Peluang Usaha Modal Kecil Produk Makanan dan Minuman
Peluang Usaha Modal Kecil Produk Makanan dan Minuman

Memenangkan Pasar Dengan Inovasi dan Kreativitas

Sedesa.id Pertanyaan salah satu anggota Grup Whatsapp Sedesa.id minggu ini adalah mengenai bagaimana cara memenangkan pasar dari produk atau jenis usaha yang telah ada? Usaha yang sudah banyak pemainnya, usaha yang sudah ramai variannya. Bagaimana kita tetap bisa mengambil peluang?

Pertanyaan ini menarik bagi saya, karena saat ini kita sering kali bingung ketika hendak memulai sebuah usaha. Salah satu yang membuat kita dilema adalah dengan melihat banyaknya usaha yang sudah berjalan. Lalu muncul keraguan, masih adakah pasar untuk kita?

Jika kita cermat, hukum pasar memang begitu. Usaha yang ramai pemainnya, tentu karena ramai pasarnya. Artinya apa? Artinya pasar sudah terbentuk, kebutuhan ada, tinggal bagaimana kita menarik dan meyakinkan pasar dengan produk kita.

Pasar, dalam hal ini konsumen pun memiliki pilihan yang beragam. Tentu keputusan mereka membeli produk yang banyak pilihan menjadi tidak mudah. Karena akan ada banyak kriteria, ada banyak pilihan. Maka kita sebagai pelaku usaha harus mampu memberi pilihan terbaik, agar konsumen memilih produk kita.

Bagaimana caranya? Inovasi dan kreativitas sebagai kunci. Inovasi dan kreativitas sangat penting dalam menjalankan sebuah usaha. Inovasi dan kreativitas ini penting dilakukan manakala usaha yang akan kita jalankan telah banyak digarap oleh orang lain. Agar bisa memenangkan persaingan, kreativitas dan inovasi adalah kuncinya.

Dengan kita melakukan inovasi produk, maka akan mendongkrak nilai jual produk kita. Pada dasarnya konsumen lebih tertarik memilih produk yang mempunyai nilai jual yang tinggi. Maka semakin inovatif produk yang kita jual, semakin banyak orang yang akan menyukai dan mencari produk kita.

Membuat inovasi adalah sebuah langkah maju. Karenanya carilah nilai keunggulan produk yang akan menjadi pilihan dari usaha kita. Inovasi baik dari segi pengemasan, pelayanan (delivery), ataupun keunggulan-keunggulan lainnya. Tentu disesuaikan dengan melihat kondisi pasar, dan kondisi dari pesaing.

Sebagai Contoh; saya menjalankan usaha toko buku Online. Dengan semakin banyaknya konsumen yang mencari buku secara Online, maka semakin banyak pula toko buku yang bermunculan di ranah Online.

Dalam pengamatan saya, saat ini banyak toko buku Online yang melakukan berbagai inovasi, misalnya dengan memberikan diskon atau potongan harga untuk pembelian dalam jumlah tertentu.

Contoh inovasi lainnya adalah dengan memberikan pelayanan yang ramah, cepat, menarik, dan unit, serta dengan membuat katalog buku yang up to date. Hasilnya kini toko buku Online semakin beragam, semakin menarik, inovatif dan kreatif.

Jadi, jawaban untuk memenangkan pasar dari produk yang sudah ramai adalah dengan melalukan inovasi dan kreativitas, dalam menjalankan usaha. Baik inovasi dari sisi bentuk, rasa, kemasan, dan kreativitas dalam model pemasaran atau pelayanan.

More Stories
Belajar dari Krisis Melihat Masa Depan Pertanian
Belajar dari Krisis Melihat Masa Depan Pertanian