Pemasaran

Secara umum, komunikasi adalah proses penyampaian pesan yang dilakukan oleh komunikator atau pengirim pesan kepada komunikan atau penerima pesan melalui saluran tertentu untuk mempengaruhi sisi kognitif, afektif, dan psikomotor penerima pesan.

Komunikasi pemasaran adalah suatu pesan-pesan promosi yang terkoordinasi dan dikirim melalui satu atau lebih saluran komunikasi seperti media cetak, radio, televisi, surat, dan penjualan secara personal.

Sebelum era digital, komunikasi pemasaran masih banyak mengandalkan saluran komunikasi satu arah. Seperti telah disebutkan di atas, seperti melalui media cetak, radio, surat, baliho dan lain sebagainya. Model komunikasi dua arah, biasanya ketika mengadakan event, atau penjualan secara langsung.

Dalam perkembangannya komunikasi pemasaran telah menjadi salah satu bagian terpenting bagi sebuah usaha di ranah digital. Perubahan komunikasi pemasaran pun berubah, dari model tradisional ke model komunikasi digital marketing.

Komunikasi Digital Marketing Untuk Meningkatkan Brand Awerness

Komunikasi Digital Marketing, adalah komunikasi pemasaran yang mana dilakukan dengan menggunakan saluran komunikasi digital. Saluran yang digunakan seperti, sosial media, saluran ini memungkinkan komunikasi terjadi secara dua arah dan berkelangsungan.

Komunikasi Digital Marketing sangat membantu pelaku usaha untuk membentuk serta membangun sebuah brand awareness. Tentu produk atau bran yang kita bangun, akan mendapat tempat di hati konsumen jika kita mampu mengkomunikasikan dan menumbuhkan brand awerness yang positif di mata konsumen.

Mengapa brand awerness yang positif ini penting? Sederhana saja, karena peran dari brand awerness yang positif ini akan menjadikan konsumen mengartikan informasi produk yang disampaikan oleh pelaku usaha ke dalam bentuk persepsi yang baik mengenai produk dan posisi produk tersebut di pasar.

Oleh sebab itu, sebagai pelaku usaha di ranah digital seperti saat ini, kita harus hadir di ranah digital. Kehadiran kita di dunia digital ini salah satunya dengan memanfaatkan sosial media. Sosial media bisa menjadi saluran komunikasi yang sangat efektif, selain tentu saja gratis.

Tujuan Strategi Komunikasi Digital Marketing

Strategi komunikasi pemasaran digital atau komunikasi digital marketing adalah suatu kegiatan promosi terhadap merek yang mana telah direncanakan dan disusun secara sistematis dan terproses.

Tujuan utama dari pada strategi komunikasi digital marketing adalah untuk mencari cara paling tepat di dalam membangun interaksi merek dengan penggunaannya. Ketika kita mampu mendapatkan cara yang paling pas, paling tepat, maka komunikasi dua arah dengan pengguna atau pelanggan, dapat berjalan secara efektif.

Selain itu tujuan dari komunikasi pemasaran juga digunakan untuk mempertahankan produk dengan basis konsumen, dan untuk membangun hubungan antara konsumen dan penyuplai atau pemasok.

Contoh Strategi Komunikasi Digital Marketing

Kenali Media Sosial Yang Digunakan, itu adalah langkah pertama yang harus kita lakukan. Setelah kita mengenal karakteristik media sosial yang akan kita gunakan, baru kita mulai membangun komunikasi digital marketing.

Sebagai contoh saya akan menggunakan media sosial Facebook dalam upaya mengomunikasikan produk saya. Apa yang harus saya lakukan di Facebook saya? Komunikasi seperti apa yang harus saya bangun?

a. Bangun Komunikasi dengan Membuat Konten di balik layar

Konten di balik layar ini, akan menonjolkan kegiatan keseharian, dan juga aktivitas dari usaha kita di dalam proses produksi atau proses yang publik boleh ketahui.

Misalnya, saya menceritakan proses membuat desain untuk sosial media, yang nantinya desain tersebut akan saya jual ke pasar Online. Atau saya memperlihatkan proses pencetakan buku saya, sebelum buku siap diedarkan ke pasar.

Strategi Komunikasi Digital Marketing di Facebook, dengan membagikan cerita di balik layar ini, akan menjadikan konsumen dan pelanggan kita mengetahui kualitas produk. Mereka merasa dilibatkan dalam proses pembuatan. Ini bisa dilakukan dengan model video atau teks narasi status Facebook.

b. Bangun Komunikasi dengan Bercerita melalui foto produk

Facebook sangat powerfull, di Facebook kita bisa mengunggah video, foto dan juga membuat tulisan (blogging) secara panjang lengkap dengan link seperti halnya fitur catatan yang disediakan Facebook.

