• Call: +6285643190105
  • E-mail: sapasedesa@gmail.com
  • Login
  • Register
Education Blog
  • Desa
    • Koperasi
    • BUMDes
    • Peluang Usaha
    • Materi dan Publikasi
  • Digital Marketing
  • Nalara Kopi
  • Sedesa TV
  • Layanan
    • Pelatihan Wisata Berkelanjutan
    • Pelatihan Pasar Rakyat
No Result
View All Result
sedesa.id
No Result
View All Result
Home PUSTAKA Catatan Penulis

Memenangkan Pasar Dengan Inovasi dan Kreativitas

Ryan Ariyanto by Ryan Ariyanto
Agustus 28, 2020
in Catatan Penulis, Materi Digital Marketing Lengkap
1
Peluang Usaha Modal Kecil Produk Makanan dan Minuman

Peluang Usaha Modal Kecil Produk Makanan dan Minuman

Share on FacebookShare on TwitterShare on WhatsappShare on TekegranShare on Tekegran

Sedesa.id Pertanyaan salah satu anggota Grup Whatsapp Sedesa.id minggu ini adalah mengenai bagaimana cara memenangkan pasar dari produk atau jenis usaha yang telah ada? Usaha yang sudah banyak pemainnya, usaha yang sudah ramai variannya. Bagaimana kita tetap bisa mengambil peluang?

Pertanyaan ini menarik bagi saya, karena saat ini kita sering kali bingung ketika hendak memulai sebuah usaha. Salah satu yang membuat kita dilema adalah dengan melihat banyaknya usaha yang sudah berjalan. Lalu muncul keraguan, masih adakah pasar untuk kita?

RelatedPosts

Jenis Usaha Koperasi Desa Merah Putih: Apa Saja yang Bisa Dikembangkan?

Model Pembentukan Koperasi Desa Merah Putih: Baru, Revitalisasi, atau Pengembangan?

Tahapan Pendirian Koperasi Desa Merah Putih

Jika kita cermat, hukum pasar memang begitu. Usaha yang ramai pemainnya, tentu karena ramai pasarnya. Artinya apa? Artinya pasar sudah terbentuk, kebutuhan ada, tinggal bagaimana kita menarik dan meyakinkan pasar dengan produk kita.

Pasar, dalam hal ini konsumen pun memiliki pilihan yang beragam. Tentu keputusan mereka membeli produk yang banyak pilihan menjadi tidak mudah. Karena akan ada banyak kriteria, ada banyak pilihan. Maka kita sebagai pelaku usaha harus mampu memberi pilihan terbaik, agar konsumen memilih produk kita.

Bagaimana caranya? Inovasi dan kreativitas sebagai kunci. Inovasi dan kreativitas sangat penting dalam menjalankan sebuah usaha. Inovasi dan kreativitas ini penting dilakukan manakala usaha yang akan kita jalankan telah banyak digarap oleh orang lain. Agar bisa memenangkan persaingan, kreativitas dan inovasi adalah kuncinya.

Dengan kita melakukan inovasi produk, maka akan mendongkrak nilai jual produk kita. Pada dasarnya konsumen lebih tertarik memilih produk yang mempunyai nilai jual yang tinggi. Maka semakin inovatif produk yang kita jual, semakin banyak orang yang akan menyukai dan mencari produk kita.

Membuat inovasi adalah sebuah langkah maju. Karenanya carilah nilai keunggulan produk yang akan menjadi pilihan dari usaha kita. Inovasi baik dari segi pengemasan, pelayanan (delivery), ataupun keunggulan-keunggulan lainnya. Tentu disesuaikan dengan melihat kondisi pasar, dan kondisi dari pesaing.

Sebagai Contoh; saya menjalankan usaha toko buku Online. Dengan semakin banyaknya konsumen yang mencari buku secara Online, maka semakin banyak pula toko buku yang bermunculan di ranah Online.

Dalam pengamatan saya, saat ini banyak toko buku Online yang melakukan berbagai inovasi, misalnya dengan memberikan diskon atau potongan harga untuk pembelian dalam jumlah tertentu.

