Berapa Tahun Masa Jabatan Pengurus BUMDes
Berapa Tahun Masa Jabatan Pengurus BUMDes

Menjaga Semangat BUMDes di Saat Krisis

Sedesa.id Bagaimana Menjaga Semangat BUMdes di Saat Krisis? Pertanyaan ini disampaikan salah satu sahabat sedesa kepada saya melalui pesan Whatsapp. Pertanyaan yang akhir-akhir ini juga banyak ditanyakan oleh sahabat sedesa yang lain, baik mereka sebagai pendamping desa, pendamping BUMDes, pengelola BUMDes, pemerintah desa, dan pegiat desa secara umum.

Pertanyaan bagaimana cara menjaga semangat BUMDes di masa krisis ini tentu beralasan. Pertama saat ini kita memang sedang berada dalam masa krisis, tidak hanya di Indonesia namun berbagai negara di dunia. Krisis yang muncul sebagai dampak dari pandemi COVID-19 ini tidak hanya menghamtam industri besar, namun juga sampai industri kecil, UMKM dan BUMDes.

Kedua saat ini desa sedang berjuang dan berupaya untuk mencegah penularan COVID-19, seluruh elemen saling bahu membahu, bahkan anggaran dana desa pun dialokasikan untuk pencegahan COVID-19. Keberadaan BUMDes, utamanya yang bergerak di wisata mengalami dampak yang paling serius, karena saat ini semua harus di rumah saja.

Kondisi krisis yang kita belum ketahui kapan akan berakhirnya, tentu menjadikan kita was-was alias khawatir terhadap usaha yang sedang kita jalankan. Apa langkah yang dapat kita ambil, bagaimana menyikapi krisis ini, bagaimana cara bertahan di masa krirs bagi pelaku usaha UMKM dan BUMDes?

Kembali pada pertanyaan bagaimana menjaga semangat BUMDes di saat krisis. Menurut saya, yang terpenting saat ini, uniy usaha BUMDes masih dapat berproduksi, dengan melakukan berbagai perampingan guna mengurangi pengeluaran di masa kriris.

Kemudian jika pertanyaan dimaksudkan untuk para pengurus BUMDes. Sahabat sedesa yang sedang merintis BUMDes dan kemudian harus berhadapan dengan krisis ini. Sebaiknya untuk tetap memegang teguh; kreativitas, kemanfaatan, konsisten.

1. Kreativitas
Tentu saja sebagai pengelola BUMDes kita dituntut untuk memiliki kreativitas, terlebih lagi saat masa krisis. Mengapa kreativitas diperlukan saat krisis? Karena dengan kreativitas yang kita miliki kita bisa melakukan berbagai hal untuk tetap menjadikan usaha BUMDes yang kita jalankan mampu melewati masa sulit.

2. Kemanfaatan
Tujuan dari BUMDes adalah sebagai badan usaha milik desa yang bisa memberikan manfaat bagi desa dan warga desa. Sehingga dalam menghadapi masa krisis, langkah-langkah yang diambil pun harus mempertimbangkan kemanfaatan untuk desa dan warga desa.

3. Konsisten
Tidak mudah menjadi pengelola BUMDes. Ketika BUMDes menghadapi masa krisis, kita harus tetap konsisten. Konsisten dalam artian jangan meninggalkan BUMDes namun berjuang sekuat hati dan tenaga untuk terus bersama BUMDes menghadapi krisis.

Artikel Menarik
Asas Pengelolaan Keuangan Desa
Asas Pengelolaan Keuangan Desa