Dalam upaya membangun komunikasi digital marketing produk. Kita bisa dengan mengunggah foto produk, lalu membuat caption yang tepat.

Caption yang tepat adalah, caption yang tidak mengajak tindakan untuk membeli produk secara terus menerus. Namun coba ceritakan tentang produk Anda. Anda tidak perlu meletakan informasi harga atau cara membeli. Cukup tuliskan cerita yang menarik sebagai caption dari foto produk Anda.

Kombinasi antara foto produk yang baik, dan caption yang tepat, akan mendapat simpati dari para pengguna Facebook. Tapi ingat, Anda tidak perlu menawarkan produk.

c. Bangun Komunikasi dengan Membahas peristiwa terkini

Peristiwa terkini selalu menarik perhatian banyak orang. Tidak terkecuali mereka yang berada di sosial media Facebook. Hal ini, menunjukkan bagaimana updatenya pengguna Facebook, dan rentang usia serta ketertarikan mereka.

Di Indonesia pada umumnya orang-orang suka menggunakan Facebook untuk mengikuti suatu kejadian penting dan aktual. Mungkin sebagian besar masih banyak yang memilih twitter untuk kecepatan mendapatkan informasi suatu peristiwa.

Namun dewasa ini, di Facebook kita dapat mengikuti topik yang sedang aktual melalui hashtag yang ada, dan juga pembaharuan algoritma serta beragam grup atau halaman yang ada.

Kita sebagai pelaku usaha pun harus ikut ambil bagian dari peristiwa terkini yang terjadi. Mengonversi kejadian yang hangat dibicarakan publik menjadi topik kita untuk membangun komunikasi dengan pelanggan dan pasar.

d. Bangun Komunikasi dengan Mengadakan Kuis

Sangat disarankan bagi pelaku usaha untuk sesekali mengadakan kuis. Salah satu jenis konten yang juga berpotensi meningkatkan interaksi adalah jenis konten kuis atau kontes.

Konten kuis atau kontes memang cukup terbukti efektif dalam meningkatkan engagement dan reach pada media sosial karena sifatnya yang cukup mendorong aktivitas pengguna media sosial.

Kuis atau kontes yang umum ditemukan di media sosial adalah kuis berhadiah yang menawarkan hadiah bagi peserta yang beruntung maupun kuis trivia yang sifatnya tidak terlalu kompetitif.

Konten kuis di Facebook dapat dilakukan dengan beberapa cara, misalnya dengan memaksimalkan kolom komentar mau pun mengumpulkan konten-konten (seperti foto, video, tulisan) respons dari pengguna. Selain itu Facebook juga menyediakan beberapa fitur seperti fitur polling atau fitur quiz maker.

Seringkan melihat ada yang mengadakan Give Away? Nah model kuis atau kontes seperti Give Away dapat ditiru sebagai upaya kita membangun komunikasi digital marketing.

Give Away berupa produk juga dinilai sangat baik. Karena pemenang akan mencoba produk kita. Kemungkinan jika dia puas, dia akan melakukan order atau menjadi pelanggan dari produk kita.

Kesimpulan Tips Sukses Digital

Marketing; Komunikasi Digital Marketing
Penting bagi pelaku usaha memiliki kemampuan dalam mengomunikasikan produk mereka di ranah digital seperti saat ini. Saluran yang digunakan tentu akan membutuhkan model atau cara yang berbeda dalam komunikasi yang dibangun.

Saya mencontohkan bagaimana komunikasi dilakukan ketika kita menggunakan Facebook. Contoh di atas yang telah saya lakukan selama ini. Tentu ada pembaharuan, saya sesuaikan dengan fitur terbaru dari Facebook.

Ingat sosial media terus berkembang, banyak fitur yang dihadirkan, manfaatkan fitur yang ada untuk membantu kita berkomunikasi dengan pelanggan dan calon pasar.

Jika masih bingung, ada pertanyaan bisa tinggalkan di kolom komentar. Sahabat sekalian juga dapat menghubungi saya secara langsung, melalui informasi kontak yang saya sediakan. Demikian pembahasan kali ini. Semoga bermanfaat. Salam. Ari Sedesa.id

More Stories
Peluang Usaha Rumahan Modal Kecil Menjanjikan
Peluang Usaha Rumahan Modal Kecil Menjanjikan