Liburan Ke Jogja Jangan Lupa Ke Desa Wisata Gamol

desa wisata jogja

Jika Anda berlibur ke Daerah Istimewa Yogyakarta, selain untuk bernostalgia dan menikmati destinasi wisata yang telah kesohor seperti Malioboro, Parangtritis, Kota Gede, Kaliurang, Gunung Api Purba dan destinasi wisata lainnya. Anda, wajib mencoba satu destinasi wisata baru yang sangat populer hari ini. Ya, destinasi wisata dengan konsep pedesaan. Desa Wisata Gamol namanya.

 Desa Wisata Gamol terletak di Desa Balecatur, Kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jika Anda sedang berlibur, dan memilih menginap di pusat kota Yogyakarta atau sekitar Malioboro, Anda hanya memerlukan waktu sekitar 20 Menit untuk menuju Desa Wisata Gamol. Akses menuju destinasi wisata ini, sudah sangat baik, Anda dapat menggunakan jasa taksi Online, atau kendaraan umum.

Mari kita mengenal sejarah Desa Wisata Gamol. Bermula pada tahun 2009 ketika itu sejumlah kelompok masyarakat, seperti karang taruna, petani, peternak, perajin, juga ibu PKK berkumpul untuk membahas penataan desa sesuai kemampuan masing-masing. Dari pertemuan itu, kemudian didapat satu kesepakatan untuk membuat sebuah Desa Wisata Budaya yang menawarkan program wisata edukasi dan budaya.

Desa Wisata Gamol berhasil menjadi Desa Wisata dengan menghadirkan Edukasi Wisata dan Budaya dan menjadi rujukan kegiatan lapangan bagi lembaga pendidikan.

Selama satu tahun, masyarakat desa berbenah dan mempersiapkan Desa Wisata dengan berbagai atraksi wisata dan budaya. Kemudian pada tahun 2010, Desa Wisata Budaya Gamol mulai dibuka secara umum, dan mulai berdatangan pengunjung dari berbagai wilayah.

Desa Wisata Gamol, kini menjadi salah satu destinasi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Bagi Anda yang telah jenuh dengan hiruk pikuk udara perkotaan, maka berkunjung ke Desa Wisata ini adalah salah satu cara mengobati jenuh dari aktivitas harian Anda. Pengunjung di Desa Wisata Gamol dapat menikmati hamparan sawah dan suasana alam pedesaan, menikmati udara segar, serta atraksi budaya dan wisata edukasi.

deswitadaya_gamol

Untuk biaya berwisata di Desa Wisata Gamol, sangat murah meriah dalam paket wisata. Dengan membayar Rp. 15.000, pengunjung akan berkeliling, melihat keindahan alam dan budaya, praktik bercocok tanam, budidaya ikan, atau memerah susu kambing. Kemudian Anda juga dapat melihat dan belajar di sentra budidaya jamur serta pengolahan limbah sampah plastik dalam berbagai produk.

Selain itu, dari segi budaya pengunjung juga dapat menyaksikan bagaimana anak-anak Desa Gamol berlatih dan menampilkan atraksi bergada ala prajurit Keraton dengan keliling desa. Dari Desa Wisata Gamol Anda juga dapat belajar bagaimana mengelola sampah menjadi nilai ekonomi. Kemudian Anda dapat merasakan nikmatnya susu kambing segar, sembari melepas lelah.

Nah, bagaimana apakah Anda tertarik? Jika Anda berkunjung ke Jogja, maka wajib kiranya Desa Wisata Gamol masuk dalam daftar destinasi yang akan Anda kunjungi. Untuk informasi lebih lanjut, tentang Desa Wisata Gamol anda dapat menghubungi; Wisata Edukasi dan Budaya. 081229822242 (tamtama) 081329819588 (dwi puspita). Semoga bermanfaat. Salam sedesa.id

Artikel Menarik
Kegiatan KKN Daring
Catatan Menjadi Pemateri Kegiatan KKN Daring