Contoh inovasi lainnya adalah dengan memberikan pelayanan yang ramah, cepat, menarik, dan unit, serta dengan membuat katalog buku yang up to date. Hasilnya kini toko buku Online semakin beragam, semakin menarik, inovatif dan kreatif.

Jadi, jawaban untuk memenangkan pasar dari produk yang sudah ramai adalah dengan melalukan inovasi dan kreativitas, dalam menjalankan usaha. Baik inovasi dari sisi bentuk, rasa, kemasan, dan kreativitas dalam model pemasaran atau pelayanan.

Bagikan ini:

  • Klik untuk membagikan di Facebook(Membuka di jendela yang baru) Facebook
  • Klik untuk berbagi di X(Membuka di jendela yang baru) X

Terkait

Previous Post

Tips Digital Marketing; Cara Menghadapi Konsumen Menyebalkan

Next Post

Strategi Digital Marketing: Menjalin Kedekatan Dengan Followers

Ryan Ariyanto

Ryan Ariyanto

Ryan Ariyanto aktif berkegiatan untuk desa, pemberdayaan masyarakat dan dunia digital marketing. Selain aktif mengelola sedesa.id, juga sebagai Peneliti Lepas Pusat Studi Ekonomi Kerakyatan UGM. Saat ini bekerja sebagai Analis Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka - Kampus Merdeka Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Related Posts

sedesa.id Jenis Usaha Koperasi Desa Merah Putih
Catatan Penulis

Jenis Usaha Koperasi Desa Merah Putih: Apa Saja yang Bisa Dikembangkan?

by Ryan Ariyanto
April 23, 2025
0

Sedesa.id Kalau bicara koperasi, sebagian dari kita mungkin langsung membayangkan koperasi simpan pinjam atau koperasi sekolah yang pernah kita ikuti...

Read moreDetails
sedesa.id Model Pembentukan Koperasi Desa Merah Putih
Catatan Penulis

Model Pembentukan Koperasi Desa Merah Putih: Baru, Revitalisasi, atau Pengembangan?

by Ryan Ariyanto
April 23, 2025
0

Sedesa.id Setiap desa punya karakter berbeda. Ada yang sudah punya koperasi sejak dulu, tapi kini mati suri. Ada yang baru...

Read moreDetails
sedesa.id Tahapan Pendirian Koperasi Desa Merah Putih
Catatan Penulis

Tahapan Pendirian Koperasi Desa Merah Putih

by Ryan Ariyanto
April 23, 2025
0

Pemerintah Indonesia menargetkan pembentukan 80.000 Koperasi Desa Merah Putih. Prosesnya melibatkan sosialisasi, Musyawarah Desa Khusus, rapat pendirian, integrasi koperasi lama,...

Read moreDetails

Comments 1

  1. Fahmi Ishfah says:
    5 tahun ago

    Nice tips

    Balas

Tinggalkan BalasanBatalkan balasan

Archive

Most commented

Kolaborasi Koperasi Merah Putih, UMKM, dan BUMDes untuk Dorong Ekonomi Desa

Peran Koperasi Desa dalam Ketahanan Pangan dan Kesehatan Masyarakat

Sistem Monitoring dan Evaluasi Koperasi Desa Merah Putih

Pendanaan Koperasi Desa Merah Putih: Dari APBN hingga Dana Desa, Siapa Bayar Apa?

Struktur Organisasi Koperasi Desa Merah Putih: Siapa Mengatur, Siapa Diawasi?

Jenis Usaha Koperasi Desa Merah Putih: Jangan Hanya Simpan Pinjam

Seedbacklink
Banner BlogPartner Backlink.co.id
  • About us
  • Terms of service
  • Privacy Policy
Call us: 085643190105

Sedesa.id © 2025

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In
No Result
View All Result
  • Desa
    • Koperasi
    • BUMDes
    • Peluang Usaha
    • Materi dan Publikasi
  • Digital Marketing
  • Nalara Kopi
  • Sedesa TV
  • Layanan
    • Pelatihan Wisata Berkelanjutan
    • Pelatihan Pasar Rakyat

Sedesa.id © 2025

Eksplorasi konten lain dari sedesa.id

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca